Cara Merawat Baterai Smartphone Android Biar Awet

Merawat baterai smartphone android sebenarnya sanga mudah, yang membuat sulit adalah konsisten untuk tetap melakukan perawatan tersebut. Memang hal ini bisa saja dibilang sepele, karena pada dasarnya baterai hp android yang rusak bisa kita ganti dengan yang baru atau masih bagus. Namun bagi sebagian orang hal ini sangat perlu diperhatikan, apalagi jika jenis baterai pada smartphone tersebut sangat langka, bahkan jarang dijual dipasaran. Oleh sebab itu masputz.com akan share mengenai cara merawat baterai smartphone android yang baik dan benar, agar tetap awet dan bisa bertahan lama.

Cara Merawat Baterai Smartphone Android

Untuk tahapan awal sebaiknya anda harus mengetahui spesifikasi dari smartphone yang anda miliki, baik hardware maupun softwarenya. Selain itu anda juga harus familiar dengan cara penggunaannya. Sebab hal ini cukup berkaitan dengan perawatan khususnya pada baterai. Umumnya jenis baterai smartphone android yang digunakan adalah Li-ion. Untuk jenis lainnya bisa anda baca mengenai jenis-jenis baterai, fungsi dan penggunaannya. Untuk selanjutnya berikut adalah cara merawatnya;

Cara Merawat Baterai Smartphone Android Biar Awet

Mengatur Brightness

Mengatur pencahayaan atau brightness merupakan salah satu hal penting untuk menghemat baterai pada smartphone. Dengan mengatur brightness yang tidak terlalu terang tentu bisa membuat baterai bisa bertahan lama. Karena arus yang dikeluarkan untuk mensupply smartphone tidak terlalu dipaksakan. 

Gunakan aplikasi penghemat baterai

Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk bisa menghemat baterai. Contohnya seperti Baterry Saver atau Baterry booster. Aplikasi android ini akan berkerja otomatis untuk penghematan baterai, arus yang dikeluarkan oleh baterai smartphone diatur sesuai konfigurasi yang diinginkan. Sehingga baterai bisa lebih awet dan bertahan lebih lama. Baca juga Aplikasi android yang harus ada di HP anda.

Hindari Baterai Low

Saat menggunakan smartphone, anda harus menghindari battery low atau baterai lemah. Karena kalau sampai baterai kosong akan sulit untuk dicas ulang. Akibatnya baterai tidak bisa bertahan lebih lama lagi saat digunakan. Bahkan dibeberapa kasus baterai akan menjadi soak. Untuk itu hal ini wajib dihindari. Karena hampir kebanyakan rusaknya baterai adalah karena baterai low bat dan dibiarkan sampai kosong.

Hindari Mengisi baterai saat masih panas

Ketika menggunakan smartphone hingga baterai mau habis kemudian terasa panas pada baterai, sebaiknya dimatikan terlebih dahulu hingga baterai benar-benar dingin. Setelah itu barulah kita cas dalam keadaan smartphone tidak aktif. Hal ini yang perlu kita lakukan agar baterai tidak ngedrop dan tetap awet. Karena jika mengecas smartphone saat kondisi baterai over heat (panas) bisa mengakibatkan arus tidak tersimpan sempurna pada baterai. 

Gunakan aplikasi seperlunya saja

Aplikasi yang berjalan dibelakang background tentu bisa membuat kinerja smartphone terus di porsir. Sehingga kebutuhan daya juga harus lebih ditingkatkan. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka jengan heran jika baterai cepat habis. Oleh sebab itu hal ini harus dihindari demi merawat baterai smartphone android anda. Untuk itu baca juga 5 aplikasi yang perlu anda hapus di android

Jangan digunakan sambil di cas

Ini adalah hal yang wajib anda lakukan, Karena kebanyakan kasus baterai soak, menggembung bahkan smartphone yang rusak disebabkan hal ini. Itulah mengapa ngecas sambil nelpon, main game, memutar video/ music sangat tidak dibenarkan. Karena kerusakan bukan hanya pada baterai namun bisa saja pada smartphone anda. Untuk itu baca juga cara merawat hp touchscreen agar awet.

Matikan fitur getar

Menonaktifkan fitur getar pada smartphone android bisa mengurangi daya. Apalagi bagi anda yang super sibuk ditelpon terus, maka fitur getar akan membutuhkan daya lebih besar, karena didalam smartphone tersebut ada motor listrik yang berputar. Dengan menon aktifkan fitur ini otomatis baterai smartphone jadi lebih awet dan tahan lama.
Baca tentang tips memilih baterai HP/ tablet yang bagus.
Itulah beberapa tips kali ini tentan cara merawat baterai smartphone android. Mudah-mudahan bisa membantu pencarian anda. Jika anda menemui kendala lain mengenai smartphone, silahkan berkomentar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Merawat Baterai Smartphone Android Biar Awet"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.