Penyebab Magic Com/ Rice Cooker Baru Mudah Rusak

Magic com merupakan sebuah peralatan dalam rumah tangga. Fungsi umumnya adalah untuk memasak dan menghangatkan nasi. Jadi sebenarnya magic com itu terdiri dari dua jenis elemen didalamnya yaitu elemen untuk memasak yang terletak dibawah dan elemen untuk menghangatkan yang terletak di bagian samping dan penutupnya. Kalau dulu kita kenal yang namanya rice cooker yang hanya berfungsi untuk memasak saja, kemudian ada magic jar yang hanya untuk menghangatkan nasi saja. Sekarang sudah disatukan menjadi sebuat alat yang biasa disebut dengan magic com.

Terkadang setelah kita baru membeli magic com, belum lama dipakai sudah rusak. Hal inilah terkadang yang membuat seseorang menjadi kecewa dengan produk tersebut. Entah itu karena pemakaian yang tidak pas dengan prosedurnya atau memang karena  kesalahan dari pabrik. Namun untuk masalah kerusakan dari pabrik maka kita bisa menukarnya dengan yang baru. Tentunya hanya untuk produk yang bergaransi. Saat ini banyak sekali brand terkenal di Indonesia yang menjual produk ini, diantaranya adalah: Miyako, Cosmos, Yongma, National dan sebagainya. 

Selanjutnya berikut ini adalah penyebab magic com baru cepat rusak yang saya kumpulkan dari berbagai sumber dan pengalaman servis.
Penyebab Magic Com Mudah Rusak

Penyebab Magic Com Mudah Rusak

1. Tegangan listrik tidak normal
Masalah arus listrik yang kurang stabil adalah hal penting. Karena jika tegangan melebihi kemampuan alat elektronik tentu akan merusak peralatan tersebut. Maka biasanya di belakang body peralatan elektronik tertera tulisan AC INPUT : 200 - 240V atau 220 Volt saja. Yang berarti tegangan yang dibutuhkan adalah sekitar itu. Jika kurang mungkin tidak begitu banyak beresiko. Akan tetapi jika lebih dari 240 V maka kerusakan serius bisa terjadi. Biasanya bagi pengguna generator pribadi atau genset perlu mewaspadai hal tersebut.

2. Jarang membersihkan kotoran didalam magic com
Kurangnya perawatan fisik, baik luar maupun dalam bisa saja menimbulkan kerusakan pada peralatan tersebut. Karena kita tahu magic com ini untuk memasak nasi, Jadi sudah bisa dipastikan air, kerak nasi bisa masuk kedalamnya. Kalau tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan kerak atau karatan pada bagian tersebut.

3. Membersihkan Panci teflon dengan sikat kasar
Membersihkan panci teflon pada magic com dengan peralatan kasar bisa mengupas lapisan teflon pada panci. Jika hal ini terus dilakukan bisa menimbulkan nasi selalu lengket dan hasil masakan tidak bagus. Dengan begitu kerusakan panci teflon tidak bisa dihindari.

4. Mengidupkan magic com dalam keadaan kosong
Menghidupkan magic com ketika masih kosong dalam waktu lama sebaiknya jangan dilakukan, karena hal ini bisa menyebabkan panas berlebih, Biasanya akan menyebabkan thermofuse akan putus bahkan elemen rusak. 

5. Air masuk kedalam elemen
Mungkin saat hendak memasak, kita lupa kalau air didalam belum masak. kemudian kita pindahkan magic com ke tempat lain. Kalau sampai air masuk ke elemen tentu akan sangat berbahaya sekali, bahkan bisa membuat kita terkena kejutan listrik akibat air tersebut. Untuk itu sebaiknya jangan sampai ada air yang masuk ke sela - sela magic com.

6. Terjatuh, terkena benda tumpul dan sebagainya.
Biasanya orang yang hobi marah-marah jangan didekatin sama magic com ya. Bahayanya jika sampai marah, bisa membanting magic com atau mukul-mukul magic com. Kalau sampai terjadi tentu sangat berbahaya sekali bukan!. Untuk itu lihat mengenai cara memperbaiki magic com

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penyebab Magic Com/ Rice Cooker Baru Mudah Rusak"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.