Cara Membongkar Layar LCD Notebook Sendiri

Cara membongkar Layar LCD Notebook sebenarnya cukup mudah, hanya saja jika belum pernah tentu akan membuat kita bingung. Dari mana dulu kita harus membukanya, dimana bautnya?. Karena biasanya pada note book maupun laptop umumnya baut ditutup dengan lapisan plastik yang dilem di lubang baut. Oleh sebab itu sebelum membongkar LCD laptop maupun notebook sebaiknya cari dulu dimana letak lubang baut pada layar LCD. Harga LCD notebook sendiri cukup mahal, jadi jika rusak tentu butuh banyak biaya untuk membelinya. Saat ini kisaran harganya sekitar 700 ribu hingga 1 juta rupiah.

LCD sendiri adalah kependekan dari Licuid Crystal Display, pada note book LCD berfungsi untuk menampilkan informasi yang kita perintahkan. Jika layar LCD pada note book rusak bisa kita ganti dengan yang bagus. Namun untuk mengganti LCD laptop maupun notebook tentu harus dibongkar terlebih dahulu dibagian layarnya. Cara membongkar layar tersebut sebenarnya juga tergantung dari tipe dan merk notebook. Karena tidak semua brand laptop/ notebook cara membuka layarnya sama. Diantara brand ternama notebook saat ini adalah Acer, Thosiba, Asus, HP, Compaq, Lenovo dan sebagainya.  Nah buat anda yang bingung cara membukanya berikut tips singkat masputz.com saat membongkar LCD notebook Acer mini intel atom.

Cara Membongkar LCD Notebook

  • Pertama tama cari lubang baut, biasanya ada penutupnya yang dilem.
  • Pada contoh ini ada 4 buah lubang baut, yang masing-masing ada di pojok.

Cara Membongkar Layar LCD Notebook

  • Buka penutup baut yang dilem tersebut dengan pinset atau obeng tipis. 
  • Kemudian buka keempat baut tersebut dengan obeng yang sesuai.
  • Setelah keempat baut tersebut copot, congkel pelan-pelan saja dari depan agar layar LCD tidak pecah.

membuka baut note book
  • Setelah casing layar depan sudah dicopot, buka juga baut yang mengunci casing belakang, biasanya ada dua buah dipojok bawah atau pada engsel kiri dan kanan. 

Membuka baut dengan obeng
  • Setelah itu copot casing bagian belakang pelan - pelan juga.
  • Copot juga socket LCD dibagian belakang layar pelan saja, biasanya terbungkus lakban plastik.

membongkar LCD notebook
  • Langkah selanjutnya adalah membuka baut penyangga LCD di kiri dan kanan. biasanya ada dua dikiri dan dua dikanan.
  • Jika sudah demikian LCD notebook sudah bisa diambil.

Baca juga modifikasi layar notebook pada laptop.
Jadi dalam membongkar LCD laptop sebenarnya cukup mudah, tapi juga perlu kehati-hatian saat membukanya. Kalau belum pernah membuka sama sekali sebaiknya cari orang yang ahli dibidangnya untuk membantu saat membongkar LCD notebook tersebut.

Jika tujuan membongkar LCD adalah untuk menggantinya dengan yang baru, akibat LCD notebook orinya sudah rusak. Maka anda bisa baca langkah berikutnya mengenai cara mengganti LCD laptop yang rusak

Namun apabila masalah yang timbul adalah karena engsel susah digerakkan akibat kotoran yang menempel atau karena berkarat, silahkan baca juga mengenai cara memperbaiki engsel laptop seret atau patah.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Membongkar Layar LCD Notebook Sendiri"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.