Bagaimana Cara Internetan Via Satelit Parabola?

Beberapa rekan kemarin banyak yang bertanya tentang bagaimana cara internetan via satelit secara gratis. Apakah bisa mengakses internet dengan menggunakan antena parabola?. Jika anda juga bertanya mengenai hal itu, tentu jawabannya bisa. Hanya saja ada beberapa opsi yang bisa dipilih agar bisa internetan melalui jalur satelit ini.

Cara Internetan Via Satelit

Disini masputz.com akan share dua cara yang umum digunakan para pengguna internet via satelit, cara ini ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar. Oleh sebab itu berikut adalah ulasannya.

Grabbing


Internet Grabbing

Yang pertama melalui grabbing, yakni proses download data internet yang terbawa dalam sinyal satelit. Untuk bisa melakukan proses grabbing kita membutuhkan peralatan seperti DVB card, Komputer/ Laptop, Antena Parabola lengkap. Cara ini bisa dikatakan internetan gratis, namun akses yang bisa dilakukan hanya bisa mendownload data saja. Itupun data yang sudah terbawa oleh pengguna lain yang mengakses internet melalui jalur satelit. Jadi kita tidak bisa mengakses secara bebas jika menggunakan metode pertama ini.

Internet VSAT

internet Vsat

VSAT (Very Small Averture Terminal) adalah terminal satelit dengan diameter antena mini yang dihubungkan dengan HUB dalam suatu topologi jaringan, dan dapat berkomunikasi diantara para terminal. Internetan via VSAT ini tergolong mahal, jadi untuk bisa internetan melalui VSAT tentu harus berlangganan ke penyedia layanan internet VSAT. Sebenarnya di Indonesia sudah ada beberapa provider VSAT atau penyedia layanan jasa internet via satelit. Beberapa diantaranya menawarkan akses internet paling cepat. Namun yang perlu diketahui juga bahwa akses internet melalui satelit ini kebanyakan juga dibatasi oleh kuota. Kalau saya sendiri menilai harga untuk berlangganan internet satelit ini lebih mahal dibanding kita berlangganan melalui jaringan kabel atau jaringan seluler. Perangkat yang dibutuhkan untuk bisa mengakses internet VSAT diantaranya;

  1. Modem Satelit
  2. Dish offset
  3. LNB (Low Noise Block)
  4. PC/ Laptop

Biasanya perangkat tersebut sudah disediakan oleh provider VSAT dan kebanyakan metode ini banyak dipilih oleh pengguna internet didaerah yang tidak terjangkau jaringan internet sama sekali. Seperti yang tinggal didaerah pedalaman, pelosok maupun dipegunungan.

Jadi, jika didaerah anda belum terjangkau jaringan internet dengan kecepatan tinggi, mungkin cara internetan via satelit parabola ini bisa menjadi pilihan. Namun anda juga harus mengeluarkan budget yang lumayan untuk berlangganan internet via satelit ini.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Bagaimana Cara Internetan Via Satelit Parabola?"

  1. Di kapal laut pake internet satelit, ditempat saya kerja untuk 220 Mb kena $2 dan 460 Mb kena $40. Memang mahal akses Internet via satelit dan kecepatannya jauh dibawah Internet didarat.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.