Cara Internetan di Tempat yang Tidak Ada Jaringan Sama Sekali

Memang bagi kita sebagai pengguna internet pasti akan kesulitan jika berada jauh dari jangkauan jaringan internet, apalagi kebutuhan akan akses internet semakin tinggi. jaringan Wifi atau penyedia layanan Internet jarang sekali ditemukan didaerah terpencil. Didesa atau pegunungan kadangkala akses internet hanya bisa dilakukan dengan jaringan seluler via HP atau modem. Itupun hanya jaringan Edge dan belum ada 3G atau HSPA. Untuk browsing saja leletnya minta ampun. Oleh sebab itu jangan heran jika di Indonesia menjadi salah satu Negara dengan akses Inet terlambat.

Kalau masih ada jaringan EDGE mungkin bisa dibilang masih bisa internetanlah walaupun sangat lambat. Lalu bagaimana dengan daerah yang sangat jauh dari semua itu. Mungkin berikut alternatif yang bisa kita lakukan untuk bisa internetan di lokasi yang tidak ada jaringan internet.

Grabbing
Yaitu Internet via satelit parabola, dengan begitu kita bisa menggunakan internet melalui antena parabola, bahan yang dibutuhkan adalah PC atau Laptop, DVB Card (receiver parabola untuk PC/ komputer), Antena parabola lengkap. Untuk yang satu ini memang biayanya cukup mahal, bisa sampai jutaan. Namun akses yang bisa kita dapatkan sangat cepat karena via satelit.

Modem seluler
Memang di Desa terkadang belum ada jaringan seluler yang memadai untuk internet oleh karena itu, kita butuh sebuah antena penguat sinyal dari BTS terdekat agar bisa internetan dirumah. Mengenai hal ini ada beberapa opsi yang bisa kita pilih, yaitu dengan antena wajan bolic, Yagi atau antena Modem lainnya. Untuk wajan bolic silahkan baca mengenai cara merakit antena wajan bolic untuk modem usb, selain itu antena tersebut bisa juga kita gunakan untuk menangkap wifi. 

Nah kejadian diatas memang sebelumnya saya alami, untuk itulah saya posting mengenai hal ini, selanjutnya sampai posting ini dibuat, Saya menggunakan modem biasa dengan antena penguat sinyal modem stainless steel. Selain itu sebenarnya masih banyak, namun yang bisa dijangkau di sini mungkin itu.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

3 Komentar Untuk "Cara Internetan di Tempat yang Tidak Ada Jaringan Sama Sekali"

  1. maaf mas, internet via satelit justru lambat mas bukan cepat :)

    ReplyDelete
  2. DVB card nggak dijual di Indonesia, tapi ada cara beli dvb card di aliexpress pake kartu kredit dan shipping ke Indonesia. Saya nggak punya kartu kredit, mau gimana caranya beli pake transfer rekening bank bri di aliexpress?

    ReplyDelete
  3. Cari di toko online Indo dah ada kok yang jual, klo beli keluar negeri pake paypal bisa juga selain kartu kredit

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.