Tips Mempercepat Koneksi Internet Modem USB di PC

Setiap orang pasti ingin mengakses internet dengan cepat baik itu menggunakan modem, wifi maupun ISP. Namun pada kesempatan kali ini masputz.com hanya akan berbagi tips bagi para pengguna modem USB saja karena itu juga yang sering saya pakai. Sebelum kita beranjak ke cara mempercepat koneksi internet di modem. Maka kita perlu ketahui terlebih dahulu, penyebab koneksi internet menjadi lambat, lemot atau lelet.

Penyebab koneksi internet lemot dengan USB Modem

  1. Modem yang dipakai memiliki kecepatan maksimum yang rendah.
  2. Modem sudah lemah, baik dalam menangkap signal maupun transfer data.
  3. BTS (Base Transceiver Station) terlalu jauh sehingga signal yang diterima modem naik turun.
  4. Gangguan jaringan pada Operator Seluler.
  5. QOS (Quality Of Service) transfer data Rendah.
  6. Belum ada Jaringan 3G/ 4G, yaitu HSDPA+HSUPA, HSPA dan HSPA+
  7. Laptop Bermasalah, baik software maupun hardware.
Setelah kita ketahui penyebabnya, barulah kita bisa menentukan cara untuk mengatasinya. Karena tidak mungkinkan kalau kita mau mengatasi tanpa tahu terlebih dahulu penyebabnya. Untuk itu berikut cara mengatasinya mulai dari yang pertama

Tips Mempercepat Koneksi Internet Modem USB

Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem

Untuk modem yang memiliki kecepatan transfer rendah, maka tidak ada jalan lain selain dengan menggantinya dengan yang baru, tapi umumnya modem zaman sekarang paling rendah kecepatannya 7,2 Mbps. Namun jika modem yang dipakai masih 3,6 Mbps maka silahkan ganti dengan yang baru hehe. Untuk Saat ini ada juga modem yang sudah memiliki kecepatan maksimum sampai 150Mbps. Jadi semakin tinggi kecepatan modem tentu akan semakin bagus.

Jika modem sudah lemah baik dalam transfer data maupun dalam menangkap signal, maka ada dua pilihan untuk hal ini, yang pertama adalah coba dulu untuk mengupgrade firmwarenya. Mengenai caranya silahkan cari di Internet sudah banyak yang share. Selanjutnya untuk masalah signal kita bisa membuatkan antena untuk memperkuat signalnya. Sebagai contoh silahkan lihat postingan sebelumnya mengenai cara memperkuat signal modem USB yang lemah.

Untuk BTS yang terlalu jauh kita bisa melalui dua cara juga yang pertama adalah dengan mendekat ke area BTS sampai dapat signal atau dengan cara yang kedua yaitu merakit antena wajan bolic modem USB, agar bisa mendapatkan signal yang bagus karena area yang terlalu jauh dengan tower atau BTS.

Selanjutnya untuk yang mengalami gangguan pada jaringan operator seluler yang sedang kita pakai. Maka cara sederhananya adalah pindah ke Operator seluler lain. Akan tetapi terkadang operator seluler lain tersebut biaya internetnya mahal atau bahkan tidak mendukung layanan internet yang bagus. Oleh sebab itu cara lainnya adalah dengan menghubungi operator seluler dan minta untuk memperbaikinya. Biasanya kalau sudah banyak yang komplain akan langsung segera diperbaiki.

QOS bisa juga dikatakan sebagai batas maksimum upload dan download data yang sudah ditentukan oleh masing-masing operator seluler, biasanya kalau kita tidak daftar paket internet QOS cenderung rendah yaitu sekitar 512 Kbps atau 0,5 Mbps, Untuk menanganinya tentu kita harus daftar paket internet terlebih dahulu ke Operator seluler yang kita pakai.

Nah bagi yang belum kebagian jaringan 3G/4G tentu sama halnya dengan poin ke 2 dan 3 dimana signal yang kita dapat cuma EDGE saja. Sehingga tidak memungkinkan kita bisa internetan dengan cepat karena untuk jaringan EDGE kecepatan maksimum sekita 256 Kbps. Oleh sebab itu cara mengatasinya kita bisa membuat antena penguat signal modem double dish. Itupun jika ada BTS terdekat yang sudah ada jaringan 3G kalau belum ya telepon saja operatornya dan minta upgrade BTS ke 3G hehe.

Yang terakhir adalah laptop yang bermasalah, cara mudah mengetahui kalau laptop bermasalah adalah dengan menggunakan modem pada laptop lain. Jika sekiranya di laptop lain normal-normal saja tentu laptop sebelumnya yang bermasalah. Untuk mengatasinya coba kita Install ulang saja. mungkin ada software yang hilang atau terinfeksi oleh virus. Sedangkan jika permasalahannya pada hardware tentu butuh penanganan yang lebih lanjut. Solusinya bisa dibawa ketukang service atau coba searching dulu di internet.

Setelah semua sudah aman dan tidak ada masalah, maka berikutnya adalah mencobanya. Namun terkadang ada juga yang masih belum cukup puas dengan kecepatan yang ada. Entah itu karena browsingnya kurang cepat, buffering lambat dan sebagainya. Untuk itu berikut tips untuk mengatasi hal tersebut.

Setting Internet Bandwith Pada Komputer

Pada komputer atau laptop windows biasanya sudah tersetting secara default penggunaan internet bandwith adalah 80% sedangkan 20% lainnya adalah untuk keperluan software windows itu sendiri, seperti update otomatis, VoIP, update berita, cuaca dan sebagainya. Untuk itu coba kita paksakan agar bandwith yang kita pakai menjadi 100%. Caranya adalah
  • Klik Start (win 8 keatas klik kanan)
  • Pilih Run lalu ketik gpedit.msc
  • Pilih Local Computer Policy kemudian Computer Configuration
  • Administrative Templates lalu pilih Network 
  • QoS Packet Scheduler – Double klik Limit Reservable Bandwidth
  • Pilih menu Enable kemudian isi bandwidth limit dengan nilai 0.
  • Klik apply dan restart komputer atau laptop.

Setting Port USB Modem

Selanjutnya silahkan cek speed dengan browsing kesana kemari atau dengan mengecek kecepatan secara online di speedtest dan rasakan hasilnya. Jika masih belum puas juga coba dengan mengubah setting port pada modem USB dengan cara:
  • Cari My computer/ This PC di explorer
  • Klik kanan dan pilih properties
  • Klik device manager
  • Pilih Port (COM & LPT) dan klik dua kali
  • Pada tab port setting ubahlah setting bit per second ke paling besar yaitu 128000 dan flow controlnya menjadi hardware.
  • Lakukan hal diatas pada masing-masing port yang ada.
Setelah melakukan tahap diatas mudah-mudahan kecepatan internet anda jadi lebih kenceng dan bisa browsing atau streaming tanpa menunggu lama. Semoga tips mempercepat koneksi internet modem USB ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Mempercepat Koneksi Internet Modem USB di PC"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.