Cara Mengecek Kondisi Speaker Dengan Multimeter

Mengecek kondisi speaker dengan multimeter sebenarnya sangat mudah. Bahkan kita bisa mengeceknya tanpa harus membongkar box speaker tersebut. Akan tetapi hal ini tentu berbeda jika kita hendak mengukur keadaan speaker yang terpasang dalam speaker aktif. Karena pada speaker aktif out nya bukan mengarah langsung ke kaki speaker. Akan tetapi pada rangkaian power didalamnya. Sebelum melakukan pengukuran dengan multimeter alangkah baiknya kita cek dulu secara fisik kondisi speaker apakah ada yang kelihatan rusak baik bagian daun maupun penutupnya.

Cara Mengecek Speaker secara fisik

  1. Perhatikan kondisi speaker apakah ada daun speaker yang berlubang, terkelupas atau sobek. Jika demikian maka suara yang dihasilkan tidak akan normal dan cenderung kurang bagus.
  2. Cek kondisi spul atau gulungan speaker, apakah masih presisi atau tidak, caranya dengan mendorong kedalam dengan tangan beberapa kali apakah terasa seperti ada gesekan atau tidak. Jika ada berarti tandanya spul speaker tidak presisi. 
  3. Cek Kondisi kaki speaker apakah ada yang berkarat atau putus dikabelnya.
Setelah pengecekan secara fisik selesai, selanjutnya kita bisa cek kondisi spul dengan multimeter apakah masih bagus atau tidak caranya adalah sebagai berikut:

Cara Mengukur Speaker dengan Multimeter

Mengukur spul speaker dengan multimeter

  1. Arahkan selector pada posisi Ohm meter (x1, x10 atau x 100)
  2. Tempelkan probe merah pada kaki +(positif) speaker, kemudian probe hitam pada kaki - (negatif)
  3. Perhatikan jarum penunjuk, jika jarum bergerak menunjukkan nilai tertentu atau mendekati 0. Berati Speaker masih dalam kondisi bagus, 
  4. Namun jika tidak bergerak sama sekali berarti spul speaker sudah putus. 
  5. Selanjutnya apabila jarum bergerak ke 0, kemungkinan spul mengalami short, tapi ini jarang terjadi.
Sekarang tinggal bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Mungkin jika speaker berukuran besar seperti 12 atau 15 , orang masih berniat untuk memperbaikinya dengan cara diganti spul (Voice coil) dan daunnya. Kemudian jika sudah terlalu parah karena banyaknya kotoran yang masuk ke lubang spul, tentu akan sulit diperbaiki. Nah untuk caranya mungkin kalau ada kesempatan akan di share.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengecek Kondisi Speaker Dengan Multimeter"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.