Cara Merawat TV Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Bagi sebagian orang mungkin melakukan perawatan pada pesawat televisi tidaklah begitu penting. Padahal dengan merawat TV dengan baik dan benar akan  membuat TV tetap awet dan tidak cepat rusak. Sehingga hal ini akan memperpanjang usia pemakaian Televisi itu sendiri. Umumnya jenis TV yang beredar di Indonesia adalah jenis tabung CRT, LCD, LED dan Plasma. Ke empat jenis TV tersebut banyak dijual dipasaran dengan harga yang sangat bervariasi. Selain itu ukuran layar juga mempengaruhi harga dari perangkat elektronik tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan keempat jenis TV tersebut, anda bisa membacanya pada postingan terdahulu mengenai Inilah perbedaan Layar TV CRT, LED, LCD dan Plasma.

Selanjutnya bagaimanakah cara yang baik dan benar merawat TV agar awet, tahan lama dan tidak cepat rusak?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasannya versi masputz.com;

Cara Merawat TV Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV Tabung CRT, LCD, LED dan Plasma.


  • Taruh TV di tempat yang tidak lembab dan tidak banyak debu. 

Hal ini bertujuan agar rangkaian didalam TV tidak terkena lembab dan banyak debu. Sehingga bisa memperpanjang usia pemakaian TV.

  • Jika arus dirumah anda kurang stabil, tambahkan stabilizer/ stavol. 

Dengan diberikan stavol arus yang mengalir ke rangkaian TV jadi lebih stabil, sehingga tidak ada tegangan berlebih pada komponen didalam TV. Namun jika arus normal-normal saja tidak menggunakan stavol juga tidak masalah.

  • Jika tidak ditonton sebaiknya TV dimatikan.

TV yang hidup terus menerus tentu akan membuat rangkaian didalamnya menjadi panas. Hal ini dapat memicu terjadinya kerusakan, oleh karena itu jika tidak kita tonton sebaiknya dimatikan saja.

  • Jauhkan TV dari benda yang mengandung magnet.

Hal ini sangat penting sebab pengaruh magnet yang ditumbulkan oleh perangkat lain dapat mengganggu perangkat TV., apalagi pada TV CRT. Contoh perangkat yang mengandung magnet seperti Smartphone, Speaker aktif, Laptop dan sebagainya.

  • Sering Membersihkan TV

Untuk menghindari banyaknya debu yang menempel sebaiknya bersihkan TV khususnya dibagian layar atau body TV.

  • Jangan Menutup TV dengan Kain

Memang hal ini bisa mengurangi debu yang menempel, namun hal ini justru akan membuat sirkulasi udara di TV jadi berkurang, sehingga memicu timbulnya over head atau kepanasan pada rangkaian.

  • Atur Kecerahan TV standar saja.

Mengatur kontras dan brightness sebaiknya diatur yang standar saja. Dengan begitu keawetan Tabung CRT jika pakai TV tabung lebih terjaga. Sedangkan pada TV LED / LCD/ Plasma akan memperpanjang usia lampu background.

  • Hindari terkena sinar matahari langsung.

Dengan menjauhkan TV dari sinar matahari langsung akan membuat TV lebih awet. Hal ini karena panas matahari bisa merusak layar pada LCD/LED TV. selain itu juga bisa merusak body TV jika terus menerus dilakukan.
Baca Juga : Pilih TV LED, LCD atau Plasma?
Demikianlah tips singkat tentang cara merawat TV agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bisa memberikan solusi buat anda yang Televisinya sering rusak. 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Merawat TV Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.