Cara Menghubungkan Trafo, sekring dan saklar untuk amplifier

Pada kesempatan yang lalu sudah dibahas mengenai cara mudah merakit amplifier 200 watt stereo, namun masih ada beberapa yang belum dibahas, salah satunya adalah bagaimana cara menyambungkan kabel pada transformator dengan saklar dan sekring, sehingga tegangan AC bisa masuk kelilitan primer kemudian diturunkan. Sebenarnya caranya cukup mudah, namun terkadang ada juga yang belum paham cara menghubungkannya. Oleh karena itulah berikut ini akan saya share mengenai tips untuk menyambung kabel antara trafo, sekring dan juga saklar.

Belajar membuat ampli secara otodidak ya memang begini, harus detail satu persatu atau perbagian, karena jika sampai salah penyambungan tegangan ac ke trafo akan sangat berbahaya sekali dan bisa saja membuat trafo hangus terbakar atau bahkan terjadi hubung singkat. Selanjutnya perhatikan ilustrasi dibawah ini.

skema saklar ke trafo
Pada skema gambar diatas dapat kita lihat penyambungan kabel sangatlah simpel sekali, cukup dengan menghubungkan 0 dan 220 pada trafo ke kabel steker namun sebelumnya melewati sekring dan juga saklar. Karena sebagai penyambung dan pemutus arus, saklar harus dipasang sedemikian rupa.
Selanjutnya gambar diatas adalah bentuk aslinya dengan dua buah model saklar yang satu memiliki 2 kaki, satunya lagi memiliki tiga kaki. Untuk yang dua kaki biasanya tidak memakai lampu indikator, sedangkan yang tiga kaki memakai indikator lampu merah. Namun perlu kita ketahui agar tidak salah dalam menyambung saklar 3 kaki, maka kita ukur dulu dengan multimeter. caranya adalah sebagai berikut:
  1. ON kan Saklar
  2. Arahkan saklar selector ke pengali ohm.
  3. Tempelkan probe merah ke kaki tengah (boleh juga yang hitam)
  4. Tempelkan probe hitam ke kaki pinggir
  5. Jika jarum bergerak ke 0 berarti disitulah kaki saklarnya.
  6. Jika tidak bergerak berarti itu adalah kaki untuk lampu indikator.
Sehingga jika kita lihat pada gambar diatas kabel warna merah adalah untuk kaki saklar dan hitam untuk lampu. Jadi sekarang apa yang menjadi sulit, sangat mudah sekali bukan?

Kemudian sebagai tambahan, jika kita ingin agar tidak terjadi loncatan bunga api pada saklar, khususnya untuk ampli besar, maka kita bisa meredamnya dengan menggunakan Kapasitor nonpolar  tegangan tinggi, misalnya 250V atau 400V dengan nilai 100n atau lebih. Caranya cukup dengan menghubungkan kapasitor nonpolar tersebut pada kedua kaki saklar. Semoga bisa bermanfaat. Lihat selanjutnya mengenai cara menghubungkan tegangan ke kit power watt besar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

27 Komentar Untuk "Cara Menghubungkan Trafo, sekring dan saklar untuk amplifier"

  1. Kalau bisa di tambahi utk lampu serta rangkaian kipas pendingin....makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh gan atas sarannya, lain waktu akan diupdate dihalaman yang lain

      Delete
  2. Terimakasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat sekali.
    tambah lagi informasinya gan !!!

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  3. Kasih tau cara menyambung kapasitor nonpolarnya kang..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solder di kedua kaki saklar Cak Kandar

      Delete
  4. Mas mau nanya nih ,, gimana cara nya pasang giga bass pada jaguar ,,mohon jawaban nya

    ReplyDelete
  5. jaguar masksudnya? keamplifier ya. Untuk memasangnya sebelum tone control

    ReplyDelete
  6. Salam mas Putz. Saya mau numpang nanya. Saya mau bikin speaker aktif sendiri. Saya punya amplifier Ranic type 350 (The Dragon )PMPO 1600 watt, Transformator 5 amp kayanya merek STNDR dan speaker ACR 8 inch 8 ohm maksimal 100 watt.Yang saya mau tanyakan apa saja yg perlu disambung dan kemana harus disambungkannya. Maaf saya benar2 awam tentang ini. Terima kasih Mas Putz

    ReplyDelete
  7. Wah kalau masalah itu silahkan buat dulu power supplynya kemudian sambungkan ke rangkaian. Jika ingin lebih jelas kirimkan foto per bagian melalui menu contact diatas, jika bisa akan saya bantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan yg amplifier Ranic kemarin. Saya sudah coba2 lihat artikel masput dan sangat membantu,sampai akhirnya saya memberanikan diri pasang sendiri. Tapi ada yg saya mau tanyakan, di PCB nya itu ga ada +, - dan 0. Yang ada hanya 2 lubang bertuliskan ACV 15-18 V. Dan juga tidak ada minus ( - ) untuk speaker. Yg ada hanya ground Speaker. Satu lg mas, kalo saya hidupkan bunyi dengung gitu mas.

      Delete
    2. Berarti rangkaian power supply sudah tergabung dalam kit power tersebut. Untuk memasangnya langsung saja dari tegangan AC 15V trafo ke kit tanpa membuatkan lagi rangkaian penyearah tegangan. Sedangkan speaker cukup ambil dari ground dan SP out. Kalau dengung banyak sebabnya mas. Bisa jadi tegangan tidak stabil, TR final rusak, salah dalam pemberian tegangan dan sebagainya.

      Delete
    3. Terima kasih masputz. Saya mau nanya lagi mas. Kalo dengungnya pas saya pegang cover amplinya,itu karena kurang ground bukan ? Bisa ga saya tambahkan ground dengan menyambungkan kabel dr ground SP ke body cover ampli ? Trus untuk pemasangan sekring yang masputz uraikan di artikel ini, berapa besaran sekringnya mas ?

      Delete
  8. maksud nya kit pcb jaguar,yg d mksud sebelum tone control tuh gimana sih mas putz .??,, kasih penjelasan yg lebih detail ya mas ,, soal nya mashi belum tau bgtz neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mas tanyakan yang mana? atau gini aja kirim foto rangkaian ke email atau contact menu diatas sekaligus pertanyaannya.

      Delete
  9. Mksh infonya mas.. kl sy mau tmbahin switch di gluegun sy apa perlu kapasitor lg mas? Maaf sy gk terlalu paham.

    ReplyDelete
  10. glue gun maksudnya gimana, lem tembak?

    ReplyDelete
  11. Mas putvsy beli kit speaker aktif. Inputx ad tulisan dc12-18vol.yg sy txkn apa perlu power suplayx?

    ReplyDelete
  12. Ya jelas perlu itu Mas buatkan saja PSU 15V sesuai rangkaian. Itu pakai IC kayaknya ya?

    ReplyDelete
  13. Mas ampli saya kabelnya pada putus semua karna di gerogoti tikus, sebelumya masih nyala normal. Kabelnya saya solder sendiri tapi kok malah bunyi dengung padahal volume sudah off, apa karena salah memenyambungnya mas, mohon pencerahan

    ReplyDelete
  14. Kemungkinan salah sambung atau malah justru rusak powernya Mas

    ReplyDelete
  15. mas saya mau tanya speker aktif saya semua pada putus kbelny dari trafo tone control ny .yg saya tanyakan bagaimana rangkaian penyambungan nya.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daftar isi sudah ada cara penyambungan dari masing2 kit, silahkan di lihat gan

      Delete
  16. Masputz yang terhormat. Sy ini ndak ngerti sama sekali soal ampli. Jika misalkan sy ingin coba merakit sendiri apa bersedia panjenengan ngajari (nuntun) sy selangkah demi selangkah?

    ReplyDelete
  17. Coba sampean buat yang kecil2an aja dulu gan, klo bingung boleh bertanya

    ReplyDelete
  18. Kabel salon aktif saya 1 kabel yg putus bagian travo switching di jalur tengah.bisa kasih tau kmana arah kabel yg tengah itu

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.