Cara Mengukur Elco dengan Multimeter

Mengukur Elco (Electrolit Condesator) disini dimaksudkan untuk mengetahui bahwa elco (kapasitor) masih bagus (baik) atau sudah rusak. Karena pada dasarnya untuk mengukur nilainya tidak bisa dengan multimeter, untuk itu sebelum mengukur silahkan baca dulu apa itu elco pada simbol dan gambar komponen dasar. Pada dasarnya elco memiliki satuan Farad misalnya 100uF/10V berarti nilainya 100 mikro Farad dengan tegangan maksimum 10 Volt, Jadi jangan digunakan pada tegangan 10V keatas agar tidak meledak atau terbakar. Elco memiliki dua buah kutub yaitu positif dan negatif, untuk itu dalam pemasangannya tidak boleh terbalik, berbeda dengan kapasitor lainnya yang boleh dibolak balik seperti milar, keramik, tantalum dan sebagainya. Untuk mengukurnya sebaiknya gunakan Multi meter atau Ohm meter analog  atau biasa yang orang hafal adalah AVO meter jangan yang digital, karena untuk menentekukan Elco masih bagus atau rusak dengan melihat gerak pada jarum analog.
Cara Mengukur Elco dengan mudah
  • Pastikan Saklar selector Multi meter berada pada Ohm meter dengan ketentuan
  • Jika Elco berukuran kecil maka arahkan selector pada pengali Ohm yang besar, Namun jika Elco berukuran besar arahkan Selector pada pengali yang kecil, Misalnya Elco 1uF/10V maka arahkan selector pada x 10K ohm namun jika elco ukuran 6800uF/60V arahkan saklar selector pada x 1 atau x 10 Ohm.
  • Setelah itu tempelkan kedua ujung Multimeter pada masing-masing kaki elco.sambil memperhatikan jarum multimeter.
  • Jika jarum bergerak menuju skala tertentu kemudian kembali lagi menuju skala 0 (mentok kekiri) berarti Elco masih dalam keadaan baik atau bagus
  • Namun bila jarum bergerak menuju skala tertentu dan kembali tidak sampai ke 0 (mentok ke kiri) berarti elco dalam keadaan setengah baik/ setengah rusak.
  • Jika Elco bergerak sampai mentok dan tidak kembali, berarti elco sudah konslet (terjadi hubung singkat).
  • Jika Elco tidak bergerak sama sekali berarti elco sudah putus dan tidak bisa digunakan lagi.
Cukup mudah buka cara mengetahui elco yang sudah rusak atau belum. Sebagai tambahan jika kita hendak mengukur elco yang bertegangan tinggi misalnya 250V atau 450V sebaiknya dikonsletkan terlebih dahulu dengan menghubungkan kedua kaki elco (biasanya ada percikan api bahkan bisa berbunyi) Setelah itu elco bisa diukur. hal ini bertujuan juga agar Multi meter tidak cepat rusak. terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

7 Komentar Untuk "Cara Mengukur Elco dengan Multimeter"

  1. sip mantap... sangat bermanpaat.

    ReplyDelete
  2. Siiip..Mantaaap...?!!,..
    jdi kpengen belajar lbih mndalam lgi nich....
    salam knal dr saya ea...

    ReplyDelete
  3. terima kasih Gan. itu sangat membantu.

    ReplyDelete
  4. Kalau elco nya masih nempel di pcb tes elco nya dalam keadaan power on apa off ya?

    ReplyDelete
  5. Sebaiknya copot dulu elconya baru diukur

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.