Tips Merawat Baterai Handphone (Tablet) biar Awet

Merawat Baterai sebenarnya sangat mudah, yang sulit adalah menghilangkan rasa malas untuk merawatnya. Untuk itu butuh ketekunan dan konsisten seorang pengguna Handphone/ Smartphone maupun Tablet. Seperti kita tahu banyak sekali tipe baterai yang dijual dipasaran dengan kualitas yang bervariasi, ada yang biasa ada juga yang memiliki kualitas yang bagus. Pada Baterai HP jenis nokia, biasanya ada kode untuk menentukan ukuran dan bentuknya, seperti BL 5C, BL 4C, 5B, 4A dan sebagainya. Namun pada dasarnya untuk tegangan keluarannya rata-rata sama yaitu 3,7 Volt DC. Sedangkan untuk ukuran kapasitas penyimpanan dalam satuan mAh. Jadi semakin tinggi mAh maka penyimpanan energi listriknya juga semakin banyak.

Saat kita membeli Baterai baru, tentu harus kita charger terlebih dahulu minimal 6 jam. Hal ini bertujuan agar baterai terisi penuh saat pertama kali digunakan. Selain itu agar baterai awet dan tahan lama. Tapi jangan lupa saat mengecas HP dimatikan dahulu. Karena kita tahu bahwa gejala atau kerusakan yang sering terjadi pada HP adalah baterai soak, tidak tahan lama, tidak bisa di cas dan sebagainya. Selanjutnya berikut adalah tips perawatan baterainya.
baterai handphone

Cara Merawat Baterai HP

  1. Gunakan charger HP yang sesuai saat mengecas, misalnya HP nokia gunakan casnya nokia, Blackberry, atau Smartphone OS android juga begitu. Karena biasanya tegangan out ada yang berbeda pada masing - masing charger.
  2. Jika baterai akan habis segera di charger. Hal ini agar baterai tidak terkuras habis, sehingga sulit di charger.
  3. Jika dalam perjalanan baterai low, namun tidak ada tempat ngecas, sebaiknya Handphone dimatikan saja.
  4. Bersihkan konektor - dan + pada baterai jika sudah kotor.
  5. Jangan menggunakan cas luar (cas duduk) terlalu sering, karena terkadang tidak dilengkapi dengan proteksi jika sudah penuh. Hal ini bisa menyebabkan baterai menggembung. Namun jika ada proteknya tidak masalah.
  6. Saat mengecas jangan sampai posisi baterai terbalik, terutama saat memakai charger external.
  7. Jika baterai lama tidak dipakai, usahakan dalam 3 bulan sekali dilakukan pengecasan.
Mungkin itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar baterai tetap awet dan tahan lama. Meski begitu kita juga harus tahu bahwa tidak yang bisa menjamin bahwa baterai yang kita gunakan akan selalu awet. Namun dengan melakukan sedikit usaha diatas semoga baterai bisa awet . Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa lihat juga Cara merawat HP Touchscreen agar awet

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Merawat Baterai Handphone (Tablet) biar Awet"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.