Cara Mengganti dan Memasang SDRAM pada Laptop

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat penting yang harus ada pada laptop maupun komputer. Karena dengan alat satu inilah perintah kita sementara tersimpan. Jadi jika RAM ini rusak maka laptop tidak akan bisa bekerja sama sekali, dan mengakibatkan laptop cuma stanby saja, tanpa ada tanda-tanda dilayar. Untuk itu jika komponen ini rusak, harus segera diganti. Nah cara menggantinya juga cukup mudah, yaitu dengan membongkat penutupnya kemudian dipasang dan selesai. Jenis SDRAM ini ada beberapa tipe, seperti DDR1 (Double Date Rate Type 1), DDR2, DDR3 dengan kapasitas 128MB, 512MB, 1GB, 2GB,4GB,16GB dan sebagainya.

Memang tidak terlalu sulit jika kita sudah pernah dan tahu cara memasangnya. Tapi jika belum pernah, maka akan bisa berakibat fatal, karena sedikit saja ada komponen kecil yang lepas atau tergores, maka RAM tidak akan berfungsi. Oleh sebab itu perlu hati-hati dalam memasangnya. 
Cara mengganti dan memasang SDRAM pada Laptop
  • Bongkar penutup SDRAM biasanya ada disebaliknya, dengan 1 atau 2 buah baut. Namun ada juga yang harus membongkar seluruh casingnya, seperti laptop mini atau terkadang beberpa merk seperti Advan, HP dan axioo harus membongkar total di bagian mother board untuk memasangnya.
  • Renggangkan pengunci (pengait) disebelah kiri dan kanan. Saat direnggangkan Naikkan sedikit (sekitar 30 derajat) dan tarik.
  • Sampai disini kita sudah mencopot SD RAM dari socketnya.
  • Ambil RAM yang masih bagus dan pasang, caranya adalah dengan memasukkan kedalam socket pelan pelan, agak sedikit miring 30 derajat dan tekan kedalam lalu turunkan hingga pengait menguncinya.
  • Sampai disini RAM sudah terpasang, kemudian coba hidupkan laptop. Jika sudah menyala maka langkah terakhir adalah menutupnya kembali.
Sangat mudah bukan, Tapi jika tidak tahu teorinya mungkin kita akan kebingungan, bagaimanakah cara mencopotnya. Karena yang kita lihat cuma di colokkan saja ke socketnya. Padahal disebelah kiri dan kanannya ada pengait yang mengunci SDRAM tersebut biar tidak copot. Untuk itu silahkan dipraktekkan sendiri, semoga berhasil. Lihat juga Penyebab laptop nyala tanpa ada gambar

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengganti dan Memasang SDRAM pada Laptop"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.