Cara Memasang Mesin TV Slim China Pada CRT LG

Tabung CRT (Catode Ray Tube) Slim merk LG yang mesinnya rusak parah bisa saja kita ganti dengan mesin slim baru merk china seperti Wansonic, Wcom atau yang lainya. Untuk cara pemasangan sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja jika belum pernah tentu akan merasa kebingungan tentang bagaimana cara instalasinya. Selain itu mengganti mesin asli (original) sebenarnya bukan cara yang tepat dalam memperbaiki TV, baik untuk layar CRT slim maupun yang biasa (cembung). Oleh karena itu sebelum mengganti dengan mesin TV yang baru sebaiknya diperiksa terlebih dahulu, apakah memang sudah tidak bisa diperbaiki atau masih bisa. Tapi kalau memang yang ada cuma tabungnya saja, sementara mesinnya sudah rusak atau sudah tidak layak digunakan lagi, maka tidak ada salahnya jika diganti yang baru. Hal ini seperti yang sudah saya praktikkan kemarin, yakni merakit mesin tv slim china pada tabung CRT LG 21 inc. Yang ada hanya tabungnya saja, semantara mesin dan defleksi yoke sudah entah kemana. 

Langkah-langkah dalam mengganti mesin TV LG dengan mesin china sebenarnya tidak jauh berbeda dengan postingan saya sebelumnya yang bisa anda baca pada cara merakit TV sendiri dengan mudah. Waktu itu menggunakan tabung CRT model cembung dengan 9 socket pada CRT. Untuk mempersingkat basa - basinya berikut adalah cara mudahnya.

Cara Memasang Mesin TV Slim China Pada CRT LG

Cara memasang mesin TV Slim Cina di Tabung CRT LG.

1. Memasang Socket RGB dan Ground

Memasang Socket RGB dan Ground
Untuk memasang socket RGB mesin TV slim atau harus disesuaikan dengan jumlah kaki pada tabung, biasanya ada 9 atau 11 kaki, Jika tidak sesuai maka harus dimodifikasi terlebih dahulu. Namun biasanya pada PCB di RGB mesin cina tersebut sudah ada lubang-lubang untuk peletakan jenis socket 9 kaki atau 11 kaki. Jadi tinggal di sesuaikan saja. Selanjutnya jangan sampai lupa untuk memasang ground yang menempel di tabung dengan rangkain RGB ini sebab bisa berbahaya jika sampai ditinggalkan. Biasanya tinggal dicolokkan saja untuk cara memasangnya.

2. Memasang Kop Tabung
Memasang Kop Tabung
Sebelum memasang kop tabung, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kotoran yang menempel didalam dan disekitarnya sampai bersih. Untuk kop tabung ini cara memasangnya tinggal di kaitkan saja pengaitnya kemudian ditekan ke dalam hingga menempel sempurna. Sebagai tips saat mencopot kop tabung ini harus di groundkan terlebih dahulu. Hal ini karena meski TV dalam keadaan mati, biasanya masih ada arus listrik yang tersisa didalamnya. Arus listriknya bertegangan sangat tinggi jadi wajib berhati-hati dibagian ini.

3. Memasang Kabel Sensor Remote
Pada kabel yang menuju ke sensor remote dan indikator biasanya terdiri dari 3 buah kabel dalam satu socket. Untuk yang satu ini tinggal dicolokkan saja ke socket, biasanya berada didepan berdampingan dengan socket untuk menu program. Jadi tidak usah khawatir keliru dalam pemasangannya. 

4. Memasang Kabel Menu program
Sama halnya dengan memasang kabel sensor, socket untuk kabel kemenu program juga tinggal dicolokkan saja, namun hanya ada dua kabel saja. Pada menu program terdiri dari 6 tombol (switch on/off), yakni Menu, TV/AV, Vol+, Vol-, Ch+ dan Ch-. Setelah itu jangan lupa memposisikan switch agar bisa ditombol dari luar. 

5. Memasang Kabel Yoke Horizontal dan Vertikal
Memasang Kabel Yoke Horizontal dan Vertikal

Kabel defleksi yoke ini terdiri dari 2 kabel untuk lilitan horizontal dan 2 kabel untuk lilitan vertikal. Untuk lilitan horizontal penampang kawatnya lebih besar. Jika diukur dengan ohm meter atau Multimeter akan menunjukkan hambatan yang lebih rendah dibanding lilitan vertikal. Misalnya untuk horizontal adalah 1 - 5 ohm sedangkan untuk vertikal 14 - 20 ohm. Jadi jangan sampai terbalik saat memasangnya. Sedangkan pada socket mesin sudah ada jarak untuk kabel yang menuju yoke horizontal dan vertikal. Perhatikan gambar diatas, socket yang berwarna merah disamping plyback adalah socket horizontal yang bisa dipindah-pindah untuk menyesuaikan lebar gambar.

6. Memasang Kabel Steker AC dan Degaussing
Memasang Kabel Steker AC dan Degaussing
Kedua jenis kabel ini terkasang memiliki ukuran socket yang sama. Untuk posisi steker biasanya dekat dengan sekring, sedangkan untuk degaussing yang dekat dengan protec. Masing masing menggunakan 2 buah kabel, 

7. Memasang Kabel Speaker
Kabel speaker ini dipasang pada socket dekat IC audio, biasanya ada 2 socket berdekatan, masing-masing ada 2 kabel. Yang satu untuk spekaer kiri dan satunya lagi untuk speaker kanan. Jika ada 4 buah speaker tinggal di paralel saja memasangnya. Saya rasa tidak perlu dijelaskan lebih detail, karena cukup mudah. Tapi sebelum itu cek dulu speakernya apakah masih bagus atau tidak, caranya bisa anda baca tentang cara mengecek kondisi speaker dengan multimeter.

8. Memasang DC fan (kipas angin DC)
Memasang DC fan
Sebenarnya ini hanyalah opsi dari saya saja, jadi boleh anda pasang boleh juga tidak. Saya tambahkan kipas DC hanya untuk mendinginkan mesin TV china ini. Karena umumnya mesin TV china rentan sekali rusak jika terlalu panas. Makanya saya tambahkan kipas DC. Untuk memasangnya bisa dengan ditambahkan adaptor atau langsung dihubungkan ke tegangan power supply 12 Volt dari mesin TV.

9. Memasang Kabel AV in
Memasang Kabel AV in

AV in ini berfungsi untuk menerima signal audio dan video dari sumber signal, misalnya DVD, receiver parabola, atau perangkat video lainnya. Jadi untuk pemasangannya tinggal dicolokkan pada socket dibagian belakang dekat tuner yang terdiri 2 socket yang maing-masing terdiri dari 3 kabel yaitu AV1 dan AV2, namun jika ada tambahan input component akan ada tambahan socket dengan 4 kabel.

10. Memposisikan Rangkaian Mesin TV
Setelah semua socket dihubungkan dengan benar, langkah selanjutnya adalah memposisikan masing-masing komponen diatas sesuai dengan casing TV. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Posisikan saklar AC (Switch) pada tombol ON/OFF TV, sehingga bisa ditombol dengan mudah dari luar, untuk caranya tinggal kreatifitas dari anda.
  • Pasang sensor remote dibagian depan (bekas tempat yang aslinya). Biasanya bisa anda bautkan disitu, yang penting bisa diremote dari luar.
  • Pasang menu program sesuai dengan posisinya. Anda bisa juga membuatkannya yang baru disesuaikan dengan letak tombol program aslinya. Namun jika tidak memungkinkan tidak dipasang juga tidak ada masalah pada TV. Hanya saja untuk pengaturan program harus melalui remote saja.
  • Posisikan AV1 dan AV2 dibagian belakang, jika tempat tidak sesuai, anda bisa membuatkan lubang atau tempat baru yang sesuai. Yang penting bisa dicolok kabel AV dari luar.
  • Setelah semua selesai selanjutnya adalah menutup dan membaut casingnya.


11. Masalah dan Cara Mengatasinya
Setelah selesai memposisikannya sekarang saatnya mencoba bagaimana hasilnya setelah pergantian mesin slim baru tersebut. Apakah sudah pas dan tidak ada yang aneh?, jika ada sesuatu yang aneh yang anda lihat berikut ini mungkin bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

  • Gambar terbalik atas bawah, untuk mengatasinya silahkan dibalik kabel defleksi yoke vertikalnya.
  • Gambar terbalik kiri kanan, untuk mengatasinya balik saja kabel defleksi yoke dibagian horizontal.
  • Gambar terlalu sempit atau lebar, untuk mengatasinya coba pindahkan socket yoke horizontal yang berwarna merah ke pin lainnya. Biasanya ada 3 sampai 5 pin untuk menyesuaikan lebar gambar.
  • Gambar kurang terang/ terlalu terang, Untuk mengatasinya coba putar screen pada plyback ke kanan, sedikit demi sedikit hingga gambar menjadi terang sesuai dengan yang diinginkan. Jika terlalu terang tinggal diputar kekiri saja.
  • Gambar kurang fokus atau kabur, Untuk mengatasi hal ini silahkan putar focus pada plyback hingga gambar menjadi jelas.
  • Gambar miring kekiri atau kekanan, Untuk mengatasi hal ini silahkan putar defleksi yoke sampai pada posisi yang tepat.
  • Ada warna merah atau biru di pojok gambar dan tidak mau hilang, kemungkinan karena defleksi yoke terlalu maju atau mundur pemasangannya. Untuk itu coba disesuaikan sampai warna dipojok hilang.
  • Gambar kurang lebar keatas/ bawah, Untuk hal ini anda bisa menyettingnya pada factory reset pada remote. Cari H.phase, V.lin, V.pos, V.size untuk menyesuaikannya.

Itulah sedikit share dari masputz.com kali ini mengenai cara instalasi mesin TV slim china, semoga bisa bermanfaat buat anda. Selanjutnya bagi anda yang ingin mempraktekkan tutorial diatas, admin tidak bertanggung jawab atas kegagalan maupun hal - hal yang terjadi pada anda. Oleh sebab itu sebaiknya ditemani dengan orang yang sudah ahli dibidangnya. 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memasang Mesin TV Slim China Pada CRT LG"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.