Trackpad Blackberry Curve Tidak Berfungsi, Ini Solusinya

Trackpad HP Blackberry curve 9300 yang tidak berfungsi atau macet biasanya disebabkan oleh putusnya kabel fleksibel, eror pada software atau rusaknya trackpad itu sendiri. Cara memperbaikinya tentu dengan mengganti yang baru sesuai dengan jenis BB tersebut. Itu adalah solusi yang tepat jika memang kerusakannya demikian. Begitu juga jika anda mengalaminya pada BB gemini 8520, 9220, 9320 atau  sejenisnya. Kemarin saya juga mengalami hal demikian, yakni trackpad macet tidak bisa untuk menggeser kursor kekiri, kanan, atas maupun bawah. Namun sesekali terkadang bisa juga. Jadi tanpa berpikir panjang saya mengganti saja dengan trackpad yang baru. Kemarin saya beli trackpad BB Curve 9300 harganya Rp.40.000,- Mungkin cukup mahal kalau didaerah saya. Untuk cara memasangnya berikut adalah langkah-langkah beserta gambar.

Trackpad Blackberry Curve Tidak Berfungsi, Ini Solusinya

Cara Mengganti Trackpad Blackberry Curve 9300

Trackpad pada bb curve 9300 dihubungkan ke rangkaian HP dengan sebuah socket. Letak socket tersebut adalah tepat dibagian belakang baterai, atau dekat dengan slot kartu SIM. Jadi disitu ada lubang untuk kabel fleksibel trackpad. Untuk memasangnya tentu harus membongkar total casing Blackberry curve tersebut.
Lihat juga Penyebab HP baru cepat rusak

Membongkar Casing Blackberry Curve 9300

Langkah - langkah untuk membongkar casing BB curve yang pertama adalah membuka penutup baterai dibagian belakang, kemudian copot baterai, simcard dan kartu memori, lalu buka baut dibagian belakang.
membuka baut belakang bb curve
Setelah itu buka penutup berlabel T&T dibagian bawah keypad disitu ada dua baut yang harus dibuka. 
membuka baut dibawah keypad

Jika sudah buka juga penutup LCD yang biasanya cuma di lem. Lanjut lagi untuk membuka casing bagian atas dengan mencongkelnya pelan-pelan saja jangan sampai patah. Begitu juga dengan keypadnya. 
membongkar casing bb curve 9300
Langkah berikutnya adalah membuka baut lagi untuk mencopot rangkaian BB dengan casing bagian bawah. Jika semua sudah terbongkar habis barulah kita masuk ke tahap mencopot trackpad dari socketnya.
Simak juga cara memperbaiki kartu memori rusak 

Mencopot Socket Trackpad BB

trackpad bb curve
Untuk mencopot kabel trackpad dengan socket caranya adalah dengan membuka penguncinya terlebih dahulu pakai obeng min kecil. Naikkan penguncinya yang seperti engsel kemudian cabut saja pelan-pelan, barulah di tarik keluar dari lubangnya. Jika sudah demikian langkah selanjutnya tentu memasang trackpad yang baru atau masih bagus.

copot tracpad bb curve

Memasang Trackpad BB Curve 9300

Kalau sudah bisa mencopotnya tentu sudah bisa dong untuk memasangnya. Caranya adalah dengan memasukkan kabel trackpad tadi kelubangnya dari atas, kemudian masukkan ke socket pelan-pelan dalam keadaan pengunci socket terbuka. Pastikan pemasangannya sudah pas, tidak miring atau mengalami masalah.

memasang trackpad ke socket

Memasang Kembali Casing BB

Untuk yang satu ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar lagi ya, capek ngetiknya yang jelas kembalikan seperti awal tadi, masak bisa bongkar tidak bisa memasangnya lagi. Yang jelas baut sesuaikan dengan letaknya masing-masing dan jangan sampai ada permasalahan pada pemasangan casing BB. Karena HP jenis ini tergolong agak rumit dalam membongkar ataupun memasangnya. Oleh sebab itu teliti sebelum membongkarnya dan jika perlu dicatat.

Itulah sedikit pengalaman masputz.com. Mudah-mudahan Solusi memperbaiki trackpad blackberry Curve tidak berfungsi bisa bermanfaat buat anda. Ingat juga kalau admin tidak bertanggung jawab jika proses yang anda lakukan tidak sesuai dengan harapan.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Trackpad Blackberry Curve Tidak Berfungsi, Ini Solusinya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.