Cara Mereparasi TV Slim LG 21 In Stanby

TV Tabung CRT slim merk LG 21 in yang mati stanby ditandai dengan nyala lampu indikator merah saja saat dinyalakan. Hal ini menandakan adanya kerusakan pada rangkaian mesin TV. Gejala ini sebenarnya banyak sekali penyebabnya, salah satunya adalah gara-gara solderan retak akibat over head atau kepanasan pada mesin karena TV dinyalakan cukup lama. Selain itu adanya elco kering atau rusak juga bisa menjadikan TV stanby. 

Memang servis TV yang stanby ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab kemungkinan kerusakan yang terjadi itu kadangkala bisa dilihat secara kasat mata. Namun ada juga penyebab kerusakannya cukup sulit dan tidak terlihat. Untuk mengecek kerusakan tersebut bisa dengan dengan multimeter. Yaitu dengan cara TV diaktifkan dan kita cek tegangan pada masing-masing blok mesin TV. Cara ini cukup berbahaya, oleh sebab itu berikut sedikit pengalaman masputz.com kemarin saat mereparasi TV Slim LG mati stanby. 

Cara Mereparasi TV Slim LG 21 In Stanby
TV LG 21 in sudah normal kembali

Memperbaiki TV LG Stanby

Hal pertama yang sayalakukan adalah membuka casis TV, kemudian membongkar mesin TV tabung LG slim tersebut. 
membongkar casis tv
Setelah itu bersihkan mesin TV dengan kuas agar komponen TV terlihat bersih dan mudah untuk mengecek komponen yang rusak.
membersihkan mesin tv lg
Ternyata disitu saya temui ada bangkai cicak yang sudah kering dan gosong, akibat terkena sengatan arus listrik. Kemungkinan ini biang kerok yang menjadikan komponen mesin TV LG slim jadi rusak. Selanjutnya yang pertama kali saya cek adalah elco dibagian power supply atau blok regulator, driver horizontal, vertikal out, rangkaian protec dan seikitarnya. Nah kebetulan saya temui adanya elco yang agak menggelembung di bagian out power supply, dengan nilai 1000 uf/16 V. 
ada elco yang rusak
Langkah berikutnya adalah mengganti elco tersebut dengan yang masih bagus. Sampai disini TV tidak langsung saya hidupkan namun saya coba cari yang lain, siapa tahu ada kerusakan, dan ternyata ada beberapa solderan yang retak di bagian rangkaian protec dan rangkaian vertikal. Jadi saya solder ulang saja agar rapi kembali.
menyolder mesin tv
Setelah langkah diatas selesai langkah selanjutnya adalah memasang kembali kabel AC, degaussing, kabel speaker, switch channel dan kabel ke remote sensor+ indikator. TV LG tersebut kemudian diaktifkan dan ternyata TV sudah normal kembali. Langkah terakhir tentu tinggal kita pasang kembali casisnya seperti semula.

Demikianlah tips singkat mengenai pengalaman kemarin saat memperbaiki TV LG Slim mati stanby. Selain akibat elco soak dan solderan retak, tentu masih banyak lagi penyebab lainnya. Oleh sebab itu silahkan baca juga mengenai Penyebab TV mati stanby (protec).

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mereparasi TV Slim LG 21 In Stanby"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.