Mengatasi Receiver (Decoder) Parabola yang Cepat Panas

Beberapa receiver digital parabola memang saat sedang digunakan mudah sekali panas. Padahal rx tersebut masih baru dan belum pernah dipakai sebelumnya. Hal inilah yang kadang membuat setiap orang khawatir, jangan-jangan ada yang bermasalah. Tapi menurut saya itu adalah hal yang wajar pada beberapa merk decoder parabola. Seperti Matrix Starlink V HD Ethernet saat digunakan selalu cepat panas, dan ini saya buktikan dengan mengamati milik teman-teman atau saat saya membelikan orang lain. Mungkin memang seperti itulah kenyataannya. Selain itu panas juga pernah dialami oleh si gadmecom HD milik rekan disekitar sini. lihat juga daftar harga receiver parabola terbaru.

Mungkin itu adalah hal yang normal-normal saja pikir saya. Karena banyak beberapa teman yang merasa takut jika receivernya bermasalah. Akhirnya saya sarankan untuk menambahkan kipas external yang biasa dipakai untuk mendinginkan laptop saat bekerja. Dan memang benar setelah menggunakan kipas external tersebut, receiver digital jadi lebih dingin dan tidak panas lagi.
Cara memasangnya juga cukup mudah, yaitu dengan meletakkan kipas tersebut dibagian bawah receiver. kemudian kita colokkan kabel catu daya ke USB yang tersedia pada decoder satelit tersebut. Atau jika tidak ada kita bisa mengakalinya dengan menghubungkannya ke bekas charger HP yang ada ada colok USB nya. Jadi dengan begitu mesin receiver akan tetap dingin meski dipakai dalam waktu yang lama. 

Hal ini sebenarnya juga bisa terapkan pada perangkat elektronik lainnya yang mudah panas, seperti DVD player, Tablet, equalizer dan sebagainya.

Selain cara diatas, tentu kita bisa menambahkan kipas internal. Yaitu dengan menambahkan kipas ke dalam receiver. caranya juga sama saja sebenarnya. Namun biar lebih aman maka kita bisa menambahkan power suppy sendiri, agar tidak menggangu kinerja receiver parabola. Bisa dengan adaptor pakai trafo atau memanfaatkan charger HP tadi untuk dimasukkan juga kedalamnya. Hal ini juga akan terlihat lebih simple, akan tetapi jika belum pernah mempraktekkannya. sebaiknya tanyakan dulu kepada yang lebih ahli tentang cara memasang kipas internal ini. Jangan lupa lihat mengatasi remote asli receiver parabola yang rusak

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Mengatasi Receiver (Decoder) Parabola yang Cepat Panas"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.