7 Cara mengatasi HP Android Lemot saat digunakan

Cara mengatasi handphone android yang lemot ketika digunakan tentu harus kita ketahui dulu penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya tersebut kita bisa memperbaikinya. Android merupakan sistem operasi yang banyak dipakai pada HP atau Smartphone dizaman sekarang ini. Jadi tidak heran jika kita menggunakan handphone layaknya seperti menggunakan komputer/ laptop. Karena beberapa pekerjaan yang biasa dikerjakan dikomputer bisa dilakukan pada smartphone/ tablet saat ini. 

Kadang kala setelah beberapa lama kita menggunakan HP Android jadi lambat, lemot atau loading lama. Hal ini tentu menjadi kendala yang serius bagi kita. Apalagi yang sudah terbiasa dengan yang pakai cepat-cepat tentu akan merasa bosan, bahkan terkadang kita terpikir untuk membantingnya hehe. Namun jangan dibanting atau dibuang dulu ya siapa tahu cara berikut ini bisa membantu mengatasinya.
7 Cara mengatasi HP Android Lemot

Cara mengatasi HP Android Lemot

1. Matikan Handphone kemudian hidupkan lagi (restart).
Mematikan handphone/ smartphone, kemudian kita copot baterainya, lalu di hidupkan kembali. Hal ini bertujuan agar aplikasi yang mungkin not responding, atau crash bisa direfresh kembali. 

2. Kembalikan pengaturan awal / pabrik
Biasanya pengaturan yang sudah kita setting, justru memberatkan kinerja HP atau bahkan menjadikannya not responding. Oleh sebab itu pengaturan awal atau set ke pabrik bisa menjadi salah satu jalan jika HP menjadi lemot.

3. Hapus file pada memori internal dan external.
Hal ini bisa kita lakukan jika file terlalu penuh . Kalau menurut penulis sebaiknya jangan sampai melebihi 60% dari kapasitas memori. Karena hal ini akan membuat HP akan sedikit lebih lama untuk membaca file didalamnya. 

4. Menghapus Cache di Android
Dengan menghapus cache, maka selain memori berkurang juga akan menghindari dari not responding. Akibat adanya file cache yang menumpuk pada Handphone. Hal ini bisa saja disebabkan karena seringnya kita membuka aplikasi seperti browser, bbm, youtube dan sebagainya.

5. Hindari Terlalu banyak Aplikasi dan Widget
Menginstall aplikasi atau menambahkan widget pada android memang bukan menjadi masalah, akan tetapi jika berlebihan tentu akan menjadi sebuah masalah. Karena dengan banyaknya widget atau aplikasi akan menambah kinerja pada HP, selain menjadi lemot juga bisa menjadikan boros pada baterai. Oleh sebab itu sebaiknya kita tambahkan sewajarnya saja. Baca juga tentang aplikasi yang harus anda hapus di Android

6. Hindari mengaktifkan aplikasi secara bersamaan
Menggunakan aplikasi secara bersamaan tentu bisa memperburuk kinerja HP. Apalagi Handphone yang kita pakai masih memiliki spesifikasi yang rendah. Oleh sebab itu sebaiknya sebelum kita membuka aplikasi yang lain tutup dulu aplikasi yang berjalan. Dalam artian bukan hanya di sembunyikan tapi di close aplikasinya.

7. Sering diupgrade dengan firmware baru
Dengan memperbaharui firmware pada android tentu akan menjadikan kinerja selalu fresh. Karena biasanya firmware baru menawarkan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh sebab itu jika ada komponen pada software yang perlu diupdate, ya diupdate saja. Asalkan sesuai dengan spesifikasi HP kita. Jangan lupa untuk lihat cara membersihkan hp layar sentuh dengan benar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "7 Cara mengatasi HP Android Lemot saat digunakan"

  1. HP Android anda lemot ???
    Beberapa cara mengatasinya dapat dilihat disini http://caraalami.xyz/10-cara-mengatasi-hp-android-lambat/

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.