5 Aplikasi Yang Perlu Anda Hapus di Android

Salah satu penyebab Smartphone Android lemot saat digunakan adalah karena banyaknya aplikasi yang terinstall atau adanya aplikasi yang terlalu berat. Memang aplikasi android sangat mudah sekali kita dapatkan, baik itu yang versi gratis maupun versi berbayar. Namun sebelum anda menginstallnya alangkah baiknya jika kita sesuaikan aplikasi tersebut dengan spesifikasi HP Android yang kita miliki. Jangan sampai setelah kita menginstallnya justru membuat HP jadi lambat atau lelet loadingnya. Oleh sebab itu perlu kita hapus aplikasi yang menjadikan android menjadi berat booting maupun loading.

Aplikasi Yang Perlu Anda Hapus di Android

Seperti yang infokan oleh Androidpit, berikut ini beberapa aplikasi Android yang sebaiknya dihapus dari smartphone.
Aplikasi Yang Perlu Anda Hapus di Android
1. Aplikasi Facebook
Facebook merupakan salah satu aplikasi yang banyak diunduh dan diinstall di seluruh dunia. Berbagai versi dapat kita unduh melalui google playstore, akan tetapi dibeberapa versi android dengan spesifikasi menengah kebawah. App facebook justru akan memberatkan kinerja HP. Apalagi setiap kali ada pemberitahuan aplikasi ini akan memberikan peringatan baik suara maupun getar. Dengan begitu akan banyak memakan kapasitas RAM smartphone. Jika demikian alangkah baiknya jika aplikasi tersebut segera dihapus. Karena sebenarnya facebook bisa saja kita buka melalui web browser di android itu sendiri.

Namun kadangkala sebagian orang tidak mau pusing dan lama - lama harus buka web browser terlebih dahulu untuk itu sebagai alternatif sebaiknya gunakan app facebook versi yang ringan seperti Facebook versi lite.

2. Aplikasi cuaca
Aplikasi cuaca berfungsi untuk mengetahui untuk mengetahui kondisi cuaca didaerah kita sehingga kita bisa antisipasi dengan membawa payung karena sebentar lagi akan hujan, atau sebaiknya menggunakan kaus tipis karena matahari sedang terik-teriknya. Namun, pembaruan secara berkala dari aplikasi tersebut akan memakan banyak daya, apalagi jika pengguna mematrikan widget aplikasi di homescreen. 

Buat anda yang masih tetap ingin menggunakan aplikasi cuaca. Sebagai alternatif, sebaiknya gunakan fitur Google Now untuk menanyakan informasi cuaca.

3. Aplikasi Anti-virus gratis
Ancaman virus pada smartphone memang bikin kita was-was. Namun dengan adanya antivirus yang dipasang di Android akan lebih menyebalkan karena akan sangat boros daya baterai. Dibandingkan mengunduh aplikasi antivirus, sebaiknya gunakan saja smartphone secara bijak, baik dalam mengunduh aplikasi, maupun mengunduh konten-konten lainnya. Unduhlah hanya aplikasi resmi dari toko aplikasi Google Play Store.

Lagi pula, Android mengklaim sistem operasinya telah terlindung dari berbagai serangan dan mengakomodasi sistem enkripsi. Google juga disebut semakin tanggap dalam mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya dari Google Play Store.

4. Aplikasi pembersih dan peningkat kinerja
Aplikasi utility yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja atau bersih-bersih, salah satunya Clean Master, menjanjikan pembersihan aplikasi untuk meningkatkan performa ponsel. Sebab, aplikasi-aplikasi yang telah dihapus terkadang menyisakan beberapa data tersembunyi (cached data) yang juga memakan kapasitas memori.

Clean Master, Cleaner, CC Cleaner, Speed Booster, dan aplikasi sejenisnya selain masih menyisakan  file sampah juga akan cepat menghabiskan daya baterai. Selain itu, iklan in-app di dalamnya juga bisa memotong kuota internet HP.

Karena sebenarnya pada smartphone sudah ada fitur untuk membersihkan cache atau file sampah caranya adalah dengan membuka settings - apps - downloaded lalu tekan salah satu aplikasi, kemudian pilih clear cache.

5. Aplikasi browser bawaan Android
Aplikasi bawaan di Android saat digunakan terkadang terasa begitu lelet dan tampilannya kurang menarik. Hal ini karena situs yang kita buka tidak disusutkan sehingga penggunaan data lebih banyak dan lebih lama loadingnya. Sebagai alternatif ada banyak pilihan aplikasi browser untuk Android ketimbang harus menggunakan browser bawaan. Salah satunya Chrome untuk Android atau Opera Mini.

Aplikasi ini secara utama memiliki fitur untuk mereduksi penggunaan data internet pengguna, yakni dengan menyusutkan situs yang dikunjungi. Fitur tersebut bisa menghemat penggunaan data hingga 34 persen.

Nah itulah kelima aplikasi yang wajib anda hapus di Handphone android. Jika tidak berkenan dengan tips tersebut Anda boleh mengabaikannya. Simak juga penyebab baterai android cepat habis. Terima kasih.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "5 Aplikasi Yang Perlu Anda Hapus di Android"

  1. Infonya sangat bermamfaat semoga ilmu yang dibagi bertambah dan menjadi amal kebaikan trimakasih.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama terimakasih juga atas kunjungan dan doanya

    ReplyDelete
  3. MAS PUTZ minta saran donk cara sinyal biar bagus

    ReplyDelete
  4. Dekatin ke tower biar bagus. Mksdnya gmn bos????

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.