Cara Mudah Merakit Power Amplifier 200 Watt Stereo

Sebenarnya merakit power amplifier kalau dimulai dari nol, seperti dari mendesain jalur (layout) , mencetak PCB, membuat Box; maka pekerjaan tersebut akan menjadi begitu rumit, bahkan akan menjadi sulit. Apalagi baru mengenal dunia elektronika seperti penulis. Namun dizaman sekarang ini banyak sekali ditoko-toko elektronika menyediakan kit power amplifier yang sudah jadi dan tinggal dirangkai untuk itu kita jadi dimudahkan, karena hanya tinggal menghubungkan kabel-kabel saja. Nah bagi yang ingin mencoba membuat amplifier dengan cara yang mudah. berikut ulasannya

Cara Merakit Power Amplifier

Untuk membuat power amplifier rakitan yang bagus, minimal apa saja bahan yang dibutuhkan untuk merakit power amplifier 200 Watt ini;

Bahan-bahan Membuat Amplifier

    Cara Mudah Merakit Power Amplifier 200 Watt Stereo
  1.  Kit Tone Control
  2. Saklar Selector Input
  3. Kit Power 200 Watt + Headsink
  4. Saklar On/Off
  5. Elco 6800uf/50V
  6. Kiprox atau 4 buah dioda 6 A
  7. Transformator 5 A
  8. Out Speaker
  9. Kipas DC
  10. Sekring dan Colok AC
  11. Box Amplifier
  12. Kabel
  13. Timah Solder
  14. Dioda Led
  15. Baut/Skrup
  16. dan lainnya

Peralatan yang digunakan ;

  1. Bor Listrik
  2. Obeng
  3. Solder
  4. Tang
  5. Pinset
  6. Gunting
  7. Cutter
  8. dan lain lain sesuai kebutuhan

Cara mudah merakitnya

Atur posisi masing masing kit rangkaian didalam box selanjutnya kita akan
Merakit Power Supplay (PSU) atau Adaptor CT, langkahnya;
  • Hubungkan Kabel AC ke kaki Saklar dan Transformator 0 - 220, (dan saya kira ini mudah jadi gak perlu panjang lebar deh). atau lihat cara menghubungkan trafo, sekring dan saklar
  • Hubungkan kedua kaki AC ~ kiprox (dioda bridge) dengan kaki transformator 24V
  • Hubungkan Elco 6800uf/50V secara seri kemudian pada kaki + (positif) dihubungkan dengan kaki positif di kiprox (dioda bridge), begitu juga dengan kaki negatifnya. lalu ground (CT) transformator dihubungkan dengan kedua kaki elco lainnya. maka akan didapat tegangan keluar simetris (+) (-) (0) yang nantinya akan mensupply Kit Power 200 Watt tadi, atau lihat cara menghubungkan tegangan ke kit power watt besar
Setelah Power Supply sudah selesai di rakit, selanjutnya adalah menghubungkan Power Supply ke masing-masing kit rangkaian, yang sebenarnya sudah tertera dikit tersebut dan sudah ada lubang-lubang untuk menghubungkannya, jadi tinggal kita hubungkan saja.
Selanjutnya adalah menghubungkan jalur Input Audio yang terdiri dari Right (R) Left(L) dan Ground(G) dengan cara;
  • pin out selector dihubungkan ke pin input tone control atau lihat cara memasang tone control pada power amplifier
  • pin out tone control dihubungkan ke pin input Power 200 Watt Stereo
  • Pin out Power 200 Watt dihubungkan ke konektor out menuju Speaker 
Power Amplifier 200 Watt Stereo

Tahap Akhir perakitan

Setelah Semua selesai di hubungkan tinggal tahap finishing yakni menempatkan masing-masing kit di box dan dibaut biar rapi. lalu tinggal kita tes, sudah oke atau belum dan jangan lupa hubungkan Ground ke Box Amplifier, untuk mengurangi noise. Cara mengetesnya sederhana saja. Coba kita hubungkan input ampli ke sumber audio seperti HP, komputer atau laptop. Putar volume ke kiri atau kekanan dan pastikan suara juga berubah pelan atau kencang. Pastikan juga tidak ada suara noise yang keras atau dengung saat dinyalakan tanpa terhubung sumber audio. Selain volume atur juga Bass, Treble, Midle (jika ada), serta balance.

Untuk memodifikasi TR Final kita bisa menggunakan Sanken atau Menambahkan Transistor TIP final lebih banyak misalkan 4 atau 8, tapi semua itu juga harus didukung oleh driver dan tegangan yang memadai, agar hasilnya bisa lebih memuaskan dan menghasilkan ampli rakitan yang bagus.

Sedangkan untuk membuat jenis sound system tentu harus menggunakan jenis power dengan watt besar, seperti 500 W, 1000 W, 2000 watt bahkan 5000 Watt. Namun jika hanya untuk mendengarkan musik dirumah saja jenis ampli rakitan mini saja sudah bagus seperti 10 watt, 30 atau 60 watt. Untuk contoh diatas bisa dikategorikan power amplifier dengan daya sedang seperti 100 watt, 150 atau 200 Watt. Karena yang dijual dipasaran skema rangkaiannya hampir sama, yang membedakan mungkin TR dan ukuran komponen yang dipakai saja. Jadi pas dipasang didalam rumah atau luar ruangan dengan skala kecil.

Penggunaan Amplifier

Umumnya amplifier ini banyak digunakan untuk memperkuat suara musik atau suara dari microphone. Amplifier dengan daya yang besar seperti sound system. biasanya diletakkan di luar ruangan untuk acara tertentu. Sedangkan untuk amplifier mini atau sedang kebanyakan untuk hiburan saja didalam ruangan/ rumah. Untuk power 200 watt diatas bisa juga sebagai ampli penguat dimasjid atau musholla dengan menggunakan speaker corong atau TOA. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya gunakan jenis speaker dengan ukuran dan watt yang sesuai dengan ampli yang sudah dibuat.  Kemarin banyak yang bertanya mengenai speaker aktif yang wattnya sampai 20000 bahkan lebih. Apakah benar seperti itu atau tidak?. Kalau saya menjawabnya tentu jelas tidak. Sebab jika kita intip didalamnya ternyata hanya menggunakan TR final jenis TIP kecil-kecil saja. Jadi tidak mungkin bisa sampai ribuan watt. Begitu juga dengan Kit ampli yang dijual dipasaran yang sebenarnya itu adalah daya maksimum yang bisa dikeluarkan KIT tersebut. Karena daya yang tertera pada bungkus KIT ampli, jika rangkai kemudian diukur belum tentu sesuai dengan aslinya. Itulah sedikit update mengenai perakitan ampli, Semoga membantu pencarian anda.
nb:jika kurang mengerti mengenai maksud dan tulisan ini silahkan berkomentar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

138 Komentar Untuk "Cara Mudah Merakit Power Amplifier 200 Watt Stereo"

  1. mas kalo mau tambah tr final jadi 4set itu gmana mas ? sx200

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya diparalel saja sudah bisa mas agus, cuma hasilnya kurang maksimal, untuk itu bagian depan sperti driver, op amp, daya, tegangan juga harus dikuatkan. Lain waktu Insya Allah akan diposting dihalaman lain mas.

      Delete
  2. mas kalo mau buat 1000 watt itu yg di ganti komponen apa saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo itu mending cari yg 1000 watt aj, klo mau diganti ya hampir semuanya.

      Delete
  3. assalamualikum
    klo bahannya beli semua itu menghabiskan berpa,.?
    apakh juga kuat untuk mic 15 inc ???

    ReplyDelete
  4. Habisnya skitar 600 ribu pak bahanya, kalau untuk spk 15" sebaiknya power 500 watt keatas.. Tapi itu juga tergantung kualitas speakernya juga.

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum mw taxak lagi nie. .
    ini saya mw buat power 500 watt mnggunakan tranformator 10A untuk kit power.a yang pas menggunakan kit power yg beprapa..??
    dan untuk catu dayanya saya menggunakan elco 50v 10000uf. . dan dioda, gg tw brpa tp no.a 6A05,. . .apakah bisa untuk speker 15 inch. .???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit powernya terserah mas,, Yang pnting Wattnya 500 keatas. Dioda sebaiknya pake bridge 15 - 20Ampere. Elco sebaiknya lebih dari 50V. Terimaksih..

      Delete
  6. Ms mw tanya klo bikin ampli yg watt dengan mic 10inch perkiraan biaya sekitar brapa ya mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksdnya biaya bahan atau semuanya. Karena sebenarnya itu tergantung dari kualitas bahan yang dipakai. Untuk mic 10 inc kita bisa pakai ampli seperti diatas dengan biaya bahan sekitar 600 ribu

      Delete
  7. mau nanya mas,, speker amplifier saya berbunyi keras/berisik dan suara ny pun tidak bisa diperkecil,pdahal selektor volumeny baik, dan micropon ny pun tidak mengeluarkan suara atau tidak terhubunh..apa yg salah ya mas.. dgn suara keras trsbut..TKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Tegangan kurang stabil Mas Ridha, Selain itu beri grounding di box dan masing2 potensio, untuk microphone coba cek di pre amp nya. Yang terakhir apakah semua rangkaian amplifier sudah terhubung dengan benar?

      Delete
    2. saya mau menggunakan/memakai kembali speaker aktif yg amplifiernya kebakar tapi saya bingung mau beli amplifier atau buat amplifier sendiri (tapi takut salah kutik) , Tolong Solusinya ? Sayang" Speakernya msih berfungsi !! apa beli amplifier ajh ya ? tapi dikotaknya tulisannya 2000Watt !! saya kalau beli amplifier yang seperti apa ?

      #Solusinya secepatnya (saya ank SMA)

      Delete
  8. punya saya amplifiernya udah gosong mau bikin atau beli bingung trus solusinya gmna ya ?? sayang" Speakernya mau diolah lagi apa beli amplifier ajh ya ?? soalnya dikotaknya tulisan 2000Watt !!


    #Solusinya GerCep blsnya !! (Saya Ank SMA)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk watt pada body speaker kebanyakan hanya fantasi saja, coba ganti 150 Watt atau 200 Watt saja amplinya.

      Delete
  9. Kit Power ampli blazer 800 watt mono 2 buah, traffo 20A murni. Kira2 komponen2 yg pas/bagus utk kit Power suplaynya?!dan
    Mana yg baik PSUnya dibuat utk masing2 blok atau di satukan!?!

    Thanks

    ReplyDelete
  10. Kalo komponen bisa gunakan Dioda bridge + Elco 10000 uf / 80V mas. Kalo PSU bagusnya satu trafo untuk 1 Power.

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum
    bagaimana cara menentukan besaran elko dan dioda nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuaikan sama tegangan Out Trafonya untuk elko, sedangkan dioda sesuaikan dengan Ampere trafonya

      Delete
  12. mas saya sudah mengkuti prosedur di blog ini tp ad masalh saat menghubungkan PSU ??
    saya menggunakn kiprok kotak,elco 6800 uf/50v 4buah. ttp saat menghubungkn AC -> DC out AC ( 18-19 V) OUT DC (+) 40 V CT(19 V) ~ (-)19 V ? yg terjadi kapasitor panas bngt & trafo hampir hangus saat di tes soundya?? ap yg salh ya maz??,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masangnya ada yang terbalik mas, untuk rangkaian diatas menggunakan catu daya simetris + - dan Gnd

      Delete
    2. Kasusnya mirip punyaku mas
      Aku pakai 2xelco 10000uF 50v dioda kiprok 6A malah trafonya panas
      Takut ada shortcut,udah cek pengkabelan aman2 aja padahal :(

      Delete
  13. masput, enak mana merakit amplifier sendiri atau beli yg sudah jadi seperti spiker aktif model2 simbada, yg biasa di komputer2 mas puts.? masalahnya kalau beli jadi spikernya kecil2 mas put tapi suaranya lumayan.

    ReplyDelete
  14. Bagusan rakit sendiri kalau bisa jeng.

    ReplyDelete
  15. Sob..
    Rakitan kit sendiri ada gak.

    Jgn dr toko gtu..

    ReplyDelete
  16. Wah sayangnya blm ada gan,, lain waktu jika ada di post gan... Terimakasih sarannya

    ReplyDelete
  17. cara merakit amply kecil kecil an kira kira habis berapa ya

    ReplyDelete
  18. Om, saya ada kit buat ngrakit ampli, ada travo 5amper murni ama 5 amper biasa, dioda bridge, elco 6800uf 50V 2 buah, 10000uf 100v 2 buah. driver sanken 280watt ama tone control stereo, jack output input, speaker acr 12" ama 6" legacy, menurut om ada lg yg kurang atau yg gk usah di pakai apa? Minta sarannya om

    ReplyDelete
  19. Mas., saya punya tape merk lama bigband polytron, itu suaranya gk enak & trus output speaker R mendengung kalo di pasang, itu kira2 apanya? Saya pake mic 12 inch dan msh bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu banyak kemungkinannya gan, bisa jadi tone bermasalah, power supply bahkan penguat akhir. Untuk itu perlu dicek satu persatu

      Delete
  20. Mas saya ada ampli lama yg tidak terpakai lg, rencana ny mau saya jadiin bahan praktek, yg ingin saya tanyakan unt travo 10A cocok gak kl dibuat ampli yg watt lebih dr 1000watt? Kl bisa bahan apa aja n ukuran ny brp? Mohon bantuan n petunjuk ny, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 10A kurang gan untuk 1000 watt, 10 A nya murni atau biasa, kalau murni bisa untuk 300Watt - 500

      Delete
  21. kalo untuk tranfomator 3 Ampere murni bisa ga ? apa harus ada peubahan bahan" nya ? mohon bantuan nya ?

    ReplyDelete
  22. Gimna cara gabung 2 buah ampli, jlur kabelnya

    ReplyDelete
  23. Mksdnya 2 buah ampli gmna gan, mono ke stereo atau gmna?

    ReplyDelete
  24. trus harga transfomator untuk 5A berapa ?
    Trus harga total nya semua berapa untuk bahan" nya ?

    ReplyDelete
  25. Biasanya Trafo 5A biasa = sekitar 80 - 100 rbu, kalau 5A murni bisa diatas 200 ribu, kalau totalnya sekitar 600 ribu bahannya

    ReplyDelete
  26. Misi mas, kalo di speaker tulisannya 70/100 watt itu pake ampli yang berapa watt ya?

    ReplyDelete
  27. mas ampli saya kalau avolume dan subwoofer di gede'in kadang'' berbunyi dret'''dret'''.apa yg salah ?
    saya pakai power 150 watt dan trafo 3 A, apa trafo saya kurang besar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin terlalu rendah frekwensi audio subwoofer outputnya, atau potensio meternya rusak.

      Delete
  28. Salam Masputz.... Saya ngerakit 2 kit power blazer 500w mono, ya.. jadi stero gitu, per-kitnya saya pakai 1 trafo 10 Amp 45V-CT,jadi saya pake 2 trafo. untuk inputnya saya pake TC Parametric (Stereo). Yang jadi masalah pada Balance saat diputar mentok kekanan suara normal, tapi saya putar mentok kekiri suara kok kecil banget ya mas.....? tapi potensio masih normal saya cek. Mohon dibantu mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh la masangnya gimana itu mas, Coba cek masing-masing power sentuh bagian inputnya bunyi atau ndak.. Jangan-jangan yang sebelah tidak berfungsi

      Delete
    2. Klo untuk disentuh masing2 input sih normal2 saja mas.. getarannya tidak ada pebedaan. Apa mungkin karena saya pake TC Stereo..

      Delete
    3. Mungkin Parametric nya mati sebelah gan, coba dibalik R dan L dari Parametric dengan Power Nanti coba di cek yang tidak berfungsi R atau L parametric nya.

      Delete
  29. Sudah saya cek semuanya mas.. sama aja. Tapi akhirnya selesai juga permasalahannya,rangkaian PSU yang ada di pcb TC Parametric saya bongkar lalu saya bikin rangkaian PSU sendiri dan rangkaian tersebut saya pasang deket Trafo yang 2 Amp. Cara itu juga bisa dipake untuk Pre-amp mic BSX-A1 kalo terjadi dengung(ini untuk kasus pd power saya ), mungkin lain juga pda kasus kawan yang lain. Trims bantuannya Mas...

    ReplyDelete
  30. Mas sya mnta saranx nc..sya bli rakitan dri toko yg tulisanx 1000wt..travo sy ksh 10A...tpi bgtu sy rakit mank bunyiny enk..tpi tdk lma alatx sot..pdhl sdh sy ikutin petunjukx dri power ampli 25v sy sma kn k trvox jg.mas..jd dmnh letak ksalahnx mas

    ReplyDelete
  31. Tambahkan headsink (pendingin) dan Kipas DC pada TR final. Biasanya kalau asli dari toko Headsinknya kecil.

    ReplyDelete
  32. bingung punya travo 5amper murk big besar kuat buat PA berapa watt ya om?

    ReplyDelete
  33. assalamualaikum mas put.....,mau nanya nih klau volume sering mendengung itu knpa yaa? makasih.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam mas, coba kasi ground pada body potensio, untuk volume sebaiknya gunakan potensio yang dilengkapi ct juga. mudah-mudahan masalah teratasi.

      Delete
  34. Mas e. Aku baru rakit ampli kok cuma dengung aja di speaker. Di input audio ku pegang gak ada suara duuut duut dutt nya mas. Saya pakai 200watt mono sanken.

    ReplyDelete
  35. coba di input powernya aja dipegang sebelum tone control, jika masih dengung kemungkinan TR Final rusak.

    ReplyDelete
  36. Mas kalau trafo 1a-2a nggak pake kiprok+Elco nya bisa nggak ?

    ReplyDelete
  37. Maksudnya gimana mas, itu trafo untuk PSU ampli atau untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu, trafo 1-2A bisa untuk mencatu daya power amplifier mini, kalau kiprok/ dioda bridge dan elco tentu harus dipakai untuk membuat PSU. Kiprok bisa juga diganti dengan 4 buah dioda rectifier (penyearah). Tapi kalau di kit ampli sudah ada rangkaian penyearah tegangan tentu tidak diperlukan lagi tambahan komponen lain. Terimakasih

      Delete
    2. Mas minta solusi saya bru ngerakit ampli dengan travo 5amp besar merk belt .elco 10.000 80 vol×4 buah dan driver dtk mono saya pkek tr final tosiba 2sc200 3set dan tc.parametrik yang jdi msalah knpa ya kok slalu timbul suara dengung pdahal suda saya pasang ground pada box bel hk205 ...mksih

      Delete
  38. mas sya mau tnya punya gambar power ampli semua mas uda jelaskan, yg sya maunnya kipas dc cara pasanagnya gmana....?

    ReplyDelete
  39. Kalau ada tegangan extra bisa dipasang kesitu. Tapi kalau ndak ada sebaiknya dibuatkan PSU lain, biar tidak ada noise saat diaktifkan.

    ReplyDelete
  40. Mas mau tanya, ini ada mic 12an 2. Supaya hasilnya bagus dan maksimal kira" di kasih amplifier berapa watt ? Habis berapa ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  41. Ok terimakasih Mas Achmad, menurut saya bukan ukuran inch speaker jadi patokan tapi daya /watt dan resistansi speaker itu sendiri. Kadang ada speaker 12 inch tapi cuma 100Watt. Jadi buat sperti tutorial diatas juga bisa.

    ReplyDelete
  42. AssalamualaiKum
    Saya mau bertanya mas.
    Klw masukan musik.a dari mana...?
    Apakah msh mengunakan cok audio...!!
    Dan bagaimana cara.a jika membuat masukan lagu.a dgn mengunakan mp3
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  43. Wa'alaikum salam? mksdnya gimana bang?, Input musik dari Hp, komputer atau mp3 player atau gimana? Kalau masalah itu tinggal colokkan saja ke input audionya jika colokan tidak cocok bisa ditambahkan colok sambung dari HP/laptop ke RCA

    ReplyDelete
  44. mas putz saya blm phm betul tentang daya simetris tlg penjelasanya krn saya pingin bisa banget merakit speaker aktiv soalnya saya punya speker aktiv tp cuman yg ada tone controlnya sama box doang ini email saya. arjunangiler@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Mas putz kalo buat power 1000 Watt pake ocl kira kira enak ndak hasil suaranya? Dan buat supply saya pake 20 A era 45 V,apakah kurang atau bagaimana?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  46. Kalau itu tergantung yang rangkaian, yang merakit dan komponen yang dipakai gan, jadi masalah enak atau ndak enaknya itu relatif. Kalau 20A murni itu sudah bagus untuk power 1000Watt

    ReplyDelete
  47. mas kalau kit powernya 150 watt,,diganti trafo 5A,,kira" bisa apa tidak mas?

    ReplyDelete
  48. Mas, bisa gak aku pesen ampli rakitan, biayanya saya langsung kirim, kalo udah selesai di kirim ke tempatku tanpa travo....

    ReplyDelete
  49. Bisa saja tinggal pesen brapa watt, sebaiknya via email saja di menu contact atas

    ReplyDelete
  50. Salam kenal sebelumnya. Saya mau tanya nih , saya punya trafo 5A murni, bisa gk buat 2ampli 150w tr sanken ??? . Trus elco yg di butuhkan .makasih

    ReplyDelete
  51. Sangat bisa Mas, Pakai elco 6800 - 10000 uF/ 50V udah sip.

    ReplyDelete
  52. mas mau nanya, saya ada speaker polytron bigband 240 watt stereo, kira kira mengunakan amplifier brp watt yaa? Dan habis brp kira kira untuk biayanya yaa?

    ReplyDelete
  53. wah kalau itu saya belum bisa memastikan, yang jelas IC yang digunakan tipe apa dulu baru bisa dipastikan.

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum mas
    Izin bertanya...
    Dari ampli saya merasa kurang terdengar asik dan ingin menambahkan PA buat Subwofer yang cukup di bilang 3 CH L / R + Subwoofer
    PA untuk Subwoofer yang kayak gmn ya mas?
    Dan Skema pehubungannya gmn ya?

    ReplyDelete
  55. Maksudnya gimana mas saya kurang paham, Subwoofer yang dimaksud itu Power Amplifier untuk subwoofer atau speakernya. Kalau PA untuk subwoofer biasanya dibuatkan sendiri khusus dan hanya inputnya saja yang digabungkan dengan PA sebelumnya, outnya nanti ke speaker subwoofer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas baru dibalas dan terima kasih sudah dibalas
      Yang saya tanya itu PA buat subwoofer nya
      dimana saya menambahkan
      Kit Crossover Sub Woofer BELL / BGR BE-SW 2075
      https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2015/9/1/571179/571179_8b7ebf55-fe1d-4555-9de7-79e329863142.jpg

      Maka PA nya itu butuh yg mono didalam Kit Crossover sendiri Out Put Subwoofer nya cuma + - gak ada R / L
      kalau saya pakai PA OCL mono 2x150watt. Output dari Kit Crossover itu diparalel or gmn ya mas?
      Atau mas punya Rangkaian PA untuk Subwoofer gk mas?

      Delete
  56. Gan saya punya son 15" 1 trus 10".e 4 tk jadi.in 2 set yang 10"

    Pawes yang cocok pkek brapa watt ya gan mohon infonya

    ReplyDelete
  57. di Speakernya kan biasanya ada tulisan max ....watt, disesuaikan saja powernya. Kalau Pakai 400 atau 500 Watt ok itu mas

    ReplyDelete
  58. Ass.. ini z pux trafo 10a yg z pke teg 24nya.. jdi type elco dan dioda nya brp yach?? Thank u

    ReplyDelete
  59. Saya kurang paham peranyaannya gan, tapi yang jelas kalo pake trafo 10 A belikan saja dioda 10A atau langsung beli dioda bridge saja. kalau elco pakai 10000uf/50V

    ReplyDelete
  60. mas apa yang harus di ganti jika suara bass kurang memuaskan

    ReplyDelete
  61. Mas saya punya power amplifier terus di stu tertulis 180w+180w itu apa mksud nyaa

    ReplyDelete
  62. Mas mau tanya kit power 150 trafonya 3a di ganti 10a bisa gak mas

    ReplyDelete
  63. Saya pernah coba dan bisa Mas, tapi waktu itu saya ganti TR driver jadi TIP 41,42 atau 31,32 dan TR final ditambah atau ganti yang lebih besar wattnya biar tidak cepat panas

    ReplyDelete
  64. Bos numpang tanya yah.. Kalou misalkan trafo 5 amper buat speaker paker power ocl.. Kira kira ukuran berapa capasitor / elco yang dgunakan nya dan berapa biji?? Capasitor / elco yang keluaran dari trafo

    ReplyDelete
  65. Bisa 6800uf/50V 2 biji atau 10000uf/50V 2 biji

    ReplyDelete
  66. Mas putz permisi numpang tanya....klo rakit ampli 350w bisa ga dg 1 trafo aja yg 10a..biar ga banyak trafo
    1.ac 24ct bt ampli
    2.ac 18ct bt tc hk 201 & pream mic
    3.ac o-12 bt kipas
    4.sebaiknya pream mic lgsg ke power apa ke via tone control...tp sy pinginya micnya main bass dan treble...makasih

    ReplyDelete
  67. Sangat bisa gan, klo saya biasanya tanpa melalui tone music/ tone AUX

    ReplyDelete
  68. Makasih gan infonya, lanjut sy udah ngikutin caranya...tp masih ada noice..ternyata yg di trafo 10a tdk sesuai yg di butuhkan PA..PAnya tertulis 24v sdangkan di trafo adanya 25v..pertanyaanya
    1. apa pengaruhnya klo sy kasih yang 25v u/PA yg bth 24v?
    2. utk TC di ambil dr 18v/10A amankah?
    3. Yg skrg sy pake 5A u Pa bersih tdk noice tp setelah sy kasih TC kok ada noice apa penyebabnya..apa kurang dayanya?

    ReplyDelete
  69. 1.Tidak masalah gan
    2. Tergantung TC nya,kalau ada resistor sebagai hambatan sebelum masuk ke komponen aktif tidak masalah.
    3. Kemungkinan tegangan TC kurang stabil, coba tambahkan elco dan IC regulator 78xx. Selain itu groundkan body potensio, gunakan kabel audio yang bagus. Kalau masih dengung berikan filter di input TC atau tambahkan resistor dan elco

    ReplyDelete
  70. Makasih Masputz
    1.saya akan beralih ke 10A/25v u/PA 24v
    2.utk TC sy pake bifet hk 201..kan sdh ada kit PSU di dalamnya..itu bisa ga lgsg ke 18v/10a...apa bedanya 15v dr 1a dan 15v dr 10a? Maturnuwun

    ReplyDelete
  71. Kalau gtu tinggal tmbahkan resistor 560ohm-1k/2watt di Psu. Bedanya pada arus/ampere namun tegangan sama.. Ibarat pakai aki kecil dan besar

    ReplyDelete
  72. Kasih gambaran atau skema u tc yg harus di tambah resistor 1k itu...di pasang setelah trafo> 2resistor 1k di +&- >psu TC atau gimana? Mf nanya mulu mas putz

    ReplyDelete
  73. ya benar seperti itu, silahkan dicoba, kalau bingung boleh tanya kembali

    ReplyDelete
  74. Mf masputz nanya lg..sy sdh rakit sanken 350w dg trafo 10a/25v..utk tc sy coba dg trafo 10a/18v tp ada suara terrrr..sy pikir kegedean teganganya lalu sy ganti dg trafo 2a/15v dan hslnya bagus..dan utk tegangan 12v sy pake bt kipas yg pingin sy tanyakan
    1.klo sy tambahkan pream mic sy ambil strumnya dr mana..dr trafo 10a atau yg 2a(10a baru kepake bt PA...yg 2a bt Tc dan kipas)
    2 masalah suara kok kurang puas ya agak mendem..suara treble ngesessss mnta solusi agar ga ada desis..utk bassnya kurang mantab..apa ada yg salah dg tc HK201 DELAY SWITCH SW
    3 Klo nyalain aman tp pas matiin keluar suara dug...solusinya masputz terimakasih

    ReplyDelete
  75. Coba sampean kasi kapasitor di saklar, preamp pake 2A, Kalau ada desis, groundkan smua potensi0 dan kasi filter di input TC.. Smga brhasil Mas

    ReplyDelete
  76. Mas kalau pake power supplynya sama kit power supply bisa gak dan kalau bisa berapa watt kit power supplynya mohon di jawab

    ReplyDelete
  77. Maksudnya gimana gan PSU untuk apa? dan watt gimana?

    ReplyDelete
  78. Mas saya mau nanya kalo power supply nya di ganti sma kit power supply bisa gak mhon di jawab

    ReplyDelete
  79. Mungkin mksud anda pSU bawaan diganti dengan PSU lain gitu ya?. Bisa asalkan tegangan dan arusnya tidak jauh berbeda menurut saya

    ReplyDelete
  80. Mas ampli sy dah jd sy ikutin saran sampean..dan sy ganti potensio di bass dan treble awalnya 100 ke 50k jg elco semula dg yg lebih bagus dan psu tc sy ganti elko..sy tinggal nambah protector speaker dan preamp mic sy mau nanya
    Sy memang masih pake speakernya pnya speaker aktif plytron..dgn power itu di bass kok bunyi krok krok bersamaan dengan di tambahin bass..power 350(tertera) masalah apalg ya mas?
    Makasih...Maaf mohon agak detail jawabanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling gampang coba pake speaker lain. Untuk Potensio bass/treeble memang 100K gan, klo 50K untuk volume. Biasanya krok-krok itu karena speakernya nggak kuat

      Delete
  81. mas ... kira kira untuk travo 20 A harganya berkisaran berapa ya mas .. dan power yang cocok harus berapa watt

    ReplyDelete
  82. Klo itu saya kurang paham gan, krena belum pernah buat dengan trafo sampe segitu

    ReplyDelete
  83. Mas aku buat power 150 watt tip 3055 2 set stereo ko transistor nya cepat panas ini apa yg hrus di ganti resistor x biar bisa dingin mksh

    ReplyDelete
  84. APakah sudah ditambah pendingin (headsink) sebab biasanya klo dari toko ukurannya sangat kecil klo bisa tambahkan juga kipas DC. Selain itu trafo maksimal 5A dengan tegangan 24V. Itu dulu mas menurut saya

    ReplyDelete
  85. mass mau tanya power ampli nya diganti yang 200 watt ke 300 watt bisa ngga ?

    ReplyDelete
  86. Met pgi mas mw nanya saya punya kit power 300 watt klo pake trafo 3 ampere bisa ga?mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi kurang maksimal hasilnya menurut saya

      Delete
  87. Mas mau nanya tadi aku beli amplifier TDA 2030 yang mau saja tanya kan cara input trafo ke rangkaian ampflier bisa kirim gambarnya..makasi mas

    ReplyDelete
  88. Bang admin, saya kemaren kan habis beli kit power 500watt dengan menggunakan TR SANKEN, tapi saya menggunakan trafo 3A, untuk out dari trafo ke input kit power saya pakai 18v-CT-18v saya coba memang sudah bisa bunyi sampai ke speakernya, tapi saya takut untuk daya nya kurang, kalau out dari trafo saya pakai 32v-CT-32v, gak apa-apa tah bang, bagaimana menurut admin,? Dan mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo 500 watt powernya ya memang 32V tegangan bagusnya bang, tapi trafonya yang kurang besar amperenya menurut saya

      Delete
  89. Slmt mlm mas. Saya punya speker aktif stereo. Tapi ada suara dengung yg di R.padahal volume dah mati. Dan kalau input audio di cabut dengung semua. Apalagi kalau volume di gedein dengungnya juga ikut gede... kira kira apanya yg rusak ya mas... mohon bantuannya... makasih.

    ReplyDelete
  90. Setau saya penyebab dengung cukup banyak, yang jelas biasanya ada komponen yang rusak, baik di tone control maupun powernya, jadi harus dicek dulu perbagian. Yang paling sering karena ada solderan retak atau Transistor final rusak.

    ReplyDelete
  91. Permisi mas..saya mau tanya.caranya pasang kipas DC 12v bagaimana ya.

    ReplyDelete
  92. Klo di trafo ada extranya bisa lewat situ, atau bisa juga dengan menambahkan PSU lain

    ReplyDelete
  93. Mau nanya Mas kalau misalnya pakai elco yang 4700 micro 50 volt gimana...bisa aja kah...

    ReplyDelete
  94. Mas mau tanya.power saya kadang kalau di pegang kesetrum kadang gak.tu dari apanya mas?ada yg bilang tu dari trafonya umpama bener dari trafo apakah bisa di perbaiki mas trafonya?

    ReplyDelete
  95. Memang ya kemungkinan ada yang short body di trafonya, klo ingin aman coba trafonya di kasi isolator saja gan, jika masih nyetrum ya harus dibongkar untuk mengecek gulungan primernya yang kemungkinan short dengan body

    ReplyDelete
  96. Gan sekedar sharing .. power amplifer rakitan saya memakai 2 buah pasang transistor sanken trafo 10ampere ct 32 .. kit OCL merk GM turn kontrol merk GM .. pas saya geber basnya malah ngedrop pecah gitu .. mohon infonya gan .. thanks

    ReplyDelete
  97. La speakernya juga perlu dipertimbangkan gan. Itu trafonya murni atau ndak, sankennya asli atau KW? nah itu juga bisa jadi persoalan gan.

    ReplyDelete
  98. halo mas saya mau tanya ni, saya punya ampli tapi boxnya menggunakan kayu, nah pas saya pasang tone tiba" dengung dan pas saya sentuh potensionya dengungnya malah tambah keras. itu solusinya gimana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Body potensio minta di groundkan gan, hubungkan saja dengan 0, semua body potensionya

      Delete
  99. Mas saya mau tanya knapa , PA 300 watt BTL streo sering jebol ketika di kasih tenggan 25 CT 25 5A Murni jadi tegangan simetris kluarnya 34,9 V sedangkan di PCB 30-35 V mohon pencerahn nya mas ?
    Saya tunggu respon nya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.