Jenis-jenis Resistor Simbol dan Gambarnya

Resistor merupakan salah satu komponen pasif dalam dunia elektronika, resistor berfungsi sebagai hambatan, satuannya adalah Ohm. Jenis - jenis resistor berdasar atas resistansinya dibagi atas dua macam, yaitu Resistor tetap dan tidak tetap. Resistor tetap (fixed resistor) memiliki nilai hambatan yang tetap, sedangkan resistor tidak tetap (variable resistor) memiliki nilai hambatan yang bisa berubah, baik itu dirubah secara manual maupun adanya faktor external yang mempengaruhi nilai resistor tersebut. Kegunaan dari resistor sendiri cukup banyak, karena berfungsi sebagai penghambat arus listrik, maka orang banyak menggunakannya sebagai saklar seperti LDR, sebagai pengatur nada, tegangan, frekwensi seperti potensio atau trimpot.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk resistor pun semakin ramping, hal ini dapat kita lihat pada rangkaian handphone, receiver digital, dvd player, laptop dan sebagainya. Untuk itu kita harus lebih teliti dalam menentukan jenis komponennya, karena seperti dioda, kapasitor maupun resistor pada HP kebanyakan memiliki ukuran dan bentuk yang sama, yang membedakan adalah warna, corak dan nilai yang tertera pada bodi komponen. 

Gambar Resistor


Simbol Resistor
Macam-macam Resistor
1. Resistor Tetap (Fixed Resistor)
  • Resistor Karbon (Carbon Film Resistor)
  • Resistor Kawat (Wire wound Resistor)
  • Resistor Keramik (Ceramic Resistor)
  • Resistor Metal Film (metal Film Resistor)
Lihat juga cara menghitung warna pada resistor 


2. Resistor Tidak Tetap
  • Potensio Meter
  • Trimer Potensio meter
  • LDR (Light Depending Resistor)
  • Resistor Suhu (NTC dan PTC)
Artkel terkait : Cara mengukur Potensio meter

Dari sekian banyak resistor mungkin yang sering kita lihat adalah jenis resistor karbon yang biasanya berwarna kecoklatan dengan 4 gelang warna. Kemudian resistor metal film yang berwarna biru dengan 5 gelang warna. Kedua resistor tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja untuk metal film memiliki nilai toleransi yang lebih rendah, sehingga jenis metal film lebih diunggulkan. Selain itu potensio meter juga sering kita jumpai pada pengatur nada pada speaker aktif atau pada mixer, equalizer dan sebagainya. Meski sekarang sudah banyak digantikan dengan model digital. Namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan sistem manual. Untuk komponen lainnya silahkan lihat pada komponen elektronika simbol dan fungsinya.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Jenis-jenis Resistor Simbol dan Gambarnya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.