Jenis - jenis Kartu Memori HP dan Penjelasannya

Jenis - jenis kartu memori sebenarnya sangat banyak sekali, namun yang digunakan untuk HP atau smartphone ada beberapa diantaranya adalah memori stick, MMC dan SD card. Kartu SD (SD Card) sendiri ada 3 jenis yaitu mini SD, Micro SD dan SDHC. Ketiga jenis memori tersebut memiliki ukuran (dimensi) yang berbeda. Sedangkan untuk kapasitasnya cukup bervariasi. Namun sebelum membahas mengenai jenisnya, mari kita ketahui dulu penjelasan berikut ini.

Apa Itu Kartu Memori?

Kartu memori adalah sebuah alat penyimpanan data digital yang memiliki kapasitas ukuran berdasarkan standar bit digital seperti 16MB, 32MB, 64MB, 128MB bahkan sampai 32GB. Yang jelas untuk ukuran kapasitas 2 kali lipat besarnya dari ukuran sebelumnya. Untuk itu berikut adalah urutan kapasitas pada kartu memori beradasarkan standar bit digital.
1T = 1000GB = 1000.000MB = 1000.000.000KB = 1000.000.000.000B

Jenis - jenis Kartu Memori HP dan Penjelasannya

Jenis - Jenis Kartu Memori HP

Seperti yang sudah disebutkan diatas, umumnya jenis kartu memori yang dipakai pada smartphone, handphone, tablet jaman sekarang ini adalah jenis kartu SD (SD Card). Untuk itu berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kartu memori pada HP.

1. Memori Stick

Jenis kartu memori stick ini pertama kali diperkenalkan oleh Sony yang kemudian dipatenkan untuk produk elektronik keluarannya. Makanya jenis memori ini banyak dipakai pada jenis handphone keluaran Sony. Memori stick ini ada dua jenis yaitu memori stick keluaran pertama dan memori stick micro M2. 

2. MMC

Multi Media Card (MMC) merupakan jenis kartu memori jaman dulu yang sering dipakai untuk jenis handphone nokia. Ukurannya yang relatif lebih besar membuat MMC saat ini jarang dipakai untuk penyimpanan external di HP. Memori MMC generasi terbarunya adalah RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card) yang memiliki ukuran lebih kecil dari sebelumnya. Namun memiliki kecepatan transfer data lebih cepat.

3. SD card

SD card atau Kartu SD merupakan jenis memori yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Jenis memori ini dimensinya lebih kecil, namun memiliki kapasitas dan kecepatan transfer data yang lebih baik. SD card sendiri ada 3 jenis, yaitu;

  • Mini SD
  • Micro SD/ Trans Flash
  • XD Card


Demikianlah uraian singkat mengenai jenis-jenis kartu memori dan penjelasannya, mudah-mudahan bermanfaat buat anda. Selanjutnya baca juga cara memperbaiki kartu memori yang rusak.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Jenis - jenis Kartu Memori HP dan Penjelasannya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.