Tips Membuka Usaha Servis Barang Elektronik

Membuka usaha servis elektronik sebenarnya sangat mudah, karena dalam prakteknya kita tidak memerlukan banyak biaya ketimbang membuka jenis usaha lain. Dengan peralatan seadanya saja sebenarnya sudah bisa menjalankan bisnis ini, akan tetapi untuk bisa mendapatkan kepuasan dari pelanggan alangkah baiknya seorang teknisi elektronik melengkapi kebutuhan peralatan untuk mereparasi. Usaha ini termasuk dalam kategori jasa. Jadi kepuasan dari pelangganlah yang menjadi prioritas utama  dalam menjalankan bisnis reparasi barang  elektronik ini. 

Kali ini masputz.com akan berbagi tips buat yang ingin memulai bergerak dibidang ini biar kebanjiran job servis dan banyak pelanggan.

Tips Membuka Usaha Jasa Servis barang Elektronik

Tips Membuka Usaha Servis Barang Elektronik

1. Menentukan lokasi yang strategis
Hal pertama sebelum membuka usaha adalah menentukan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau ole pelanggan nantinya. Karena hampir setiap jenis usaha tentu menginginkan lokasi yang bagus untuk usahanya. Kalau bisa area yang banyak dilalui oleh orang-orang dari banyak daerah. Selain itu sesuaikan juga dengan modal untuk usaha yang akan dimulai. Jika memang harus mengontrak tentu butuh cukup modal untuk membayar uang muka.

2. Menyiapkan perlengkapan kerja
Setelah tempat sudah kita dapatkan selanjutnya adalah menyiapkan semua kebutuhan yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki barang-barang elektronik, seperti solder, timah, obeng, tang dan sebagainya, Sebagai contoh silahkan baca peralatan teknisi servis elektronika yang wajib ada. Selain itu persiapan komponen yang biasa sering rusak saat reparasi juga perlu sebagai stok untuk menghemat waktu. Tapi hal itu juga disesuaikan dengan modal yang dimiliki, artinya tidak langsung drop sebanyak-banyaknya. Kecuali jika modal anda mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

3. Promosi
Sebagai langkah awal dalam memulai bisnis atau usaha jasa servis ini, promosi juga sangat kita butuhkan. Sebab belum tentu di lokasi anda membuka usaha banyak orang yang sudah kenal. Kecuali jika anda membuka usaha dirumah saja, dan banyak rekan atau teman yang sudah mengenali profesi anda. Cara melakukan promosi ini bisa dengan membuat selebaran, baleho, promosi di media sosial, maupun membuat situs /blog via online. Dengan begitu orang akan bisa dengan mudah mengenali anda. Jika perlu lakukan jemput bola.

4. Menentukan Tarif Servis Barang Elektronika.
Salah satu hal yang menjadi kepuasan pelanggan selain hasil servisan adalah biaya yang dikeluarkan. Kalau terlalu mahal tentu akan membuat pelanggan anda kabur. Jika baru memulainya, cobalah dengan tarif sedikit dibawah standar saja, misalnya kalau biaya yang umum Rp.50.000 coba turunkan Rp.40.000, 

Itulah empat tips dalam memulai usaha bidang servis elektronik. Untuk selanjutnya kalau usaha anda sudah mulai mendapatkan banyak pelanggan, tentu anda bisa menambahkan karyawan atau membuka cabang di lokasi lain tentunya. Selain itu tambahkan lokasi anda di google maps, facebook, web pribadi agar jangkauan jadi lebih luas. Jika anda belum kenal elektronik silahkan baca tips belajar elektronika untuk pemula

Kalau saya sendiri lebih banyak memberikan job ke rekan teknisi lain. Artinya jika ada pelanggan teman-teman yang mengatasi. Sebab selain nyervis ada banyak pekerjaan lain yang harus saya kerjakan seperti mengajar, ngeblog, bereksperimen dan lain-lain, Oleh sebab itu saya tidak begitu full time dibidang ini. Hitung-hitung bantu teman-teman yang lain di daerah saya. Jadi jika anda fokus tentu hasilnya akan sangat memuaskan tentunya.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Membuka Usaha Servis Barang Elektronik"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.