Cara Mengetahui Arah Satelit Parabola Dengan Mudah

Pada saat hendak memasang antena parabola atau sedang menentukan arah antena parabola, terkadang kita dibuat bingung. Apalagi daerah yang kita pasang antena parabola belum kita kenal. Untuk itulah pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi tips tentang bagaimana cara paling mudah untuk mengetahui arah satelit parabola.

Di Indonesia sendiri banyak sekali satelit yang bisa kita lock mulai dari timur sampai barat. Baik itu frekwensi C band maupun Ku Band. Meski terkadang kita sudah tahu kalau arah satelit yang hendak kita lock. Akan tetapi jika seandainya kita memasang ditempat lain belum tentu akan semudah dengan daerah yang sudah kita kenali areanya. Maka dari itu berikut beberapa tips buat anda yang hendak menentukan arah parabola:

Menggunakan kompas
menggunakan kompas
Kompas selain untuk menentukan arah Utara, Selatan, Timur dan Barat juga bisa kita gunakan sebagai alat untuk menentukan arah parabola. Caranya adalah dengan meletakkan kompas tepat dibawah tiang parabola kemudian kita perhatikan jarum akan menunjukkan arah utara magnet. Berarti sebelah kanan adalah timur dan kiri adalah barat. Untuk selanjutnya kita bisa mengarahkan dish ke satelit yang hendak kita tuju. Misalnya satelit Palapa 113 derajat, yang berarti mengarah sedikit condong ke timur. Tinggal kita masukkan frekwensi terkuat dan bersiap untuk tracking.

Menggunakan google satelitte/ Maps
Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuka google map/ satelit baik untuk komputer/ laptop maupun menggunakan Smartphone Android. Biasanya pada android sudah ada google maps, tinggal kita buka saja dan cari lokasi kita, maka disitu akan terlihat posisi daerah kita beserta arah, latitude dan longitude. Selanjutnya bagi pengguna laptop/ komputer cobalah tips mudah berikut dengan mengunjungi satelitte finder yaitu www.dishpointer.com. 

menggunakan google satelit
Setelah mengunjunginya maka Anda tinggal mengetikkan lokasi kemudian pilih satelit yang akan dilock. Setelah itu baru klik Go, maka secara otomatis kita akan mendapatkan informasi mengenai 
  • Arah satelit
  • Latitude
  • Longitude
  • Sudut elevasi
  • Azimuth 
  • LNB Skew
Sehingga akan lebih memudahkan anda dalam menentukan arah parabola dalam tracking satelit. Mungkin itulah cara paling mudah. Bila dilain waktu ada info yang lebih menarik tentu akan segera diupdate. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

16 Komentar Untuk "Cara Mengetahui Arah Satelit Parabola Dengan Mudah"

  1. Asslamalkm MIN, sy ini awam dgn parabola baru mw coba-coba tracking di Satellite Finder / Dish Alignment Calculator with Google Maps, cuma sy belum terlalu paham dgn keterangannya yg ada bisa gak MIN dijelasin seperti dibawah ini :
    - Latitude
    - Longitude
    - Elevation
    - Azimuth (true)
    - Azimuth (magn)
    - LNB Skew

    ReplyDelete
  2. Coba cari tahu di wikipedia search engine dah banyak info tentang itu, itu adalah titik koordinat sesuai dengan daerah yang dipilih. derajat kemiringan , Kemiringan LNB, sudut elevasi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Infonya keren, terimakasih Mas ..
    tapi saya masih kurang paham dengan keterangan yang ada di web dishpointer, meski saya sudah mendapatkan koordinat lokasi rumah. sebenarnya apakah ada rumus tertentu untuk menghitung kemiringan parabola?
    dlu saya beli parabola skalian pasang dan instalasinya oleh tukangnya, terima jadi gitu lah. Tapi bbrp hari yll tiba-tiba no signal dan no satelit. Akhirnya saya utak atik sendiri.
    tadinya saya set ke setingan pabrik, tp cuma dapet palapa dan telkom itu pun ngga sepenuhnya ada gambar.
    Sambil browsing sana sini buat cari tau gimana caranya, ternyata minim info buat pemula, apalagi yg masih awam seperti saya.

    Berbekal info koordinat satelit yg saya temukan dr internet akhirnya semalam saya coba-coba buat cari satelit.
    Untuk pergerakan parabola saya sudah ada rotator. LNB cuma 1. walau pas diawal bingung juga cara pakainya. baru setelah beberapa kali coba tambah satelit, pilih ini itu di menu lalu baru sadar kalo harus gerakin arah parabola hehe.. Lalu di menu saya pilih yg DiseqC 1.2 (buat milih menu itu pun setelah berjam-jam browsing di internet mencari petunjuk)

    Yang bikin saya bingung, pas saya set Palapa dan di display positioner saya menunjukkan angka 113⁰ setelah saya blind search saya malah dapat channel-channel tv yang biasanya ada di chinasat 6A.
    Lalu saya coba-coba tiap derajatnya (mungkin ini yg disebut dg istilah tracking ya? ) akhirnya saya bisa temukan:
    - Palapa ada di point 101. Selanjutnya saya coba track lagi dan dapat
    - Telkom di point 75
    Pas saya coba cari satelit lagi, entah dapat satelit apa namanya cuma dapat 5 channel india yg salah satu nama channelnya bernama "Rang"

    Pencarian belum saya lanjutkan lagi (udah subuh). Channel seperti lotus, TVB8,dll yg biasa di asiasat 3 blm bisa saya temukan. kira-kira ada di point berapa ya Mas?
    Dan jika balik lagi ke www.dishpointer.com tadi saya tetep masih kurang paham dengan data-data yang tertampil disitu setelah saya masukkan koordinat tempat.

    hasilnya dari www.dishpointer.com seperti ini untuk
    #Palapa
    Elevation: 80.8°
    Azimuth (true): 15.6°
    Azimuth (magn.): 14.4°
    LNB Skew [?]: 15.5°

    #Telkom
    Elevation: 80.5°
    Azimuth (true): 338.9°
    Azimuth (magn.): 337.7°
    LNB Skew [?]: -20.9°

    ReplyDelete
  4. Elevation = sudut yang dibentuk dari arah horizontal dengan pandangan arah mata kita keatas
    Azimuth = sudut putar dari barat ke timur
    LNB Skew = sudut putar LNB

    Jadi tinggal dihitung dengan posisi titik koordinat (longitude/ latitude) lokasi anda sekarang.
    Arah parabola barat/ketimur = latitude - derajat satelit
    Kemiringan arah Utara = elevation.

    ReplyDelete
  5. apa sudut azimuth itu penting buat tracking parabola???

    ReplyDelete
  6. sudut azimut sebagai keterangan untuk mempermudah saat tracking, tapi kalau ndak tahu juga gk masalah menurut saya, yang penting saat tracking dapat sinyal dari satelit yang dilock

    ReplyDelete
  7. masih kurang paham mas
    tapi thanks infonya mantap dan bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Mlm gan mhon bantuan ny buat pemula mau tracking sat pake disk ok vision,kemaren ak dah lock sat chinasat 11 ku band skrg masih nyari thaicom 5 dah hampir 2 jam gak dapet juga

    ReplyDelete
  9. dish turunkan dari chinasat gan, trus pastikan posisi LNB berada pada titik fokusnya, sebab kalau kurang pas masangnya sinyal minim tidak akan terlock

    ReplyDelete
  10. maaf,min,saya belum tahu alias awam banget tentang parabola,saya coba beli resiver goldsat rose,pake lnb ku band,dish bekas k vision,ko ga ada sinyal ya,tolong pecerhannya ,bandung jabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mas cari di daftar isi mengenai pemasangan / instalasi LNB ku band. soalnya klo dijelaskan terlalu panjang

      Delete
  11. Mlm gan. Mau tanya..
    Kalo Azimut, Elevasi & polarisasi ke arah telkom 1. Di banjarmasin berapa ya gan ?.

    Vsat

    ReplyDelete
  12. COba mas baca lagi step diatas, untuk mengetahuinya.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.