Penyebab Hardisk Laptop Rusak, Tidak terbaca dan Bad Sector

Hardisk merupakan media penyimpanan yang penting pada perangkat komputer maupun laptop. Dengan adanya hardware inilah file atau data yang kita kerjakan tersimpan. Lalu bagaimana jika hardisk pada laptop yang kita gunakan tersebut rusak, tidak terbaca lagi atau bad sector?. Jika hal ini terjadi pada laptop anda, Apa yang akan anda lakukan? Apakah akan memperbaikinya terlebih dahulu atau langsung menggantinya. Apalagi jika didalamnya banyak terdapat banyak file penting yang kita butuhkan.

Pada umumnya hardisk laptop sekarang ini memiliki kapasitas 160 GB hingga 1TB. Namun yang paling banyak digunakan untuk jenis laptop baru adalah 500GB dan 1Tera. Kadangkala belum lama kita membeli sebuah laptop, tiba-tiba HDD sudah rusak. Padahal belum begitu banyak file didalamnya. Oleh sebab itu akan saya share mengenai penyebab yang sering terjadi kenapa Hardisk cepat rusak.
Penyebab Hardisk Laptop Rusak, Tidak terbaca dan Bad Sector

Penyebab Hardisk Laptop Rusak, Tidak Terbaca dan Bad Sector

  • Sering digunakan untuk memainkan game berat, hal ini bisa saja menyebabkan hardisk cepat rusak. Apalagi spesifikasi laptop tidak cocok untuk main game.
  • Sering digunakan untuk memutar file video dan musik sambil menjalankan aplikasi lain. Mengenai yang satu ini memang paling sering dilakukan bagi para pengguna laptop maupun PC. Ini juga bisa memicu terjadinya bad sector atau tidak terdeteksinya hardisk.
  • Mematikan laptop secara paksa. Jelas ini tidak dibenarkan, karena menghentikan kerja hardisk secara paksa sudah tentu menyebabkan hardisk mudah rusak
  • Terjatuh atau tertindih benda berat. Jika laptop sering terjatuh atau terhimpit oleh tas yang anda pakai, maka jangan heran jika ini akan memicu kerusakan hardisk
  • Jarang merawat hardisk, seperti melakukan defragment, membuang file sampah dan sebagainya.
  • Sering menginstall dan uninstall software. Entah karena banyak virus atau karena sebab lain. yang jelas seringnya install Sistem operasi atau aplikasi juga bisa menyebabkan kerusakan.
  • Hardisk terlalu penuh, Jika anda menyimpan file-file besar didalam HDD, jika sudah ada tanda merah sebaiknya dihapus atau dipindahkan saja. karena hal ini bisa memberatkan kerja hardisk.
  • Arus yang kurang stabil pada hardisk, mengenai hal ini biasanya adanya faktor internal laptop yang mulai menurun kualitasnya.
Jika memang hardisk sudah rusak tidak terbaca atau bad sector, cara paling mudah memperbaikinya adalah dengan menggantinya dengan yang masih bagus, namun hal ini akan membuat seluruh data yang ada akan hilang jika sebelumnya tidak ada backup. Untuk cara memasangnya bisa anda lihat tentang cara memasang hardisk sata internal. Mungkin itulah penyebab yang sering terjadi menurut pendapat saya, untuk itu rajin-rajinlah merawat laptop dan hardisk anda agar hal semacam ini bisa diminimalisir atau dihindari. baca juga cara agar laptop tetap awet dan tahan lama

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penyebab Hardisk Laptop Rusak, Tidak terbaca dan Bad Sector"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.