Cara Memasang Hardisk SATA Internal Laptop

Semua data, aplikasi yang terinstall atau file yang sudah kita buat akan tersimpan pada hardisk internal. Itulah mengapa jika hardisk ini rusak, semua data didalamnya akan hilang. Sebagai memori penyimpanan hardisk memiliki peranan penting didalam laptop. Karena dengan perangkat inilah Sistem Operasi disimpan dan berjalan. Untuk itu jika alat ini tidak ada  Laptop atau komputer tidak bisa booting. Lalu bagaimana cara mengganti atau memasangnya jika hardisk tidak bisa dipakai lagi?

Sebelum kita membahasnya, perlu kita tahu bahwa hardisk SATA merupakan memori penyimpanan internal yang ada pada PC atau Laptop. Perangkat ini memiliki kapasitas dalam ukuran bytes. Saat ini kapasitas memori yang sering dipakai adalah 250GB, 500GB dan 1 TB. Semakin besar kapasitasnya tentu semakin mahal harganya. Untuk itu berikut cara menggantinya.
  1. Bongkar bagian belakang laptop yang berisi hardisk, biasanya ada 1-2 baut. Namun ada juga yang harus membongkar keseluruhan casing. Seperti pada laptop mini (notebook). 
  2. Selanjutnya bongkar juga baut pengunci hardisk SATA. biasanya ada 1 kadang juga 2.
  3. Yang terakhir adalah menarik mundur hardisk tersebut, biasanya ada lapisan plastik untuk menariknya.
Setelah proses pencopotan selesai, maka tahap selanjutnya adalah memasangnya kembali dengan hardisk yang masih bagus atau baru. Untuk itu berikut adalah tahapnya
  1. Pada hardisk lama biasanya ada lapisan besi pengait atau selongsongnya. Untuk itu copot dahulu, biasanya dibaut dari samping.
  2. Kemudian pasang selongsong/ pengaitnya pada hardisk yang baru atau yang akan dipasang.
  3. Setelah itu pasang kembali hardisk pada konektor atau socket sata yang ada pada laptop.
  4. Setelah itu baut kembali seperti semula.
Memang cara ini akan terasa mudah bagi yang sudah terbiasa memasangnya. Akan tetapi bagi pemula tentu akan bingung dan timbul pertanyaan, dimana letak hardisk laptopnya, bagaimana cara membongkarnya, Lalu bagaimana cara memasangnya. 

Setelah hardisk terpasang langkah selanjutnya adalah menginstallnya. Mungkin sampai disini dulu, lain waktu dilanjutkan lagi dan semoga bermanfaat. Baca juga Penyebab hardisk laptop rusak.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memasang Hardisk SATA Internal Laptop"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.