Penyebab TV LG Blank Putih tanpa gambar

Memperbaiki TV memang pekerjaan yang mudah membuat orang bosan, karena kita tahu dalam rangkaian mesin ada begitu banyak komponen yang bisa kita temukan. Untuk itu butuh ketelitian dan kejelian dalam memperbaikinya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan share mengenai kerusakan TV yang gambarnya cuma raster putih saja, tidak ada tulisan apapun. Memang kondisi TV masih bisa menyala. Akan tetapi cuma blank saja, di tekan menu, program dan sebagainya tidak berpengaruh. Itulah gejala yang terjadi pada kerusakan TV LG Slim ini.

Sebelumnya saya juga pernah mengalami hal ini, namun waktu itu terjadi pada TV pabrikan cina. Penyebab rusaknya adalah IC program. Untuk itu saya ganti dengan yang baru. Lalu kali ini menjumpai kerusakan yang sama, Namun belum tentu juga sebabnya sama. Oleh sebab itu tahap pertama yang dilakukan adalah dengan membongkar mesin televisi. Selanjutnya kita bersihkan bagian-bagian pada mesin TV. Setelah bersih barulah kita cek kondisi fisik dari masing-masing komponen yang ada didalamnya. Kebetulan pada saat itu tidak ada satupun komponen yang terlihat mencurigakan. Untuk itulah saya coba mengganti jenis IC program yang sama yaitu dengan nomor seri LV76213. Kebetulan ada jenis Televisi yang sama-sama LG saya pinjam saja IC dulu. Nah setelah diganti TV dihidupkan ternyata sudah normal kembali. Alhamdulillah pikir saya, Jadi begitulah kira-kira pengalaman mengenai cara memperbaiki TV LG yang blank putih saja. 

Penyebab TV LG Blank Putih tanpa gambar
Selanjutnya mungkin jika anda mengalami hal yang sama seperti diatas, namun kita belum punya ganti ICnya, sebaiknya tidak usah buru-buru membelikannya. Karena ada juga beberapa kasus, kerusakan terjadi karena tidak ada atau kurangnya tegangan yang masuk pada IC tersebut. Oleh sebab itu perlu kita cek juga tegangan yang mensuplay IC tersebut. Selain itu bisa juga disebabkan karena solderan yang retak pada bagian kaki IC atau komponen pendukung disekitarnya.

Semoga sedikit curhatan ini bisa membantu anda dalam menangani kerusakan TV merk LG Slim ini.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penyebab TV LG Blank Putih tanpa gambar"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.