Cara Memperbaiki Pompa Air Rusak dengan mudah

Pompa air merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyedot air dengan mudah. Pada umumnya pompa air digunakan untuk memindahkan air dari sumur ke bak mandi. Di indonesia sendiri berbagai model atau merk banyak beredar misalnya Sanyo, Shimizu, Panasonic dan sebagainya. Meski begitu dalam memasang nya tentu kita harus tahu tips memilih jenis pompa air yang akan digunakan, misalnya untuk menyedot air dari kedalaman sekitar 8m cukup menggunakan jenis biasa atau semi jet pump, untuk lebih dari 9 meter kita bisa memasang pompa air jenis jet pump.
Bagaimana jika pompa air rusak?
Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi pemula (seperti saya), karena pada dasarnya memperbaiki pompa air bisa dibilang gampang-gampang susah sebab kita harus turun ke sumur (jika pompa ditaruh di dalam sumur) untuk memperbaikinya meski kerusakan hanya sepele, seperti copot kabelnya atau bocor pipanya. Untuk itu dalam memperbaiki atau mereparasinya dibutuhkan tenaga extra ketimbang proses mikirnya. 
Cara Memperbaiki Pompa Air Rusak
Jenis - jenis kerusakan pompa air
Pompa Air Mati total
Beberapa kasus yang paling sering rusaknya pompa air adalah mati total. Penyebabnya bisa jadi karena saklar rusak, adanya kabel yang putus, atau gulungan dinamo terputus bahkan terbakar. Namun yang paling sering adalah kabel yang putus entah karena lapuk dimakan usia, atau ada hewan yang sengaja memutusnya. 
Cara mereparasinya
Untuk kerusakan ini tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengecek bagian saklar/Steker (jika pakai saklar), jika belum ditemukan kita lanjutkan cek bagian kabel apakah ada yang putus atau tidak, untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter, atau bisa lihat cara mengecek letak kabel putus. Jika kabel masih bagus barulah mengecek bagian dalam pompa air, mengenai yang satu ini anda harus tahu jalur - jalur gulungan tersebut. 

Pompa Air hanya mendengung (berderik) saja
Jika mengalami hal tersebut bisa jadi penyebabnya adalah adanya kotoran atau kerak yang menempel dibagian impeler atau klahar didalam dinamo. Selain itu bisa juga kerusakan disebabkan oleh rusaknya kapasitor nonpolar.
Cara memperbaiki
Pertama yang kita cek adalah arus dan tegangan yang menyuplay pompa air, apakah kurang dari 200, jika ya coba pakai stabilizer/ stavol. Jika belum juga coba bongkar bagian blok dan bersihkan bagian impeler lalu coba putar2 dinamo, kemudian tutup kembali. Biasa nya sampai disini penyakitnya sudah ditemukan. namun ada juga saat kita bongkar dinamo diputar2 sangat sulit, berarti harus dibongkar total, dan kita cek bagian klahar dan spul dinamo.

Pompa air nyala (hidup) tapi air tidak mengalir (macet)
Penyakit yang satu ini orang sering menyebutnya masuk angin. Mengenai hal ini biasanya disebabkan oleh bocornya pipa penyedot sehingga menyebabkan masuk angin dan letaknya biasanya pipa yang mengarah kesumur. Selain itu bisa juga karena penyaring (saringan) sudah rusak dan yang lebih parah adalah impeler sudah tidak presisi, sehingga tidak mampu menarik air lagi.
Cara memperbaikinya
Yang pertama tentu kita cek pipa penyedot dan saringannya. coba kita tata ulang lagi, dan dilem yang kuat biar tidak masuk angin hehe. sampai disini biasanya masalah sudah teratasi. Jika belum berarti harus ganti blok dan impeler

Pompa air lemah, Loyo
Lemah maksudnya disini adalah putarannya kurang kencang dan airnya mengalir pelan, hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan kapasitor, bocornya pipa penyedot dan adanya gulungan dinamo yang sedikit konslet.
Cara memperbaikinya
Jika kapasitor yang rusak tentu harus diganti, biasanya berukuran 400/450 Volt 9uF (mikro farad) untuk ukuran pompa air semi jet. Jika pada gulungan tentu harus dibongkar dan digulung kembali.
Lihat selengkapnya pada memperbaiki pompa air mengalir lambat.
Pompa air Nyetrum
Jika pompa air anda nyetrum bisa dipastikan ada tegangan fuse yang konslet (jika ditespen nyala),
Cara memperbaikinya dengan dicek menggunakan Multimeter, biasanya karena ada gulungan yang lecet.

Mungkin itu saja beberapa kerusakan pada pompa. Mengenai jenis pompa air merek apapun intinya sama kerusakannya, baik merk sanyo, Simizhu, Lakoni, Grundfos, Wasser, Panasonic, merek cina maupun lainnya. Isinya juga tidak jauh berbeda. Mungkin hanya bentuknya saja yang tidak sama.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

85 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Pompa Air Rusak dengan mudah"

  1. apa kapasitor pengaruh terhadap kencengnya air keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruhnya pada putaran dinamo, kalau terlalu besar putaran dinamo jadi jadi lebih cepat tapi panas, sehingga bisa merusak dinamo pompa air

      Delete
  2. Hallo masbro,
    Pas banget nih. Tadi siang rumah saya kesamber petir langsung listrik mati, setelah listrik hidup lagi, mesin pompa air ngga mau nyala mati total. Kira-kira kerusakanya dimana ya masbro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dicek satu2 dulu Mas Bro, mulai dari arus yang masuk, kabel/ steker, sampai ke pompa air.

      Delete
  3. kalau keran ar nyetrum gmana mas? nyetrumnya dkit sih, maksudnya saya tespen kerannya ga nyala tespennya, tap kalo dipegang kerannya ada krenyeng2nya kerasa sterum kecil. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin body pompa air terubung dengan fasa. Coba copot dulu pompa air dari sumur, sambil dihidupkan tespen bodynnya, jika nyala kemungkinan ada gulungan yang lecet atau kabel yang lecet.

      Delete
    2. terima kasih responnya pak.
      jadi kemungkinan isolasinya ada yg lecet ya pak? kemarin beberapa hari tidak hujan, pompa tidak nyetrum lagi, kena hujan jadi nyetrum lagi. jadi sekarang saya beri tutup agar tidak kena air hujan lagi dan ternyata berhasil, keran tidak nyetrum lagi.

      tapi sekarang ganti otomatis yang cetek2 terus. kayak ada yg bocor, tapi ga ada yg bocor. biasanya saya nyalakan-matikan airnya kadang otomatis normal kadang bunyi terus. ini kena apa ya pak?

      Delete
  4. berapa -/+ kapasitor yg masih bisa ditoleransi...? saya standart nya 14, diganti pakai yg 16...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tergantung daya pompanya juga mas, kalau untuk pompa dangkal sekitar 8 - 12 uF, semi jet sekitar 12 - 18uF dan seterusnya.

      Delete
  5. mas wasser saya suara nya berderik dan di bagian mesinnya ada kayak bau menyengat terbakar gtu ,cara memperbaikinya gimana yaa....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu harus bongkar dinamonya mas, biasanya karena ada kotoran atau karatan di dalam spul dinamo

      Delete
  6. Mas, pompa air udah dinyalain & tiba2 mati beberapa detik, sudah saya cek steker & kabel2 tidak ada masalah mas,
    Tiba saya nyalain lagi pompa air idup & tiba2 mati lagi, itu knapa yah mas?
    Solusinya bagaimana mas?

    Terima kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Gulungan Short Mas. Coba bongkar gulungan dan cek masing-masing pin

      Delete
    2. gulungan dinamo mas maksud??
      Klo terjadi gulungan short direperasikan ditukang dinamo mas?
      Soalnya baru pertama x ngatasin pompa air,,

      Delete
    3. Itukan baru perkiraan saya gan, bisa jadi otomatisnya (kalau pake), bisa juga kapasitor namun biasanya ada suara dengung jika kapasitor yang bermasalah. Namun ada juga yang kekurangan tegangan listrik.

      Delete
    4. Itukan baru perkiraan saya gan, bisa jadi otomatisnya (kalau pake), bisa juga kapasitor namun biasanya ada suara dengung jika kapasitor yang bermasalah. Namun ada juga yang kekurangan tegangan listrik.

      Delete
  7. numpang nanya mas bro,saya pasang pompa air bore kedalaman -+ 25mtr,kapasitor yg terpasang 70uf,saya pasang instrumen panel ketika nyala terukur arus 15 ampere, voltage drop jadi 200 (kondisi tanpa beban 220v),sehari nyala pagi pkl 07.00-11.00 sore 13.00-17.00 kira2 apa yg harus saya lakukan untuk meningkatkan drop voltage tsb..

    ReplyDelete
  8. Hallo mas putz, mas dirumah pake mesin semi jetpam,air kluar ke tornnya kecil, apa krn pipa yg terlalu besar . Mohon solusinya mas

    Trims

    ReplyDelete
  9. Penyebab keluarnya air kecil cukup banyak, jadi silahkan cari didaftar isi saja gan. Mengenai penyebabnya

    ReplyDelete
  10. Slamet siang mas...saya ada masalah dengan pompa air otomatis yang menggunakan tabung akumulator/pulsation dumper yang sering kali jebol, akumulatornya hanya bertahan paling lama 6 bulan, saya sudah tiga kali mengganti tabung akmltr dimaksud....nah kemarin tiba2 pompa mati total saya perkirakan tabungnya lagi yang kena atau otomatisnya, ternyata diganti dua-duanya gak mau hidup juga...diputar impelernya masih bisa..apa solusi untuk kedua permasahan diatas gan ? mohon share pengalamannya gan ?

    ReplyDelete
  11. Cek dulu tegangan yang masuk ke pompa air gan, jika sudah masuk kemudian cek spul stator apakah ada yang putus atau tidak. Coba tanpa otomatis dulu gan.

    ReplyDelete
  12. Pengen sharing mas,. kemaren pagi pompa air saya air nya tidak naik, padahal tetangga sebelah air keluar, kami pakai sumur bor sama tapi.. mesin yang berbeda mas, sore nya lagi saya coba tidak naik juga air nya mas, kira-kira letak kesalahannya dimana ya mas.. terims mas..

    ReplyDelete
  13. Jarak dari penampungan air berapa meter?, terus jenis pompa airnya apa? apakah untuk air dangkal, semi jet pump atau jet pump. ? karena itu juga berpengaruh.

    ReplyDelete
  14. Pompa air 2wd habis ganti cpasitor 200uf. Nyala normal body nyetrum tp kalo colokanya di balik tidak nyetrum.. Solusinya gmna ya.. Apa harus ganti gulungan.. Thnks

    ReplyDelete
  15. Kok 200uf, besar kali mas. Kalau masalah nyetrum biasanya ada kabel atau gulungan yang short dengan body pompa air. Untuk mengatasinya tentu harus dibongkar dulu motornya. Keluarkan rotor dan statornya. Kemudian cek dengan multimeter skala ohm, antara kabel AC dengan body, gulungan dengan body. mudah2an ketemu letak konsletnya.

    ReplyDelete
  16. Kapasitor pompa air Sanyo ph 130 B terbakar dan angkanya gak terlihat bisakah di bantu ?

    ReplyDelete
  17. Maaf mas mau tanya kenapa pompa air saya air nya nyetrum geli2 gt. Apa penyebabnya apa bearing nya sdh jelek. Emang suara agak kasara atau seal mya mesti diganti..?

    ReplyDelete
  18. Mungkin ada yang short di jalur fasa. Kebanyakan di gulungan atau kabel steker gan ada yang lecet

    ReplyDelete
  19. pompa air saya jika di cok ke listrik mesin pompa hidup.tapi..sekitar 1 menit kemudian sekring di rmh langsung mati..kira2 kerusakannya apa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada sedikit short di lilitan stator, sehingga kebutuhan daya listrik bertambah (biasanya kalau disentuh pompa air terasa panas). namun ada juga karena kabel yang menuju pompa air terlalu panjang dan kecil.

      Delete
  20. Hallo mas, numpang nanya ni,,pompa air sya susah sekali kalo di nyalakan,bodynya panas banget,suaranya berdengung tpi tidak segera berputar dinamonya, padahal dinamonya sudah sya bersihkan,sebelum sya bersihkan ada sedikit bau seperti korslet gitu dan putarannya berat,jadi sya bersihkan,namun skrg malah sering susah kalo dinyalakan tidak segera nyala2,masih harus bolak balik sya hidup matikan saklar dan memutar kipasnya,,mohon solusinya mas, terima kasih

    ReplyDelete
  21. Kemungkinan ada yang short/putus di lilitan statornya mas, Untuk memperbaikinya memang harus digulung ulang. coba dulu dibersihkan didalamnya dengan minyak pembersih, siapa tau tidak short lagi.

    ReplyDelete
  22. Pompa menyala namun lemah,di cek gulungan masih ok,listrik Ok,kapasitor sudah di ganti kenapa penyebabnya.

    ReplyDelete
  23. Terimakasih pertanyaannya gan. Apakah sudah yakin dengan pengecekan di lilitan, disitu ada dua jenis yaitu stator dan rotor, dimana pada stator terdapat lilitan primer dan bantu. Mungkin juga ada yang short pada lilitan. Sebab kalau short diukur jarum tetap bergerak, namun hambatan lebih rendah dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  24. maaf agak mellenceng sedikit,, ini masih dalam kategori pompa.
    kapasitor pompa tekanan tinggi untuk cuci kendaraan saya sudah saya ganti yang baru dengan kode yang sama, tetapi masalah masih sama seperti kapasitor yang lama yaitu kalau panas mati sendiri, tetapi untuk kapasitor yg baru setelah mati di tunggu sebentar hidup lagi, kalau yang lama harus di tunggu kurang lebih 20 menit.
    pertanyaan saya adalah, apakah pompa akan mati dengan sedirinya bila mesin panas ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  25. Kalau menurut saya bukan mati dengan sendirinya, akan tetapi overheat (panas berlebih) biasanya disebabkan karena ada yang short pada lilitan stator, selain itu tegangan over juga bisa menyebabkan hal demikian. Seperti yang kita tahu gaya magnet akan mulai menghilang jika terkena panas. Begitu juga pada motor pompa air berhenti berputar, tapi tegangan masih masuk.

    ReplyDelete
  26. Halo mas, mau tanya dan mungkin agak mirip dengan masalah @Fajar Sapto

    Kemarin saya menggunakan alat cuci mobil yang langsung terhubung dengan jet pump.
    Tiba-tiba jet pump saya mati, tidak ada suara peputaran.
    Kira-kira masalahnya dimana ya mas ?
    Apa kapasitor harus diganti ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu perlu di cek dulu Mas baik dari pengkabelannya, kapasitor, lilitan dsb, soalnya banyak kemungkinannya

      Delete
  27. pengen nanya nih, agak bingung juga kok pas beli pompa air sering rusak selama 2 tahun saja ya. memangnya pompa air durasi usia pemakaiannya sampai berapa tahun ya. di rumah saya berkali-kali ganti pompa hanya dalam waktu 2 tahun saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah usia saya tidak bisa berkomentar, hanya saja kalau sering rusak bisa jadi perawatannya kurang tepat, pemasangan yang kurang benar, arus terlalu tinggi, atau berubah2. Selain itu jangan sampai pompa terkena air hujan langsung, atau terkena air dari luar.

      Delete
  28. makassih infonnya mas, kebetulan saya punya masalah yg sama pompa air dirumah mmenndennguung gk mau muter

    ReplyDelete
  29. Sama-sama mas semoga berhasil

    ReplyDelete
  30. Mas, tangki air saya kan baru di cuci, terus setelah selesai di cuci, kenapa air nya tidak jalan, dan sanyo nya juga tidak bisa, udah bunyi tapi gk ada air yg keluar

    ReplyDelete
  31. Sebenarnya tangki air / toren tidak ada hubungannya dengan kerusakan pada pompa air. Tanpa toren saja tidak masalah. Jadi mungkin pada pipa penyedot ada yang bocor atau penyaringnya macet. COba cek dulu bagian itu

    ReplyDelete
  32. MASS KALAU POMPA AIR NYA TIDAK HIDUP GIMANA TU?

    ReplyDelete
  33. Ms pompa air saya hidup tp berdengung trs mati dan saya pegang shimizux panas...saya matikn sklarx trs 5 mnit saya hidupkan lgi seperti itu lgi berdengung tp g mo kluar airx kmudian mati dan saya mencium bau terbakar shimizux tp msh hidup shimuzux...mhon infox...trims...

    ReplyDelete
  34. Kemungkinan ada yang short di bagian stator pompa air. Untuk memperbaikinya tentu harus digulung ulang mas

    ReplyDelete
  35. Tanya pompa air saat on berputar sebentar kemudian berhenti of kan kemudian onkan sama berputar sebentar, sudah ganti capasitor hasilnya sama dengan terpaksa ganti pompa, masalah muncul setelah dipancing air tidak bisa naik sampai tangki hanya dibawah, coba lihat impelernya tidak ada yang rompal karena baru kemudian pancing lagi berhasil tapi belum tahu sampai kapan, berapa lama pompa boleh on karena sudah 4 jam tangki belum penuh kalau seharian khawatir gosong terimakasih

    ReplyDelete
  36. Untuk pompa air pertama mungkin short di lilitan, yang kedua (baru) sesuaikan jenis pompa air dengan jarak dan kedalaman sumur. Jika terlalu jauh gunakan jenis jetpump atau semijet. pastikan instalasi pompa air sudah benar, sebaiknya jangan terlalu banyak belokan pada pipa, selain itu pemasangan pipa untuk penghisap harus rapat tidak boleh bocor sedikit pun.

    ReplyDelete
  37. Mau tanta nih mas put, pompa air saya pas dinyalain trus ngak beberapa lama palingan sekitar 8 detik an listriknya langsung nga jepret?

    ReplyDelete
  38. Mungkin ada lilitan yang short, atau memang pemakaian arus listriknya melebihi daya kwh

    ReplyDelete
  39. Mas tlg tny sy memakai pompa air wasser untuk sedot tandon air di bawah, knp kok waktu air keluar di kran meletup2 spt ada angin besar gitu ya?

    ReplyDelete
  40. berarti di pipa penghisap sedikit bocor, coba di cek lagi dan pastikan tidak ada yang bocor dibagian penghisap. Kalau bisa setelah di lem jangan diaktifkan terlebih dahulu dan tunggu hingga kering

    ReplyDelete
  41. nanya mas pompa air matot klo di colokin arus menjadi setrum semua,apa penyebabnya ya gan,n mhon solusinya apa yg hrus du kontrol thx

    ReplyDelete
  42. Berarti arus normal/ ground belum masuk, hanya arus Fasa/ Phase yang masuk. COba cek kabel, steker atau saklarnya.

    ReplyDelete
  43. Gan, saya punya masalah dengan pompa air, awalnya mendengung, trus saya ganti kapasitornya...
    Tp tetap saja mendengung, cm pas d'putar fannya pompa nyala, tp krna pompanya otomatis, waktu kran d'tutup pompanya mati, tp waktu buka krannya, pompanya mendengng lagi... d'putar lagi hidup lagi, begitu seterusnya...

    ReplyDelete
  44. Selain kapasitor, bisa juga karena arus yang masuk ke pompa air kurang, impeler kotor atau As motor/ dinamo pompa air seret. Coba di cek dulu mas

    ReplyDelete
  45. Mas mau tny pompa air saya td bunyi jd air tidak naik ke atas alias Panas.apa bs benar klo diperbaiki atau hrs Ganti Baru?mohon infonya thx

    ReplyDelete
  46. Mksdnya bunyi bagaimana mas?, kalau air tidak naik keatas kemungkinannya banyak bisa jadi pipa penyedot bocor, impeler aus, saringan rusak, pompa air lemah dan sebagainya. Kalau masalah ganti atau tidaknya cek dulu aja mas

    ReplyDelete
  47. saya punya pompa air dc noritsu 24 v, kemungkinan salah nyolokin vcc dan ground akhirnya g bisa nyala, trus solusinya gimana mas ?

    ReplyDelete
  48. Wah solusinya tentu diperbaiki jika masih bisa mas. coba jelaskan lebih rinci jenis kerusakannya gitu mas

    ReplyDelete
  49. Ass mas brai , kemaren saya hidup kam tiba2 mati sendiri, jadi apa penyebab nya mas brai

    ReplyDelete
  50. kalo kapasitor kena air apa saja yang akan rusak bos..???apa mungkin sampe ke dinamo?..trims

    ReplyDelete
  51. Klo cuma kapasitor saya rasa ndak masalah, tapi klo sampai masuk ke dinamo tentu lilitan kawat akan terbakar

    ReplyDelete
  52. Maaf mas izin brtanya..jetpump merx la...awalnya terkena air dihiupkan 10 menit tiba2 sekring turun.pas dicek pompa nya terkena air..lalu saya bongkar dn dikeringkn dn dipasang kembali..tidak bau gosong dn kipas enteng utk diputar..dn maslhnya tiap x dihidupkn sllu short/sekring turun..ap solusinya mas..trmkasih sblumnya ats jawaban

    ReplyDelete
  53. Berarti memang ada yang short gan, solusinya bongkar motor itu biasanya gan. cek masing-masing kabel di stator.

    ReplyDelete
  54. Nanya mas kalo mesin saya shimizxx gk mau nyala sama skali sa cek pame taspen arus listrik ada semua sampai ke otomatisnya, knp y mas kira2. Trimssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba tanpa pakai otomatis dulu/ langsung disambung.

      Delete
  55. Mas,Aku mau tanya nih,masalah sanyo matot kabelnya di cek gaada yang putus ,dengan merknya apaya lupa.... saklarnya belum di nyalakan namun di tespen bodynya nyetrum semua..
    Apa pengaruh capasitornya Mati
    Apa Gulungannya yg putus/lecet..saya blum berani bonkar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa jadi seperti itu Mas, kalau kapasitor saya rasa tidak, kemungkinan ada kabel lecet atau gulungan motor/ dinamo terkelupas nempel body

      Delete
  56. Semi pump tiba" mati (strum jepret seperti yg konslet) saya cek memang agak berembun lilitanya.saya keringkn.pas dipasang listrik jepret lagi. 1. Apa kapasitornya bermsalah?...
    2. Apa lilitanya harus digulung ulang? ...
    Trimakasih

    ReplyDelete
  57. 1. kemungkinan tidak
    2. Sepertinya ada yang short di lilitan bantu. Memang solusinya bisa dengan menggulung ulang gan.

    ReplyDelete
  58. saya mau tanya mas, pertama listrik rumah saya tiba2 mati (jepret) trus saya nyalain lagi ada kyk bunyi aneh gitu di mesin sanyo saya..

    saya sudah cek otomatis dan sambung langsung tapi tdk nyala jg.. lalu saya ganti kabel luar nya ttp gabisa juga. sudah saya check listriknya ngalir kok.. kemungkinan kenapa ya ini mesin air saya? apakah dinamonya?

    ReplyDelete
  59. Coba ukur tegangannya apakah sudah masuk atau belum di pompa airnya gan. ATau copot saja dulu mesin pompa airnya kemudian dicoba jika masih sama, kemungkinan lilitan motor/ dinamonya ada yang terbakar atau short.

    ReplyDelete
  60. Maaf mas put mo nanya.. ciri2 gulungan konslet gmn y.. body tdk nyetrum.cm brasa panas aja.ama suara kasar.stelah dibongkar dibersihin.tetep kasar dan suka mati ndiri.stelah di cb nyalain tnpa rotor.. gulungan ngluarin asep dan panas.trs cara bnerin gmn mas.slain gulung ulang.apa ada cara lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo diukur dengan multimeter menunjukkan angka 0, apalagi keluar asap bisa dipastikan ada yang short, selain gulung ulang ya ganti motor listriknya.

      Delete
  61. Mas Put, mau tanya dan mohon solusinya.
    Sekitar 7 bulan yag lalu pompa air di rumah bermasalah dengan kapasitornya, udah diganti dan normal.
    Sekarang kondisinya mirip seperti masalah sebelumnya, ketika pompa dihidupkan, hanya bunyi dengung, sesekali saya cabut dan pasang lagi kadang bisa berputar dinamonya dan lancar. tapi di lain waktu saat mau menghidupkan pompa berdengung lg. Terus sedikit agak panas di bodi pompa, apakah efek dr terlalu lama mendengung dan harus segera ganti kapasitor atau ada masalah lain ya?
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  62. mungkin masalah tersebut karena klahar atau as motor berkarat, jadi perlu dibersihkan dan dikasi pelicin gan, coba diputar dulu dari kipasnya, klo seret berarti bisa jadi as motor/ klahar, selain itu impeler yang kotor juga bisa. Yang paling parah putusnya lilitan bantu yang terhubung ke kapasitor.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.