Pilih TV LCD, LED atau Plasma?

Perangkat Televisi zaman sekarang memang sudah dilengkapi dengan fitur yang amat canggih. Bayangkan saja, kalau dulu TV masih dengan layar CRT hitam putih, sekarang sudah berwarna, bahkan dengan layar tipis. Jika dulu untuk memindahkan channel kita harus muter tunner atau saklar selector, sekarang tinggal pencet remote saja. Itulah kemudahan yang bisa kita rasakan saat ini. Dari sekian banyak jenis televisi, mungkin yang menarik adalah kemunculan TV LED dan Plasma. Memang sekilas dari bentuk dan layarnya terlihat sama, akan tetapi memiliki sedikit perbedaan yaitu :
Pada TV Plasma memiliki kontras rasio yang cukup tinggi yaitu hampir 10.000 : 1 dengan reproduksi warna yang sangat baik dan level black rendah. Serta bentuk layarnya lebih ramping ketimbang LED. Masalah sudut pandang juga lebih bagus pada TV plasma. Berbeda dengan TV LCD yang masih menggunakan cahaya flourescent untuk menyinari layar. Sedangkan untuk TV LED sama dengan LCD yang membedakan adalah cahayanya menggunakan lampu LED.
Pilih TV LED atau Plasma

Lalu kenapa disebut TV Plasma?

Plasma adalah sebuah layar datar emisif dimana cahaya dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar. Gas yang dilepaskn tidak melepaskan merkuri. Monitor plasma (Panel Display Plasma) menggunakan warna penuh panel datar fosfor untuk menampilkan gambar-gambar, sehingga kombinasi dan reproduksi warnanya yang dihasilkan sangat baik dan interaktif.

Untuk masalah harga tentu Plasma lebih tinggi dari LED dan lebih tinggi dari LCD. Oleh sebab itu jika Anda disuruh memilih, pilih TV LCD, :LED  atau Plasma?. 

Mungkin kebanyakan akan memilih TV Plasma, akan tetapi bagi yang memiliki budget yang tidak mencukupi untuk beli TV plasma, mungkin TV LCD bisa jadi pilihab, karena ketiga-tiganya juga memiliki konsumsi daya yang relatif rendah dan hemat energi listrik. Untuk selengkapnya silahkan lihat postingan mengenai perbedaan TV CRT, LED, LCD dan Plasma.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Pilih TV LCD, LED atau Plasma?"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.