Mengenal DVB Card /USB dan Kegunaannya

DVB Card adalah singkatan dari Digital Video Broadcasting Card. Secara bahasa artinya  adalah Kartu Penyiaran Video Digital. Alat ini merupakan salah satu perangkat internal komputer yang bisa kita gunakan untuk menerima siaran dari TV Satelit, TV Kabel maupun Telestrial. Untuk Harganya sendiri berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan. Hal ini tentu tergantung dari jenisnya.

Selanjutnya untuk DVB sendiri dikembangkan berdasarkan latar belakang pentingnya sistem broadcasting yang bersifat terbuka (open system) yang ditunjang oleh kemampuan interoperability, fleksibilitas dan aspek komersial. DVB dapat memanfaatkan penggunaan bandwidth secara lebih efisien. Satu transponder satelit yang biasanya hanya dapat digunakan untuk satu program TV analog, dengan menggunakan DVB dapat digunakan untuk menyiarkan 8 kanal TV digital. Selain penambahan kapasitas kanal TV, pada media transmisi terestrial dapat diperoleh kualitas gambar yang lebih baik dan bahkan pada media kabel TV, DVB-C menawarkan layanan interaksi two-way.(http://www.elektroindonesia.com/elektro/assi0700.html)
Mengenal DVB Card dan kegunaannya
Nah berikut ini adalah jenis DVB Card yang banyak digunakan saat ini

DVB-S Card
Digital Video Broadcasting Satelitte (DVB-S) merupakan sebuah standar teknologi DVB untuk TV Satelit yang secara khusus menggambarkan modulasi dan sistem pengkodean saluran untuk TV satelit digital dan HDTV (High Definition Television). DVB-S Card sendiri merupakan perangkat peripheral komputer yang bisa kita gunakan untuk menyaksikan acara TV melalui satelit. Saat ini DVBS sudah muncul generasi kedua (DVB-S2) yang kompatibel dengan mpeg2 (Moving Pictures Experts Group 2) dan mpeg4. Selain untuk menyaksikan acara TV DVBS Card juga bisa digunakan untuk internetan via satelit atau biasa disebut dengan grabbing. Namun biasanya hanya terbatas download saja. Teknologi terbaru DVBS saat ini juga sudah bisa digunakan untuk membuka beberapa jenis enkripsi atau acakan TV satelit seperti untuk membuka codec 4:2:2 bisskey dan sebagainya. Sehingga hal ini memungkinkan penggunanya bisa menyaksikan acara TV berbayar via satelit.

DVB-T Card
Digital Video Broadcasting Telestrial merupakan ekstensi dari standar televisi DVB-T yang dirancang untuk mentransmisikan siaran TV telestrial seperti UHF/ VHF. Saat ini DVB-T juga sudah ada generasi keduanya yaitu DVB-T2 yang mampu membawa sinyal HDTV pada saluran telestrial. Sedangkan untuk DVB T Card sendiri juga merupakan perangkat peripheral pada komputer untuk menyaksikan siaran TV telestrial yang ada pada daerah tertentu. Sehingga alat ini hanya cocok digunakan untuk daerah yang menjangkau saluran TV telestrial.

Selain jenis tersebut sebenarnya masih ada DVB yang lain hanya saja kurang familiar di Indonesia seperti DVB-H (teknologi telepon pintar/smartphone) yang dikembangkan berdasarkan konvergensi layanan dari siaran televisi digital teresterial dan jaringan komunikasi bergerak. Hanya saja saya belum tahu apakah ada dalam bentuk perangkat peripheral atau tidak. Selain itu ada juga DVB-SH  dan DVB-C untuk TV kabel. 

Jadi intinya untuk jenis DVB Card adalah perangkat internal yang bisa kita tambahkan pada komputer karena untuk memasangnya harus dimasukkan ke dalam CPU seperti halnya LAN Card atau VGA Card, berbeda dengan DVB USB (Universal Serial Bus) yang cara pemasangannya hanya dihubungkan ke USB. Untuk itu jangan sampai salah antara Card dengan USB. Semoga dengan mengenal DVB card/ USB ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Mengenal DVB Card /USB dan Kegunaannya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.