Cara Membuat Windows Installer di Flashdisk Tanpa Software

Biasanya windows installer tersedia dalam bentuk kepingan CD/ DVD. Namun seiring dengan perkembangan zaman maka saat ini kita bisa juga membuat windows installer di flashdisk dengan cara yang simple dan mudah tanpa menggunakan software pihak ketiga. Nah kali ini menggunakan bantuan CMD atau Command prompt yang memang sudah ada baik itu windows XP, Vista, 7, 8.1, 10. Meski sebenarnya banyak sekali software  yang bisa dengan mudah kita dapatkan di internet untuk melakukan proses ini, akan tetapi cara ini adalah perintah yang tertanam dalam software tersebut. Selanjutnya berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Colokkan Flashdisk ke laptop atau komputer.
  • Buka CMD/ commad prompt kemudian ketikkan "diskpart" dan tekan enter atau bisa juga dengan ketikkan diskpart di RUN (Windows + R).
 
Membuat Windows Installer di Flashdisk Tanpa Software
  • Selanjutnya ketikkan list disk pada CMD yang sudah terbuka lalu enter
  • Maka akan muncul disk yang aktif di komputer/ laptop. Salah satu dari disk tersebut adalah flashdisk yang sudah anda colokkan tadi. Kalau misalkan kapasitas flashdisknya 4 GB maka akan muncul size nya disana. 
  • Ketikkan select disk 3 lalu enter, yang berarti kita memilih (select) disk 3, hal ini karena flash disk terdeteksi pada disk 3. Kalau seandainya pada disk 2 ya ganti saja dengan select disk 2.
  • Selanjutnya ketikkan perintah clean lalu enter, setelah itu ketikkan create partition primary dan enter. kemudian tekan perintah active dan enter.
Membuat Windows Installer di Flashdisk
image from winpoin.com
Dan selanjutnya adalah memformat flashdisk tersebut, cara nya bisa dengan CMD atau bisa juga melalui windows explorer dengan klik kanan pilih format NTFS.
Untuk via command prompt caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut:
format fs=fat32 label=terserah quick lalu tekan enter. atau bisa juga dengan langkah berikut:
format fs = fat32 dan enter lalu ketikkan assign dan enter.  

Yang terakhir adalah memasukkan file installer windows ke flashdisk. Bagaimana cukup mudah bukan?. Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat buat anda. Selanjutnya silahkan baca cara install windows 8.1 di laptop via flashdisk.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Membuat Windows Installer di Flashdisk Tanpa Software"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.