Berapa Biaya Servis Barang Elektronik?

Biaya servis barang elektronik adalah hal yang sering kali ditanyakan oleh para pelanggan sebelum mereka mau menserviskan perangkat elektroniknya yang sudah rusak. Umumnya biaya servis akan berbeda sesuai dengan jenis kerusakan, lokasi dan kondisi ekonomi dimana anda tinggal. Misalnya jika anda berada di Surabaya biaya servis TV dengan kerusakan TR horizontal saja, mungkin biayanya adalah Rp.70.000,- hingga RP.100.000,- Sementara jika anda tinggal di Padang dengan kerusakan yang sejenis, kemungkinan biaya servisnya adalah RP.100.000 hingga Rp.150.000. Hal ini dihitung berdasar oleh beberapa hal, Oleh sebab itu berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi biaya servis barang elektronik;

  1. Jenis kerusakan
  2. Harga Spare part atau komponen yang diganti.
  3. Lama Pengerjaan
  4. Tempat servis
  5. Harga barang yang diservis


Setelah mengetahui hal-hal tersebut, berikutnya adalah contoh tentang berapa tarif yang harus anda keluarkan untuk seorang teknisi elektronik. 

Biaya Servis Barang Elektronik

Biaya Servis Barang Elektronik


Servis TV
Ada 4 jenis TV yang umum beredar di Indonesia, yaitu TV Tabung CRT, LCD, LED dan Plasma. Banyak sekali brand TV tabung CRT, LCD, LED dan Plasma yang beredar dipasaran, seperti merk LG, Samsung, Digitec, Sharp dan sebagainya. Harga TV tersebut juga cukup bervariasi hal ini berdasar atas 

  • Ukuran layar (dalam inch)
  • Merk TV
  • Jenis layar
  • Toko dimana anda beli.


Servis HP
Banyak sekali jenis hanphone atau smartphone yang dijual di pasaran. Mulai dari jenis pakai keypad, trackpad dan touchscreen. DIantara brand ternama yang ada beredar diIndonesia adalah; Nokia, Samsung, Blackberry, Advan, Evercross dan sebagainya. Jadi untuk menentukan tarifnya juga berdasar harga ponsel, jenis keruskan, harga spare part dan sebagainya.
Lihat juga cara memperbaiki engsel laptop seret

Berapa tarif servisnya?

Untuk menentukan biayanya, maka seperti yang sudah dijabarkan diatas, ada beberaa faktor yang mempengaruhinya. namun secara umum kalau saya yang menghitung, hal ini diukur dari hal berikut:
Harga spare part + Uang lelah dari kerumitan pengerjaan.
Selanjutnnya uang lelah dihitung berdasar atas jenis barang, harga dan kerumitan barang yang diservis. Untuk menentukannya tergantung dari teknisi servis itu sendiri berapa ia akan menentukan tarifnya. Namun sebagai contoh saja berikut adalah uraian menentukan biaya servis barang elektronik.

  1. Nama barang ; TV tabung LG 21 inch
  2. Gejala Kerusakan ; TV mati stanby
  3. Pergantian spare part ; TR C6090, C 19n/2000V
  4. Biaya Servis ; Harga Spart part + Uang lelah

TR C6090 = Rp 20.000
C 19n/2000V = Rp. 10.000
Total harga spare part = Rp.30.000
Uang lelah disesuaikan dengan lama pekerjaan, perkiraan harga TV jika baru dan jenis kerumitan pekerjaan yaitu Rp.70.000,- (dipaskan saja sama harga komponen tarifnya biar genap, hehe)
Jadi total biaya servis TV tersebut adalah Rp. 100.000,-

Bagaimana dengan jenis barang elektronik lainnya?, apakah sama metodenya?
Untuk jenis barang elektronik seperti Handphone, kamera, laptop/ komputer tentu jenis kerumitannya lebih tinggi. Hanya saja pergantian spare part tidak sama seperti pada TV. Kalau pada perangkat HP, laptop atau sejenisnya cukup diganti per blok saja. Jadi tidak mengganti per satuan komponen. Oleh sebab itu tarifnya cenderung lebih mahal, meskipun terkadang tanpa ada pergantian spare part. Meski begitu sebagai teknisi/ tukang servis elektronik tentu harus  lebih bijak dalam menentukan biayanya.
Baca juga Tips membuka usaha servis elektronik
Kalau saya sendiri akan menentukan biayanya tidak jauh berbeda dengan cara diatas. Namun terkadang saya juga melihat kondisi ekonomi pelanggan yang menyerviskan barang elektroniknya. Jangan sampai karena tarif yang dipasang ternyata sangat membebani pelanggan tersebut. Bagaimana dengan anda? Itu terserah saja sebab tidak ada acuan baku mengenai cara menentukan biaya servis tersebut.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Berapa Biaya Servis Barang Elektronik?"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.