4 Tips Mengecek Kesehatan Baterai Handphone

Setelah beberapa lama kita menggunakan handphone atau smartphone, terkadang kita tidak pernah memeriksa kondisi atau kesehatan baterai. Apakah baterai masih dalam keadaan bagus atau tidak!. Beberapa jenis ponsel android biasanya memiliki kapasitas penyimpanan arus yang lebih besar (mAh). Meski begitu semua berbading lurus dengan kebutuhan daya pada ponsel itu sendiri, suatu contoh misalkan kita menggunakan ponsel jadul monotone seperti nokia 3310 atau sejenisnya. Baterai dengan kapasitas 750mAh bisa bertahan 3 hari dalam kondisi stanby. Berbeda dengan Smartphone android dengan kapasitas baterai 2000mAh belum tentu bisa bertahan 3 hari dalam kondisi stanby. Untuk itu lihat mengenai tips memilih baterai HP yang bagus

Cara Mengecek Kesehatan Baterai HP

Selanjutnya untuk mengecek kesehatan baterai, berikut ini ada beberapa tips untuk mengidentifikasi kondisi baterai pada smartphone.

Tips Mengecek Kesehatan Baterai Handphone

1. Lihat Secara Fisik (Visual) pada Baterai.

Cara ini dapat kita katakan sebagai cara yang sederhana, yaitu dengan melihat apakah sekujur tubuh baterai membengkak dan terjadi korosi pada logam baterai. Korosi atau karatan dapat kita lihat dari logam yang menjadi keputih-putihan atau kehijau-hijauan. Jika terlihat ciri-ciri tersebut, segera ganti baterai. Jangan memasukkan kembali baterai ke badan smartphone karena dapat merusak elemen atau komponen lain pada smartphone.

2. Putar Baterai di Tempat Datar

Baterai lithium akan mengalami penurunan daya setiap kali baterai kosong ketika terlambat diisi ulang. Penurunan daya juga bisa disebabkan karena cuaca ekstrim dimana kita berada. Untuk mengidentifikasi kerusakan tersebut, keluarkan baterai kemudian putar baterai pada bidang yang rata. Jika baterai dapat berputar dengan lancar, Maka kondisi baterai tersebut bisa kita katakan sudah buruk, meskipun kita baru membelinya.

3. Mengamati seberapa cepat daya baterai berkurang

Ketika kita menggunakan smartphone atau tidak kita gunakan sama sekali coba kita amati dalam satu menit berapa pengurangan persentase baterai apakah 1 atau 2 persen saat tak digunakan. selanjutnya amati hingga rentan waktu tertentu. Jika baterai menjadi kosong hanya dalam beberapa jam padahal jarang difungsikan, Maka hal ini menunjukkan adanya kondisi yang buruk pada baterai, namun tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh handphone itu sendiri. Untuk selngkapnya lihat penyebab baterai handphone cepat habis

4. Menggunakan tools pendiagnosa baterai.

Untuk pengguna iPhone, dapat menggunakan aplikasi iBackupBot. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac. Anda hanya perlu menghubungkan iPhone ke komputer yang telah di-install iBackupBot. iBackupBot akan memberi informasi detail tentang perangkat pengguna.
Sedangkan Bagi pengguna Android coba dengan menekan kode *#*#4636#*#*. Lalu kita akan mendapat informasi terkait tentang kondisi kesehatan baterai 

Semoga 4 tips diatas bisa bermanfaat buat anda, untuk selanjutnya silahkan baca mengenai tips merawat baterai handphone biar awet.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "4 Tips Mengecek Kesehatan Baterai Handphone"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.