Cara Memasang Pompa Air Yang Jauh Dari Sumur

Memasang pompa air sebenarnya tidak butuh banyak berpikir mengenai caranya, karena yang kita butuhkan adalah kerja otot kita untuk memasang kabel, paralon penyedot, selang dan sebagainya, apalagi lokasi air yang akan disedot sangat jauh, maka butuh kerja keras untuk memasangnya. Jadi yang terpenting adalah bagaimana agar air didalam sumur bisa sampai ke Bak mandi atau kerumah kita dengan kencang, itu saja. Oleh sebab itu bagi amatiran seperti saya, tentu hal ini cukup mudah. Kemudian adalah tidak malas untuk mengerjakannya.

Perlu kita tahu bahwa pompa air banyak sekali macamnya, hal ini sesuai dengan kemampuan daya hisapnya. Semakin kuat daya hisap, maka semakin bagus kualitasnya. Namun kebutuhan arus listrik juga besar. Untuk merk di Indonesia ini sudah banyak sekali seperti simizhu, sanyo, Hitachi, Wasser, Kenmaster, Tsurumi dan sebagainya. Selengkapnya lihat pada Harga pompa air berbagai merk terbaru. Selanjutnya adalah pemasangannya, untuk itu berikut tipsnya.
Cara memasang Pompa air
1. Persiapkan alat dan bahan pemasangan seperti
  • Pipa Paralon 1 inch dan 3/4 inc secukupnya/ sesuai kebutuhan.
  • Siltip
  • Lem Paralon
  • Elbo 1 dan 3/4 inchi
  • Sambungan dengan Drat
  • Saringan 1 inch
  • Kabel NYM atau sejenisnya dengan diameter minimal 2,5 mm.
  • Saklar atau Steker
  • Selang air 3/4
  • Paku 2 -3 inc
  • Kayu balok
  • Seng untuk menutup pompa air.
  • dan peralatan tempur lainnya.
2. Memasang Sambungan drat pada penghisap pompa air, pada lubang air keluar, dan juga pada bagian bawah paralon penghisap untuk memasang saringan. Jangan lupa diberi siltip sebelumnya biar kuat dan tidak bocor.

3. Buatkan tempat untuk menempatkan pompa air, Karena jaraknya yang cukup jauh maka sebisa mungkin letakkan pompa air dekat sumur, biar daya hisapnya lebih kuat. Kita bisa menggunakan kayu balok kemudian kita pakukan pompa air disitu. Namun jika ingin lebih permanen maka kita bisa membuatkan tempatnya dengan batubata, dengan disemen. Kemudian buatkan juga payungnya biar tidak terkena air hujan. 

4. Memasang Saringan pada pipa paralon untuk penghisap, berikan siltip pada drat dahulu sebelum dipasang.

5. Pasang Elbo pada Pipa Penghisap untuk membelokkan paralon ke lubang pompa air. Berikan lem secukupnya sebelum dipasang dan tunggu biar kering agar tidak copot dan bocor.

6. Sementara menunggu kering kita bisa pasang pipa PVC untuk air keluar.

7. Pasangkan paralon penghisap pada elbo/ sambungan drat. Tapi sebelumnya naik turunkan dulu pipa kedalam air, sembari mengukur kedalaman yang dibutuhkan, juga mengisi air kedalam paralon.

8. Selanjutnya adalah menyambungkan Selang air tadi ke paralon air keluar. Kenapa pakai selang, koq bukan paralon?, Hal ini karena jaraknya yang jauh. Jadi biar lebih cepat dan tidak banyak belokan dan sambungan pipa, makanya untuk jarak yang cukup jauh kita bisa pakai selang air yang bagus. Untuk memperkuatnya kita bisa menggunakan pengikat dari besi seperti yang biasa digunakan untuk memasang selang pada kompor gas. Kalau tidak ada yang pakai karet ban saja, sekaligus biar agak ngirit hehe. meski sebenarnya tidak dianjurkan.

9. Kemudian adalah menyambungkan kabel ke pompa air dan saklar atau steker.
10. Setelah itu sambungkan selang ke Kamar mandi atau tempat yang diinginkan.

Dari tahapan diatas sebenarnya ini bukanlah cara yang baku untuk memasangnya. Bagian penting yang harus benar-benar kita perhatikan adalah saat memasang paralon penghisap, saringan dan pemasangan kabel untuk ke listrik. Hal ini karena pipa penghisap harus benar-benar kuat dan jangan sampai ada yang bocor. Oleh sebab itu tunggu kering dulu dibagian ini biar tidak copot atau terjadi kebocoran. Setelah semua siap, tinggal kita coba. Semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga cara Memperbaiki Pompa air Rusak dengan mudah

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memasang Pompa Air Yang Jauh Dari Sumur"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.