Tips Merawat Pompa Air Biar Awet dan Tahan Lama

Sebelumnya sudah saya posting mengenai cara memasang pompa air yang jauh dari sumur. Selanjutnya adalah bagaimana cara merawatnya biar awet dan tahan lama. Karena kita tahu bahwa tanpa adanya alat ini, tentu kita akan kerepotan jika tidak ada air, apalagi sumur yang jauh dari rumah atau bak mandi. Jadi dalam hal ini perawatan menjadi hal yang sangat penting. Didaerah pegunungan atau perbukitan biasanya sumur yang dibuat sangatlah dalam, hal ini karena daerah yang berada didataran tinggi. Untuk itu kebanyakan pompa air dipasang didalam sumur, agar daya hisap lebih kuat dan air bisa mengalir dengan kencang. Namun jika sumber air tidak terlalu dalam, maka kita bisa menaruhnya diluar atau bahkan didalam rumah.

Merawat adalah hal yang mudah namun perlu ketekunan dan menjadikan sebuah kebiasaan. Karena terkadang kita mengetahui caranya akan tetapi malas untuk melaksanakan. Nah itulah hal pertama yang harus kita miliki. Untuk itu berikut adalah tips dalam merawatnya:
merawat pompa air
Pompa air

Cara merawat pompa air

1. Pastikan daya listrik rumah memadai.
Maksudnya disini adalah tegangan yang menyuplay pompa air cukup tidak lebih atau kurang. Jika berlebihan tentu akan membuat dinamo pompa cepat panas, dan bisa saja merusak kapasitor atau gulungan dalam motor dinamo. Untuk menanggulanginya kita bisa menggunakan stavol atau stabilizer.

2. Jangan menggabungkan steker atau saklar pompa air dengan peralatan listrik lainnya.
Artinya sebisa mungkin jalur untuk menyuplai tegangan pada pompa diberikan jalur khusus dari kabel induk, artinya tidak bercabang-cabang. Hal ini dimaksudkan agar daya yang dibutuhkan tidak berkurang, dan tidak cepat merusak saklar / steker. Bahkan dibeberapa kasus bisa menyebabkan pompa air terbakar.

3. Pastikan tempat pompa air terlindungi.
Dengan menempatkan pompa air yang aman, artinya terlindung dari panas dan hujan maka bisa membuat pompa air bisa bertahan lama. Untuk itu buatkan tempat khusus yang terhindar dari hal-hal tersebut.

4. Jika air disumur kosong, jangan dihidupkan
Hal ini bisa menyebabkan panas berlebih pada pompa air, sehingga menyebabkan kerusakan bahkan bisa terbakar karena tidak ada air yang masuk ke pompa air. Sehingga tidak ada rotasi air yang mendinginkannya.

5. Bersihkan pompa air secara berkala
Hal ini untuk menghindari pompa air dari karatan, atau kotoran yang bisa saja masuk ke dinamo motor pompa air. Jadi untuk menanggulangi hal tersebut tentu harus kita bersihkan.

Mungkin itulah yang terpenting biar awet dan bisa kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Merk apapun pompa air tersebut. Caranya merawatnya juga tidak jauh berbeda. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, yang terpenting adalah ketekunan dan kerajinan kita dalam merawatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat daftar harga pompa air berbagai merk terbaru

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Merawat Pompa Air Biar Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.