Penanganan Pertama Jika Handphone terkena air

Cara mengatasi handphone yang terkena atau terendam air, mungkin bukanlah hal yang asing bagi kita. Akan tetapi pada pembahasan kali ini adalah tentang penanganan pertama jika handphone kemasukan air. Seperti kita tahu air bisa menghantarkan listrik. Jadi apabila rangkaian yang ada pada handphone terkena air, otomatis akan terjadi konsleting listrik. Oleh sebab itu jika tidak segera kita lakukan penanganan pertama, maka HP bisa rusak fatal. Kebetulan beberapa waktu lalu ada teman saya (Parjo) mengalami hal serupa. Yaitu hpnya terendam mesin cuci.

  • Parjo : mas bisa mbetulin HP yg masuk air nggak?
  • Saya: kenapa mesti dimasukin air
  • Parjo: ya tadi pas mau ganti baju lupa HP tidak diambil disaku terus sama
  • mak ku dimasukin kedalam mesin cuci. ya udah wes langsung bersih sama gambarnya...
  • Saya: (pusing tujuh keliling)
  • Parjo: jadi kira kira masih bisa diperbaiki gk mas
  • Saya: ya udah coba saya oprek dulu, 2 /3 hari lagi tengok ya
  • Parjo: ya dah ni HPnya...............
Singkat cerita
Penanganan Pertama Jika Handphone terkena ai
Saya bongkar tuh HP Samsung galaxy duos klo gk salah. Terus saya masukkan semua rangkaian kecuali LCD ke tinner A, habis tu panggang di panasan tapi gak panas-panas biar gk malah parah, setelah dirasa kering barulah pasang kembali. Setelah semua terpasang coba saya hidupin. jrenggggggggg ada suara terdengar nyaring, abis tu nampak ada tulisan samsung. Saya pencet2 dah normal dan signal jga dah muncul. Akhirnya. Selesai juga Saya nyuci HP Samsung.

Untung saja tidak sampai terjadi kerusakan yang cukup serius, kemungkinan saat smartphone/HP terendam air baterai langsung di copot sama pemiliknya, makanya tidak ada kerusakan komponen.

Jadi Penanganan pertama jika HP masuk air adalah:
1. Segera diambil
2. Langsung copot baterainya
3. Bongkar casing
4. Cuci mesin HP dengan tinner A sampai bersih, (LCDnya tidak usah)
5. Keringkan
6. Pasang kembali
7. Berdo'alah mudah2an bisa nyala kembali
Untuk nomor 4 tidak usah juga tidak masalah, asalkan didalam tidak ada banyak kotoran yang menempel. yang jelas tidak semua kerusakan sama penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penanganan Pertama Jika Handphone terkena air"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.