Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen OS Windows

Laptop yang mengalami blue screen ditandai dengan munculnya layar biru dan biasanya disertai dengan tulisan tentang masalah / crash yang terjadi pada laptop maupun komputer tersebut. Jika laptop mengalami hal ini langkah pertama yang harus kita cari adalah penyebabnya. Setelah itu barulah menangani penyebab dari masalah blue screen of death (BSOD) tersebut. Beberapa kasus yang ringan tentang blue screen ini bisa diatasi dengan merestartnya atau dimatikan dengan menekan tombol power laptop kemudian mengaktifkannya kembali. Namun ada juga laptop secara otomatis merestartnya sendiri. Jika blue screen ini terjadi pada saat anda sedang bekerja atau menjalankan aplikasi pada laptop, maka data yang sudah di input akan hilang.

Jika bluescreen ini sering terjadi tentu ada masalah serius yang harus segera di tangani pada laptop/ komputer tersebut. Oleh sebab itu kali ini masputz.com akan share mengenai pengalaman tentang solusi mengatasi blue screen pada sistem operasi windows baik win 7 maupun 8.1
Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen Windows

Cara Memperbaiki Blue Screen Of Death

Seperti yang sudah dijelaskan  diatas bahwa untuk mengatasi blue screen tentu harus diketahui dulu apa penyebabnya. Beberapa diantaranya blue screen terjadi saat sedang mengaktifkan program berat, browsing di internet, Setelah menginstall aplikasi windows, menginstall driver dan sebagainya. Untuk itu berikut adalah beberapa penyebab blue screen yang sering terjadi.

Penyebab Laptop Mengalami Blue Screen

Secara umum penyebab blue screen disebabkan oleh masalah pada hardware maupun software pada laptop/ PC. Pada software umumnya terjadi karena masalah pada driver yang terinstall. Baik itu karena kesalahan versi driver, driver tidak support atau driver crash, dan sebagainya. Oleh sebab itu sebaiknya menginstall driver pada laptop berasal dari brandnya langsung. Misalnya jika ingin menginstall driver laptop Toshiba, Compaq, HP, Asus, Lenovo, Acer atau yang lainnya. Download saja drivernya dari situs resminya langsung atau dari DVD driver bawaan laptop jika ada. Hal ini lebih baik ketimbang menggunakan jenis all in one driver.

Saat blue screen terjadi windows secara otomatis akan membuat minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi. Informasi yang ditampilkan tersebut bisa menjadi bahan kita untuk memperbaiki masalah blue screen yang terjadi. Seperti yang admin kutip dari winpoin.com Blue screen terjadi ketika Windows bertemu dengan error STOP, sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan windows crash dan berhenti bekerja.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop OS Windows

Setelah mengetahui penyebab blue screen diatas, maka untuk memperbaikinya kita sesuaikan dengan penyebabnya.

Laptop Blue Screen setelah Install driver

Jika hal ini yang terjadi maka langkah yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:
Uninstall driver penyebab blue screen melalui safe mode, kemudian coba install lagi dengan driver dari brand/ atau situsnya langsung. Misalnya permasalahan terjadi setelah instal driver VGA, maka uninstall drivernya, kemudian install lagi dengan driver lain yang sejenis. Biasanya blue screen akan terjadi berulang-ulang ketika mengaktifkan laptop tersebut. Jika masalah masih timbul langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan restore laptop tersebut. Caranya adalah buka control panel - all control panel items - recovery
recovery
Jika masih sama kemungkinan hardware yang rusak.

Laptop blue screen saat menjalankan program

Saat sedang mengaktifkan program atau sedang mengetik dokumen tiba-tiba laptop langsung blue screen, untuk mengatasi hal ini coba lihat informasi yang ditampilkan pada layar laptop. Misalnya terjadi masalah "system_thread_exception_not_handled (.......sys)". Maka untuk menyelesaikan masalah tersebut coba dengan update driver dengan versi terbaru. Jika masih timbul masalah coba uninstall dulu driver lama dan cari file didalam kurung dengan ekstensi sys  (........sys) di explorer. Kemudian hapus file tersebut, barulah install lagi dengan driver update terbarunya. Cara uninstall atau update driver bisa dibuka pada :
Control Panel\All Control Panel Items\System\device manager
device manager

Laptop Blue screen saat Internetan atau Browsing

Ini salah satu masalah yang pernah saya alami, saat blue screen terjadi muncul tulisan system_thread_exception_not_handled (athwb.sys),  Maka segera saya hapus file tersebut di explorer, kemudian install lagi driver WLAN. ternyata hasilnya masih tetap blue screen saat internetan, baik dengan koneksi via Wifi maupun modem GSM. Untuk itu kemarin sudah mencoba berbagai cara seperti install ulang windows, setting BIOS default, dan sebagainya. Akhirnya saya mencoba saja dengan mengganti hardware WLAN yang ada di dalam laptop. Akhirnya laptop kembali seperti semula dan tidak ada masalah. Berikut cara menggantinya pada laptop Thosiba Satellite c640.

Pertama buka pengunci keyboardnya. Pada laptop lain belum tentu sama tempat hardware WLAN nya.
membongkar keyboard
 Buka baut pengunci keyboard pada laptop.
membuka baut keyboard
 Selanjutnya adalah mencopot baut WLAN dengan obeng, kemudian copot dari socketnya
mencopot wlan laptop
Yang terakhir adalah menggantinya dengan yang masih bagus. Setelah itu pasang kembali dan cobalah untuk menghidupkan laptop.
mengganti wlan laptop
Baca juga cara mengatasi laptop lemot saat digunakan
Demikianlah sedikit tips buat anda tentang cara memperbaiki laptop blue screen pada windows. Untuk masalah lainnya mudah-mudahan lain waktu bisa diupdate kembali. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen OS Windows"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.