Program aplikasi yang wajib di Install pada Laptop

Beberapa waktu yang lalu ada rekan bertanya mengenai progam apasaja yang perlu diinstall pada laptop?.Bagaimana menurut anda, apakah laptop atau komputer anda suda diinstall program yang benar, atau bahkan banyak aplikasi (software) yang terinstall tapi tidak pernah dipakai?. Ini menjadi tanda tanya besar bagi pemula seperti saya ini, mengenai hal tersebut. Namun dari beberapa laptop yang saya dapati didaerah sini kebanyakan mereka menggunakannya hanya untuk belajar dan semi pekerjaan. Artinya laptop dipakai sambil bekerja dan belajar. Sitem operasi yang diinstallpun bermacam-macam, ada yang windows 7 ada yang windows 8, bahkan ada juga yang menggunakan OS linux.

Mengenai program aplikasi yang wajib terinstall baik di Windows 7 ataupun di windows 8 secara garis besar saya dapat uraikan berdasar pengalaman sebagai berikut:

Software office (perkantoran)
Menjadi hal penting buat kita sebenarnya mengapa harus diinstall, karena program ini adalah program dasar yang dipakai oleh pemula maupun tingkat mahir dalam membuat naskah, dokumen, slide show, perhitungan, statistik dan sebagainya. karena setiap lembaga atau perkantoran pasti tidak lepas dengan yang namanya program office, seperti Microsoft Office, Open Office.org, dan sebagainya.

Software anti virus
Anti virus pada laptop wajib ada sebab, antivirus merupakan software untuk menangkal dan membersihkan virus berbahaya yang ada pada laptop maupun yang akan menginfeksi sistem . itulah mengapa program ini sebaiknya jauh-jauh hari setelah OS terinstal Antivirus ini juga disertakan langsung setelahnya.

Software Pemutar media
Setiap kali ingin memutar musik atau video tentu membutuhkan program aplikasi untuk menjalankannya. oleh sebab itu program ini begitu penting. meski pada dasarnya saat pertama kali menginstall windows software media sudah ada pada aplikasi bawaan, begitu juga dengan OS linux atau Mac OS. Namun kadangkala ada beberapa file video atau audio yang masih belum support dengan aplikasi bawaan OS. itulah sebabnya perlu diberikan aplikasi tambahan untuk memutar media.

Software Utility
Software ini dimaksudkan agar Laptop/Komputer yang kita gunakan tetap fresh, tidak lelet atau lemot karena banyak hal. Program utility ini adalah program tambahan yang banyak sekali fungsinya (tergantung aplikasinya), misalnya winrar yang berfungsi untuk membuat dan mengekstrak file zip,rar,7z dan sebagainya. selain itu ada Ccleaner yang berfungsi membersihkan file-file sampah di laptop anda. atau bisa juga dengan Tune up utility sebagai program multi fungsi pada laptop.

Software Design & grafis
Jika yang ini adalah program yang berfungsi untuk mengedit, membuat gambar atau video sehingga untuk yang satu ini bisa kita masukkan atau tidak pada laptop. Jika laptop yang kita gunakan untuk mengedit foto atau video sebaiknya gunakan aplikasi ini. Namun perlu kita tahu bahwa program ini rata-rata berat untuk dijalankan oleh karena itu sebaiknya gunakan laptop atau komputer dengan spek yang memadai.

Mungkin cukup itu saja mengenai aplikasi wajib yang perlu di install di laptop, lain waktu kita sambung lagi dengan pembahasan lain, karena saat posting ini dibuat sudah hampir pagi (habis subuh) jadi ada beberapa aktifitas yang perlu dikerjakan. Mudah-mudahan bisa membantu dan yang terpenting. Install program sesuai kebutuhan. Tidak perlu sok sok an diinstall banyak aplikasi yang justru bisa memberatkan laptop.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Program aplikasi yang wajib di Install pada Laptop"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.