Cara Mudah Mengetahui Tabung CRT TV Rusak

Layar Tabung TV CRT yang sudah rusak terkadang tidak bisa dilihat dengan kasat mata, apalagi jika kondisi mesin TV juga ikut-ikutan rusak, itulah sebabnya perlu kita mengecek keadaan tabung tersebut apakah masih bisa dipergunakan atau tidak. Jika tidak tentu percuma saja kita memperbaiki mesinnya, sementara tabung sudah tidak layak dipakai lagi. Oleh sebab itu jika anda memperbaiki TV rusak yang berusia tua sebaiknya cek dulu kondisi tabungnya sebelum diperbaiki. Ada beberapa penyebab layar tabung TV rusak diantaranya adalah sebagai berikut;

Penyebab Layar Tabung CRT TV Rusak


  • Terkena benda keras atau tergoncang bahkan terjatuh.
  • Terkena arus/ tegangan tinggi di RGB maupun heater
  • Usia Tabung sudah tua sehingga emisi sudah lemah.

Cara Mudah Mengetahui Tabung CRT TV Rusak

Jenis Kerusakan Tabung CRT

1. Warna TV Belang-belang (kacau)
Kerusakan jenis ini akan membuat gambar di layar TV menjadi kacau, artinya saat anda lihat seperti ada medan magnet disekitar tabung atau degaussing tidak bekerja. Padahal tidak ada magnet disekitarnya dan kumparan degaussing masih normal. Hal ini biasanya disebabkan karena plat didalam tabung TV bergeser dari posisi sebenarnya akibat terjatuh atau terkena benda keras. Untuk mengeceknya memang agak rumit jadi coba mesin TV dipasang pada tabung lain yang masih bagus. Sehingga nanti akan terlihat apakah memang tabung yang bermasalah atau tidak.

2. Filamen Tabung CRT /sudah rusak

Ada dua macam kerusakan pada filamen atau heater ini, yakni kalau tidak short (konslet) ya putus. Biasanya kerusakan jenis ini menyebabkan tabung CRT tidak akan bisa menyala sama sekali namun jika sedikit short akan membuat layar nyala putih saja dengan ada garis -garis putih horizontal, meskipun mesin TV masih dalam keadaan bagus. Padahal kalau kita hidupkan masih terdengar adanya tegangan dari plyback ke kop tabung, namun di layar tetap gelap, tidak nyala sama sekali atau blank putih tanpa gambar. Jadi untuk mengeceknya bisa menggunakan multimeter pada skala ohm x 10, yaitu jika kita hubungkan ke masing2 kaki filamen jika konslet akan menunjukkan angka 0 atau hampir menunjuk 0, Jika putus maka jarum tidak akan bergerak sama sekali.
belakang tabung dan socket crt

Baca juga cara mereparasi TV slim LG 21 in stanby

3. Gas Tabung Bocor
Kerusakan selanjutnya ini biasanya bisa dilhat dengan kasat mata, yakni adanya bagian belakang tabung CRT yang retak atau pecah, Hal ini tentu membuat gas dalam tabung TV mengalami kebocoran, sehingga layar CRT tidak bisa dipergunakan kembali. Umumnya retak terjadi dibagian belakang tabung di areal defleksi yoke atau dekat socket.

4. Emisi tabung habis masanya.
Hal ini biasanya ditandai dengan kondisi layar TV yang semakin lama-semakin redup, baik itu contrast, brightness maupun yang lainnya, padahal pengaturan di TV maupun screen plyback sudaah maksimal. Memang kerusakan seperti ini kerap kali terjadi pada jenis TV yang sudah tua. Untuk  mengeceknya berikut akan masputz.com lampirkan yang bersumber dari blognya pak Sum;

  1. Siapkan trafo adaptor 2A biasa
  2. Sediakan socket CRT kosongan sesuai dengan tabung yang akan dicek (bisa baru maupun bekas)
  3. Lepas soket CRT aslinya dan pasang CRT socket kosongan
  4. Hidupkan heater menggunakan trafo adaptor. 
  5. Sesuai kan tap tegangan agar tegangan heater sekitar 5 - 6 VAC
  6. Siapkan multi meter dan set pada posisi Ohm x 1K
  7. Tempelkan probe hitam pada pin G1.
  8. Tempelkan secara bergantian probe merah pada Katode Red, Katode Green dan Katode Blue
  9. Kalau jarum meyimpang sekitar 80-90% berarti emisi masih bagus
  10. Kalau jarum menyimpang kurang dari 50% berarti emisi sudah mulai lemah.

Baca juga cara memasang mesin TV slim china pada CRT LG
Kalau admin sendiri mendapati tabung TV yang sudah lemah emisi atau rusak akan diganti saja dengan yang masih bagus, tapi harus disesuaikan juga apakah tabungnya jenis TV slim (layar datar) atau biasa (cembung). Meski ada juga para teknisi ahli yang menembakkan emisi pada tabung yang lemah tersebut untuk memperbaikinya. Biasanya saya punya cadangan mesin TV cina yang masih bagus, jadi untuk mengeceknya tinggal dicoba saja pada mesin baru, nanti akan kelihatan apakah tabung masih bagus atau sudah rusak. Demikianlah informasi mengenai cara mudah mengetahui Tabung TV CRT Rusak baik pada jenis slim maupun cembung, mudah-mudahan bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Cara Mudah Mengetahui Tabung CRT TV Rusak"

  1. Info sangat berguna kepada newbies dalam pembaikan tv crt. Tetima kasih mas

    ReplyDelete
  2. Terimakasih juga kunjungannya PAk

    ReplyDelete
  3. salam kenal admin..
    saya punya kasus untk tv cina gambarnya mengeluarkan bayang 3warna(merah,hijau,biru) untk teks yang keluar sebelah atas maupun pada gambar orang.untk tabung tv itu sendiri semua warna ada.mohon solusinya,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  4. biasanya cincin (gelang warna) dibelaakng tabung kurang pas posisinya/ bergeser. jadi perlu diatur lagi. Jika bukan karena itu bisa juga karena trafo yokenya sudah diganti dengan model lain yang tidak sesuai dengan aslinya.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.