Gara - gara Solderan Retak TV LG Ultra Slim Jadi Stanby

TV LG Ultraslim yang admin service kali ini memiliki gejala stanby ketika dihidupkan, seperti pada kerusakan TV yang sebelumnya stanby ini memang sering kali terjadi pada TV yang dilengkapi dengan rangkaian protec, khususnya pada TV CRT layar datar atau biasa disebut slim. Stanby kali ini terjadi akibat solderan yang retak dibagian rangkaian vertikal TV LG tersebut, terutama pada bagian IC vertikal. Untuk IC vertikal TV LG Ultraslim rata-rata menggunakan tipe LA78141, LA78040, STV93028. Semua tipe IC tersebut memiliki 7 kaki, dan memiliki fungsi yang sama pada tiap kakinya. Hanya saja untuk 78040 biasanya banyak dipakai untuk TV CRT layar cembung. 

Kebetulan kemarin lagi memperbaiki TV LG Ultraslim yang stanby. Perlu kita tahu bahwa stanby banyak sekali penyebabnya. Bahkan disetiap rangkaian yang ada pada TV bisa menjadi pemicu terjadinya TV stanby. Mungkin karena bagian regulator, vertikal, horizontal, IC program, bahkan rangkaian audio. Hal ini karena pada setiap mesin TV LG dilengkapi dengan rangkaian protec, sehingga jika ada rangkaian bermasalah, baik itu tegangan drop, kelebihan tegangan, konslet, jalur putus, kelebihan beban dan sebagainya. Rangkaian protec akan bekerja dan TV akan stanby. Untuk itulah dalam menangani TV stanby butuh kesabaran dan ketelitian.
 
 TV LG Ultra Slim Jadi Stanby
Selanjutnya kasus saya ini adalah gara-gara solderan yang retak. Memang pertama kali saat kita memeriksa mesin TV adalah mengecek bagian komponen secara fisik dan solderan komponen pada PCB mesin TV. Nah yang paling sering adalah pada bagian Vertikal. Untuk itu pengecekan pertama ke arah tersebut. dan ternyata benar bagian vertikal terlihat agak gosong dan banyak solderan yang retak. Hal ini biasanya diakibatkan karena panas berlebih pada rangkaian tersebut, sehingga solderan akan menjadi lunak dan terjadi retakan. Untuk itu langkah memperbaikinya adlaah dengan menyoldernya kembali dengan rapi, artinya tidak belepotan, dan hasilnya bagus. Kalau saya biasanya saya bersihkan dulu bekas solderan yang retak pakai penyedot timah, setelah itu baru disolder ulang pakai timah yang baru. Setelah itu baru TV kita coba hidupkan kembali. Dan hasilnya TV LG Ultraslim kembali normaerti biasanya.

mesin tv lg
Mungkin itulah sedikit tips kali ini dalam memperbaiki solderan TV LG yang retak. Memang cukup simple sekali, namun jika kita tidak tahu penyebabnya tentu bisa membuat kita lebih rumit dalam memperbaikinya. Sedangkan untuk masalah stanby yang lain silahkan baca mengenai penyebab TV stanby - protec

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Gara - gara Solderan Retak TV LG Ultra Slim Jadi Stanby"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.