Cara Memperkuat Sinyal Modem USB GSM yang lemah

Memperkuat sinyal modem sebenarnya ada banyak sekali caranya, mulai dari menggunakan antena, menambah usb extender, menggunakan aplikasi penguat signal dan sebagainya. Dari beberapa cara tersebut menurut saya yang terbaik adalah dengan menggunakan antena. Mengenai hal ini banyak  sekali model antena yang bisa kita pakai, mulai dari yang sederhana sampai yang bagus. Untuk itu nanti akan dishare mengenai beberapa antena penguat sinyal yang bisa kita terapkan.

Kabanyakan modem usb dijual dipasaran dengan harga mulai dari Rp150.000 hingga jutaan rupiah. Di Indonesia banyak kita temukan merk modem seperti huawei, Telkomsel flash, ZTE, Sierra, Smartfren , Bolt dan sebagainya. Untuk menjalankannya tentu membutuhkan sebuah kartu sim. Beberapa jenis modem ada yang sudah dilock dengan kartu tertentu. Sehingga tidak bisa dipakai untuk Simcard lain.

Sebelum kita membahas mengenai cara memperkuat sinyal modem, maka terlebih dahulu kita harus tahu beberapa sebab kenapa sinyal modem lemah.
  • Jauh dari jangkauan BTS
  • Terhalang banyak bangunan, bukit atau pepohonan yang tinggi
  • Kualitas modem kurang bagus, atau sudah lemah 
  • Laptop yang digunakan kualitasnya sudah menurun 
  • Kemampuan jangkauan sinyal dari transmitter BTS lemah.
Dari beberapa hal diatas, mungkin berikut ini ada beberapa tips memperkuat sinyal yang mudah-mudahan bisa membantu

1. Mencari tempat yang tinggi dan tidak terhalang bangunan
Cara ini bisa dibilang mudah, hanya saja kita harus keluar rumah dulu untuk mencari lokasi sinyal terkuat pada modem. hal ini bisa kita lakukan jika jarak BTS masih dekat dengan area kita.
2. Menggunakan USB Extender
Untuk yang pertama adalah cara yang termudah yaitu dengan menambahkan kabel perpanjangan USB, dengan begitu modem bisa ditaruh diluar ruangan atau diatas agar tidak terhalang bangunan. Cara ini bisa diterapkan jika jarak BTS tidak terlalu jauh, namun sinyal kurang atau hilang timbul saja.
3. Menggunakan Antena kaleng, tutup panci, mangkok besi dan sejenisnya
Kaleng bekas susu, roti, sarden atau tutup panci bisa juga kita manfaatkan untuk menguatkan sinyal. Caranya adalah dengan membuatkan lubang yang pas di bagian samping kaleng seukuran modem sedangkan untuk tutup panci kita bisa meletakkannya ditengah. Selanjutnya modem dihubungkan dengan kabel USB dan antena diarahkan ke BTS terdekat.
4. Menggunakan Antena Wajan bolic
Cara yang ketiga ini cukup bagus untuk menguatkan sinyal modem, karena wajan bolic ini mampu menguatkan sinyal meski jaraknya cukup jauh. Dengan begitu signal yang didapatkan akan jauh lebih baik dibanding dengan kedua cara sebelumnya. Untuk membuatnya silahkan lihat postingan sebelumnya mengenai Merakit antena wajan bolic modem USB.
5. Menggunakan Antena Grid
Antena jenis ini memang bisa beli dibeberapa situs online. Karena kualitas yang sangat bagus dan mampu menaikkan signal meski jaraknya cukup jauh dengan BTS. Namun antena harus dipasang setinggi mungkin untuk menhasilkan signal maksimum.

Dari beberapa cara diatas manakah yang anda pilih, itu terserah anda. Semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memperkuat Sinyal Modem USB GSM yang lemah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.