Cara Install Windows 8.1 di Laptop Via USB Flashdisk

Install ulang windows 8 pada laptop/ Komputer sebenarnya caranya sangat mudah. Hanya saja terkadang kita belum punya OS atau sistem operasi yang dibutuhkan untuk menginstallnya. Karena kita tahu OS windows merupakan sistem operasi berbayar, jadi jika ingin menginstallnya tentu harus membeli cd atau dvd aslinya. Setelah membelinya terkadang masih juga ada yang bingung untuk cara instalasinya. Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi tips mengenai cara install windows 8 melalui usb flashdisk lengkap beserta gambarnya. Kebetulan kemarin lagi install win 8.1 jadi fotonya pun asal njepret saja mudah-mudahan bisa dipahami. Mengenai cara membuat bootable flashdisk lain waktu saja ya disharenya. Untuk saat ini adalah proses installnya.
Langkah-langkah install windows 8.1 ke laptop/ notebook
Siapkan bootable windows via flashdisk jika belum punya silahkan unduh di laman resminya 
Selanjutnya colokkan flashdisk ke laptop/ notebook/ PC
Setting booting awal laptop melalui flashdisk. Kebetulan laptop yang saya pakai adalah merk Acer Aspire One happy intel atom. Jadi tidak ada DVD romnya.
Tekan ON (hidupkan laptop) kemudian tekan F2 untuk setup BIOS
Pada tampilan tersebut pilih boot dan pada boot priority pindahkan USB Flashdisk diurutan pertama dengan cara menekan F5/F6, setelah itu tekan F10 untuk menyimpan lalu klik Yes.
Setelah tahapan tersebut silahkan exit dan mulai booting lagi dari awal. Lihat contoh gambar dibawah ini.
setting bios booting flash disk
Setelah restart maka laptop/ komputer akan muncul pemberitahuan tentang "press any key to boot from CD or DVD" lalu klik sembarang pada keyboard
press any key to boot
Sesaat kemudian akan muncul perintah "enter your language and other preferences and klik next to continue" Pada perintah tersebut klik Next saja.
Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini secara berurutan dari kiri ke kanan, maklum ya bos ini hasil jepretan foto via kamera biasa.
install windows 8 di laptop
Pada gambar tersebut pertama pilih "Install Now" Kemudian akan muncul tampilan lagi yaitu lembar persetujuan, centang saja "I Accept the Licence terms" kemudian klik Next. Setelah itu akan muncul tampilan lagi yaitu "Upgrade dan Custom". Kalau kit apilih upgrade berarti kita hanya meningkatkan versi windowsnya saja. Sedangkan jika kita pilih custom maka akan muncul lagi tampilan custom yaitu memilih partisi hardisk dimana kita akan menginstall windows 8.1 ini. Misalnya di drive C atau D. Pada tampilan ini kita juga bisa menambah partisi atau memformat hardisk lo. Jadi untuk pilihan ini silahkan disesuaikan dengan keinginan. Namun sebagai contoh saya pilih drive C kemudian saya klik format saja agar semua data di C bisa hilang dan kita isi kembali dengan OS windows 8.1, Kalau di D biasanya kan sebagai tempat penyimpanan file atau dokumen penting, jadi saya pilih C supaya data tidak hilang di drive D. Kalau kita tidak memformat disk C maka akan ada dua OS windows yang terinstall di laptop, sehingga akan ada dua folder windows dan windows.old. Waduh jadi tambah panjang, langsung aja ke tahap berikutnya yaitu muncul proses instalasi windows 8 sedang berlangsung. 

proses install windows 8.1
Pada tampilan ini silahkan ditunggu aja ya sob sampai selesai atau bisa juga anda tinggal ngopi, tiduran nonton tv dan sebagainya hehe. (kalau saya sih sedang foto-foto, lihat saja fotonya ada gambar adminnya kan haha)

laptop restart otomatis

Ok berhenti dulu ngopinya, Setelah selesai maka Laptop akan restart sendiri atau anda klik saja "restart" jika muncul tampilan seperti gambar diatas.

windows 8.1
Kemudian setelah proses booting lagi, akan muncul personalize seperti gambar dibawah ini. Pilih warna bacground yang anda inginkan, lalu isikan PC Name terserah anda, nama anda juga boleh hehe. Kemudian klik Next
personalize

Setelah tahap diatas diselesaikan maka akan muncul lagi pilihan setting,
express setting
 Pilih Use Express setting jika ingin setting secara default atau pilih customize jika ingin mengatur setting manual. Contoh setting manual ya seperti gambar dibawah ini.
setting update
 Memilih update otomatis atau tidak
setting online solutions
 Check online for solutions dan Help Improve Microsoft products and services
share info with microsoft
 Share Info with Microsoft
setting akun
 Nah pada gambar diatas kita isikan nama akun kita terserah mau diberi nama apa. Klik finish kemudian akan muncul tampilan dibawah ini.

install finish
Setelah semua selesai kita akan diarahkan ke tampilan desktop windows 8.1
tampilan desktop windows 8.1
Mudah bukan cara installnya. Untuk hal - hal lainnya silahkan saja kunjungi laman resminya di microsoft.com. Lihat juga mengenai modifikasi layar laptop dengan notebook

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Install Windows 8.1 di Laptop Via USB Flashdisk"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.