Copot Smart Card Receiver Matrix Bola Jika Gambar Sering Putus

Bagi pengguna TV satelit yang ingin nonton piala dunia FIFA tahun 2010 bisa dengan membeli receiver bola dari brand matrix. Berbeda dengan tahuan 2014 kemarin hak siar di Indonesia di pegang oleh K-vision dan Viva +, yang bisa diisi voucher setelah ajang piala dunia. Sedangkan untuk matrix bola maupun soccer tentu hanya sekali pakai saja, setelah ajang world cup 2006/ 2010 tentu receiver akan berfungsi seperti receiver FTA. Namun kemarin saya sempat menemui jenis receiver tersebut di salah satu tetangga jauh dan hanya digunakan untuk lock satelit palapa dan telkom. Saat itu memang saya diminta untuk memperbaiki TV parabolanya. Katanya sinyalnya sering hilang timbul, putus-putus seperti mutar CD rusak. Padahal sebelumnya sudah diganti LNB baru oleh teknisi sebelumnya, namun belum kelar juga. Akhirnya saya memulainya dengan menghidupkan TV dan receiver. Saat informasi sinyal beberapa channel baik di palapa maun telkom memang sedikit naik turun. Sedangkan gambar terlihat seperti memutar DVD rusak. Atau kekurangan sinyal, padahal sinyal masih bagus. 


Karena teknisi sebelumnya sudah otak atik parabola sampai LNB. Akhirnya saya ganti ngecek receiver saja. Caranya adalah dengan mencoba menggunakan receiver lain yang saya anggap masih bagus. Setelah rx tersebut terpasang dan dihidupkan ternyata gambar tidak ada masalah alias normal saja. Berarti kerusakan bukan pada antena parabola tetapi pada receiver (pikir saya). Untuk langkah selanjutnya adalah membongkar receiver matrix bola.

Copot Smart Card Receiver Matrix Bola Jika Gambar Sering Putus
Mencopot smart card
Setelah selesai membongkar casing receiver matrix bola. Saya dapati sebuah smart card unik terpasang dirangkaian receiver digital. Pada jenis receiver FTA yang lain saya belum pernah menemukan jenis rangkaian seperti ini. Untuk itulah saya beranikan diri untuk mencopot smart card tersebut dari rangkaian receiver matrix bola tersebut. Setelah itu receiver kembali saya hubungkan ke antena parabola dan TV, lalu dihidupkan. Ternyata gambar bisa normal kembali seperti sebelumnya.

Setelah Smart Card Di copot
Setelah dicopot
Jadi kemungkinan kerusakan disebabkan karena smart card tersebut rusak attau memberikan kode enkripsi yang tidak tepat pada setiap channel. Karena dari info yang saya dapat rangkaian tersebut digunakan untuk membuka jenis acakan saat ajang piala dunia 2010. Setelah ajang tersebut selesai sebaiknya dicopot saja jika ada yang mengalami masalah seperti diatas.
Baca juga cara mengatasi receiver parabola cepat panas
Itulah sedikit share dari masputz.com kali, mohon maaf jika gambar agak buram, maklum saja saat njepret tidak bawa kamera digital. Sementara HP saya masih jadul banget. Untuk itu mohon maaf, semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Copot Smart Card Receiver Matrix Bola Jika Gambar Sering Putus"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.