20 Cara Agar Laptop tetap awet dan tahan lama

Membeli laptop dengan harga yang lebih mahal bukanlah menjadi patokan agar tetap awet dan tahan lama, akan tetapi bagaimana cara menggunakan dan merawatnya adalah hal terpenting bagi pengguna laptop biar bisa bertahan lama. Namun seiring dengan berkembangnya dunia tekhnologi, tidak mungkin laptop jadul akan terus dipakai, apalagi banyak bermunculan Sistem Operasi dan Software baru yang dibuat untuk laptop dengan spesifikasi yang lebih bagus. Jadi pada dasarnya penggunaan laptop maksimum berkisar 5 tahunan. Tapi kadang kala belum sampai lima tahun sudah rusak atau tidak bisa dipakai lagi, oleh sebab itu berikut ini beberapa tips dan trik biar laptop tetap awet dan tahan lama.

Memilih Tipe dan merk

Saat kita hendak membeli laptop alangkah baiknya dicek terlebih dahulu tipe dan merk  yang terkenal awet, misalnya merk Acer, Toshiba, Fujitsu, Compaq dan merk terkenal lainnya. Namun dizaman sekarang ini banyak juga merk terkenal tapi dalamnya campur-campur. Untuk itu harus lebih teliti saat membelinya. Karena banyak pasar gelap yang beredar disekitar kita yang menawarkan laptop bermerk dengan harga jauh lebih murah. 

20 Cara Agar Laptop tetap awet dan tahan lama

Spesifikasi Laptop

Hal ini juga sangat penting mengingat banyaknya OS dan program aplikasi yang bertebaran disekitar kita, jadi hendaknya memilih spesifikasi yang bagus namun sesuai dengan kantong kita. Misalkan laptop yang kita beli digunakan untuk belajar ya cukup yang standar saja misalnya kalau sekarang ada Intel Core i3, i5 atau i7 atau yang menggunakan Prosesor jenis AMD. Disamping itu perlu kita cek Hardisk dan RAM yang di tanam didalamnya. Biasanya yang standar minimal skitar 500GB HDD, 2GB RAM. Jika lebih dari itu justru akan lebih bagus.

windows 8

Cara merawat laptop

Setelah kita memilih dan membelinya, hal yang paling penting adalah merawat dan menjaganya biar tetap awet dan bisa bertahan lama. Apalagi jika masih baru belajar, tentu butuh banyak bimbingan sebelum menggunakannya. Berikut ada beberapa tips bagaimana merawat laptop biar awet versi masputz.com :
  1. Segera matikan laptop Sebelum baterai akan low. hal ini bertujuan agar baterai laptop tidak cepat soak atau aus, karena biasanya disinilah para pengguna laptop tidak menyadarinya.
  2. Install Aplikasi sesuai dengan kebutuhan saja agar saat digunakan tidak memakan banyak ruang di RAM (Random Access Memory) dan hardisk serta tidak memicu kerja prosesor secara berlebihan.
  3. Hindari Penggunaan laptop secara terus menerus (nonstop), sebab bisa menyebabkan laptop akan cepat panas, kemudian dipemakaian berikutnya dipakai sebentar saja laptop sudah panas.
  4. Jangan menggunakan laptop di dekat bayi dibawah 3 tahun, hal ini bisa memicu sang bayi untuk mendekat dan mengobrak abrik si laptop (soalnya saya pernah kejadian hehe)
  5. Tidak mendekatkan benda cair di dekat laptop, karena dikhawatirkan cairan tersebut tumpah dan mengenai laptop.
  6. Jika lama tidak dipakai usahakan dalam sebulan paling tidak laptop dicharge (dicas), biar baterai tidak soak dan mengurangi lembab di mesin.
  7. Sebaiknya gunakan pendingin atau kipas external, agar laptop tetap dingin.
  8. Pakai aturan yang benar mengenai cara mematikan laptop, cara menghidupkan atau cara menutup program aplikasi di laptop, biar si lepi tidak cepet hang atau bengong.
  9. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi di laptop, agar tidak memaksa si RAM dan prosesor untuk bekerja keras
  10. Gunakan Penutup keyboard bila malas membersihkan keyboard, agar tidak banyak debu yang masuk.
  11. Jika digunakan untuk menjelajah di Internet, jangan salah mengklik saat download, karena kebanyakan adalah jebakan batman alias software instaler, seperti plugin browser, software utility yang pada akhirnya meminta key. sehingga hanya membebani laptop saja, apakah anda pernah? jika ya sebaiknya uninstall saja program tersebut.
  12. Jangan menaruh barang diatas laptop terutama yang lebih berat ketimbang si laptop.
  13. Jangan memasukkan laptop dalam tas yang sempit atau terlalu penuh, sehingga laptop terhimpit.
  14. Sebaiknya jangan menggunakan charger yang bukan aslinya, sebab tegangan/ Arus pada charger terkadang berbeda sehingga kebutuhan daya bisa lebih tinggi atau kurang. Hal ini yang sering juga dilakukan para pengguna laptop.
  15. Jangan lupa instal software utility yang penting, misalnya anti virus, pc cleaner, winrar dll. agar Laptop tetap fresh.
  16. Sering-sering dibersihkan jika banyak debu yang melekat.
  17. Usahakan atur brightness pada laptop yang standar saja. Disamping mengurangi silau juga agak menghemat baterai.
  18. Jika ada perangkat terhubung yang tidak dipakai sebaiknya di eject saja. yang penting gak asal cabut, biar tidak crash.
  19. Jangan memasukkan CD yang sudah banyak goresan, kotor atau rusak agar tidak memicu kerja optic secara berlebihan.
  20. Yang terakhir jangan dibanting atau dimandikan, sebab itu bisa memicu kemarahan si pemilik laptop pastinya. ya kan?
Dari cara diatas semoga bisa membantu anda dalam merawat agar laptop tetap awet dan tahan lama, jika ada yang lain silahkan isi dikolom komentar, terimakasih.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "20 Cara Agar Laptop tetap awet dan tahan lama"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.