Cara Memperbaiki Engsel laptop Seret atau Patah

Engsel pada laptop berfungsi untuk membuka atau menutup layar LCD. Jika engsel tersebut banyak kotoran atau debu bisa mengakibatkan seret bahkan patah. Cara memperbaikinya sebenarnya cukup sederhana dan simpel. Yang sulit adalah jika sampai membongkar casing laptop tersebut. Seperti beberapa hari yang lalu saat posting ini dibuat masputz.com nyervis laptop dengan kondisi demikian. Untuk itulah dikesempatan kali ini akan saya share bagaimana cara menanganinya.

Kurangnya perawatan dalam menjaga kebersihan laptop memang bisa mengakibatkan engsel menjadi seret, lama kelamaan kalau dibiarkan bisa membuat engsel tersebut patah. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis atau merk laptop. Seperti Toshiba, acer, axioo, lenovo, asus, compaq dan sebagainya. Jika masalah ini sudah terjadi maka berikut adalah ulasannya.

Memperbaiki Engsel Laptop Seret

Untuk memperbaikinya tentu harus membuka dibagian engsel kiri dan kanan laptop. Biasanya kalau dipaksa untuk membuka maupun menutup laptop agak terasa berat. Maka berikan minyak pelicin di bagian engsel tersebut. Nah untuk hasil yang maksimal sebaiknya dibongkar saja laptopnya. Berikut contoh gambar membuka bagian engsel laptop.

Engsel laptop seret
Jika hanya disebabkan debu yang menempel bersihkan terlebih dahulu dengan kuas dan mengendurkan baut pada engsel. Selanjutnya berikan minyak pelicin dan kencangkan kembali baut engsel tapi jangan terlalu kuat atau terlalu kendur.

Engsel laptop Patah

Namun jika disebabkan karena engsel laptop tersebut patah, maka sebaiknya ganti engselnya dengan membelikan yang baru. Jika bingung mau beli dimana, tinggal cari saja toko online terbaik dan terpercaya untuk membelinya. Setelah itu pasang kembali.

Engsel laptop patah
Baca Juga cara memperbaiki baterai laptop rusak

Tempat Penyangga baut engsel patah

Kalau sudah patah dibagian tatakan atau tempat untuk menempelkan engsel pada casis, mungkin alternatif berikut bisa menjadi solusi. Yaitu dengan mengganti baut yang lebih panjang beserta mur nya. Sehingga baut tembus kebelakang, meski hal ini tidak disarankan, namun untuk menghemat biaya bisa dicoba. Selain itu bisa juga dengan mengelem bekas tempat baut yang sudah patah tadi dengan lem yang super kuat, seperti lem steel atau lem besi.
memasang baut untuk engsel

Demikianlah tips singkat mengenai cara memperbaiki engsel laptop yang seret atau patah. Semoga share kali ini bisa bermanfaat buat anda dan semoga berhasil.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Engsel laptop Seret atau Patah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.