Memperbaiki Gambar TV Goyang / Miring Kekiri - Kanan

Memperbaiki Pesawat televisi dengan gejala gambar bergoyang kekiri atau kekanan sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena pada umumnya hal ini disebabkan oleh kerusakan pada elco yang kering atau rusak. Seperti halnya kemarin waktu saya memperbaiki TV Digitec yang mesinnya sudah diganti dengan mesin pabrikan china. Jadi bisa dibilang mesin TV china isinya. Namun casing dan tabung CRT nya masih ori. 

Bagi anda yang mungkin mengalami hal serupa mudah-mudahan pada postingan kali ini masputz.com bisa membantu. Untuk mengatasi masalah kerusakan seperti ini, hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut;

Cara Memperbaiki TV Gambar Goyang

Memperbaiki Gambar TV Goyang / Miring Kekiri - Kanan

Bongkar casis TV
Biasanya ada 6 buah baut disisi kiri dan kanan. Namun pada beberapa merk dan tipe lain bisa berbeda.
Bersihkan Mesin TV
Setelah casis TV dibongkar, langkah selanjutnya adalah membersihkan mesin TV dengan kuas. Jika kesulitan sebaiknya copot dulu rangkaian TV lalu bersihkan hingga tidak ada debu yang menempel. Kalau sudah demikian komponen akan mudah kita lihat dan gampang mendeteksi kerusakan.

Mengecek Komponen di Regulator TV
Kerusakan gambar TV jadi miring atau goyang umumnya disebabkan karena tegangan regulator yang tidak stabil. Jadi sebagai pensuplay tegangan tentu regulator TV yang perlu kita cek. Penyebab yang paling umum adalah adanya elco di bagian regulator yang kering. Kebetulan kemarin yang rusak adalah Elco 220uf/ 450V. yaItu elco yang paling besar diantara semua elco yang ada pada TV. Memang secara kasat mata tidak terlihat rusak, namun jika diukur menggunakan multimeter terlihat elco setengah rusak. Untuk mengeceknya silahkan baca cara mengukur elco dengan multimeter. Selain itu bisa juga disebabkan karena dioda maupun elco lainnya di bagian regulator TV. 

Elco regulator rusak

Finishing
Tahap terakhir adalah mengganti komponen yang rusak dengan yang masih bagus. Setelah itu mencobanya kembali, mudah-mudahan masalah bisa teratasi. Jangan lupa ditutup kembali casingnya dan rapikan seperti semula.
Baca juga cara memasang mesin TV slim china pada tabung CRT
Jadi dalam memperbaiki TV dengan gejala gambar miring atau bergoyang umumnya disebabkan karena tegangan tidak stabil akibat elco yang kering atau rusak. Namun ini hanyalah sekedar pengalaman saja. Mungkin masih banyak penyebab lainnya sehingga gambar tidak normal. Oleh sebab itu jika ada pengalaman dari anda silahkan isikan di kolom komentar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Gambar TV Goyang / Miring Kekiri - Kanan"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.