Memperbaiki gambar TV Kurang Lebar/ Cuma Garis

Kebetulan kemarin sedang memperbaiki sebuah TV dengan gejala gambar kurang melebar bahkan kadang cuma garis horizontal saja. Mengenai hal ini biasanya kerusakan disebabkan karena adanya masalah dibagian vertikal pada rangkaian mesin. Untuk itu butuh ketelitian dalam memperbaikinya. Beberapa kasus membuktikan bahwa kerusakan pada bagian ini bisa juga menyebabkan TV mengalami stanby atau bahkan bisa protec.

Pada gejala yang ditimbulkan memang kadang TV akan melebar sedikit kadang cuma garis horizontal saja. Kebetulan merknya LG, oleh sebab itu yang saya lakukan pertama adalah membongkar TV tersebut. Kemudian saya cek dibagian vertikal ada sebuah IC dengan nomor LA78141, memiliki 7 kaki. Disekitarnya ada dua buah elco dengan nilai 100uF/35V dan 1uF/50V. Meski elco tersebut kelihatan masih bagus, saya coba mencopotnya dan menggantinya dengan yang baru. Kemudian TV coba dihidupkan, dan alhasil TV sedikit melebar keatas, tapi masih belum normal. Oleh sebab itu saya cek ulang kembali. 


Dalam posisi hidup saya ukur supplay tegangan pada kaki IC tersebut yang melewati sebuah dioda adalah 22 V. nah disini saya curiga mengenai tegangan yang kurang pada IC tersebut. Kemudian dioda yang mengarah ke IC tersebut coba diukur dengan multimeter, ternyata tidak ada masalah, meski begitu akhirnya saya ganti saja. Kemudian TV dihidupkan ternyata bisa normal kembali. 

Dari pengalaman tersebut memang setiap kerusakan yang terjadi pada Televisi belum tentu akan sama dengan merk TV lainnya. Namun kita bisa pastikan bahwa kerusakan gambar yang melipat ke atas dan bawah ini bisa jadi disebabkan masalah di bagian vertikal. 

Penyebab gambar cuma garis Horizontal adalah tidak bekerjanya bagian vertikal pada mesin TV yang bisa disebabkan oleh:
  1. Kerusakan IC vertikal
  2. Elco yang soak
  3. Dioda bagian vertikal yang putus
  4. Ada jalur atau solderan yang retak
  5. Yoke vertikal putus.
Mungkin itu saja selama ini yang pernah saya alami, jika ada yang lain silahkan berikan tanggapan, Semoga bermanfaat. Lihat juga Macam - macam kerusakan tv dan cara memperbaikinya

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Memperbaiki gambar TV Kurang Lebar/ Cuma Garis"

  1. Pengen tanya bos....saya menemukn tv.Sharp piccolo slim 21".vertikal menggulung..kalau di hidupkn biasa sj...namun "kepala sama bibir menjadi satu,dn hidung nya pada hilang (jd lucu""....minta solusinya bos...thank's.

    ReplyDelete
  2. wah klo bisa kirimin gambarnya gan, kurang paham saya mksdnya? bisa via contact atas. Kemungkinan juga bagian vertikal itu gan, kebanyakan masalah pada elco yang kering.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.