Membongkar Mesin Televisi Tabung LG Slim

Sebelum mereparasi televisi tentu kita harus membongkar casing terlebih dahulu agar kita bisa mengecek penyebab kerusakan pada televisi tersebut. Seperti yang kita tahu Jenis TV sekarang ini sudah sangat banyak sekali macamnya, mulai dari layar tabung CRT cembung, datar/slim, TV LED dan LCD.

Hampir rata-rata penduduk di Indonesia sudah memiliki perangkat satu ini, itulah mengapa pada kesempatan kali ini masputz.com akan share bagaimana cara membuka casis TV, Mencopot Mesin dan mengenal beberapa bagiannya. Karena Jika kita belum pernah membongkarnya pasti akan kebingungan dan khawatir terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Kebetulan kemarin TV yang dibongkar adalah merk LG model slim 21 inch. Untuk ukuran 14, 29, atau 32 inch modelnya juga tidak jauh berbeda. Oleh sabab itu berikut adalah ulasannya.

Tips Membongkar TV Sebelum diperbaiki
  • Pertama yang harus kita lakukan adalah membuka baut pada masing-masing sisi
  • Untuk TV LG model 21SA3AD ini ada 8 buah baut yang harus dicopot, yaitu terdiri dari 3 baut disebelah kiri dan 3 baut disebelah kanan. Selanjutnya dua baut dibelakang untuk mengunci Playback dan konektor AV.
  • Setelah semua baut dicopot, selanjutnya adalah menarik casing kebelakang pelan - pelan. Maka akan kita lihat rangkaian mesin dan bagian dalam TV tabung LG ini.

  • Selanjutnya jika kita ingin mencopot kop tabung, maka kita harus menghilangkan dulu arus yang masih tersimpan didalamnya. Meski dalam keadaan mati, biasanya masih ada tegangan dibagian ini.
  • Caranya adalah dengan menghubungkannya dengan ground, kita bisa menggunakan probe (pencolok) multimeter saja atau kabel kawat yang berisolasi. Yaitu ujung probe di masukkan kedalam kop tabung tapi sebelumnya ujung lainnya harus ditempel dulu pada ground dirangkaian atau sisi tabung. Ingat? pencolok tidak boleh terhubung kemultimeter ya. Biasa akan ada bunyi kecil ctes, ctes akibat loncatan bunga api.

  • Setelah itu kita bisa mencopot rangkaian pada heater atau socket tabung, caranya adalah dengan menariknya kebelakang pelan-pelan, jika perlu agak sedikit digoyang agar bisa bergeser. Namun perlu hati-hati agar kaki atau pin tabung tidak patah.
  • Selain itu kita juga harus mencopot socket grounding yang terhubung pada sisi tabung, biasanya ada kabel hitam dengan ukuran agak besar.
  •  Nah jika tahap diatas sudah terselesaikan, selanjutnya kita copot socket -socket lainnya yang masih terhubung, diantaranya adalah:
  1. Socket ke Kabel Steker atau arus AC
  2. Socket ke degaussing tabung
  3. Socket ke sensor remote TV
  4. Socket ke tombol menu atau channel
  5. Socket yang terhubung ke 2 buah speaker
  6. Socket yang terhubung ke Yoke TV biasanya ada 4 kabel besar.
  • Sampai disini proses membongkar mesin Tv dari tabung sudah kita selesaikan. Maka kita bisa membersihkannya jika kotor atau kita copot komponen yang dikehendaki dan mencari komponen yang rusak.

Berikut beberapa bagian pada Mesin TV LG ini
Perhatikan gambar dibawah ini adalah bagian horizontal pada tabung, yang berfungsi untuk melebarkan gambar kiri dan kanan, Pada bagian inilah seringkali kerusakan terjadi, baik itu karena protect atau stanby dan sebagainya. Komponen utamanya adalah Transistor C6090 serta sebuah playback yang menuju kearah tabung. Bagian ini sangat berbahaya karena banyak arus tinggi yang mengalirinya.
 Selanjutnya adalah bagian Power supplay atau regulator pada TV. Bagian ini juga sangat berbahaya, karena arus langsung terhubung dari PLN yang kemudian disearahkan oleh dioda bridge menjadi DC, untuk itu kita patut mewaspadainya jika terhubung ke tegangan listrik. komponen yang sering rusak adalah STR W6554 yang menempel pada headsink.
 Selanjutnya kita lihat dibawah ini adalah sebuah IC program, memang pada bagian ini arusnya tidak sebesar bagian lainnya, akan tetapi kita juga perlu mewaspadai. Jika komponen ini rusak biasanya gambar akan blank putih saja dan lainnya, yang jelas IC ini merupakan komponen utama untuk mendukung bagian lainnya.
 Berikutnya adalah bagian Penguat audio, atau power untuk mengaktifkan kedua speaker pada TV ini. Untuk itu jika rusak jelas tidak akan mengeluarkan bunyi.
 Kita lihat selanjutnya adalah bagian Vertikal yang berfungsi untuk melebarkan gambar ke atas dan bawah, sehingga jika ada kerusakan pada bagian ini ,gambar akan mengecil kebawah atau hanya garis horizontal saja. Namun dibeberapa kasus sering juga menyebabkan protect maupun stanby. Komponen utamanya adalah IC LA 78141.
Mungkin sampai disini dulu tipsnya lain waktu jika ada kesempatan akan ditambah lagi, maklum saya sendiri juga masih butuh banyak belajar, oleh sebab itu jika ada yang kurang pas mohon dimaklumi dan tolong koreksinya. Selanjutnya lihat macam kerusakan televisi dan cara memperbaikinya

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Membongkar Mesin Televisi Tabung LG Slim"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.