Cara Mengganti Layar LCD Laptop yang Rusak

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display yang berfungsi untuk menampilkan informasi. Harganya juga lumayan mahal, kalau ditempat saya ini berkisar antara 800 ribu hingga 1,2 jt rupiah. Jenis dan tipe LCD pada laptop sekarang umumnya sama, baik itu merk Acer, Toshiba, Lenovo, Dell, HP, Asus dan sebagainya, yang berbeda mungkin hanya ukuran dan tempat socket, yaitu ada yang dikiri dan dikanan. Meski begitu kalau tidak sesuai kita bisa mengakalinya dengan menambahkan kabel fleksibel tambahan sebagai jumper agar posisi socket bisa sesuai. 

Pada Laptop sekarang ini kebanyakan menggunakan LCD berukuran 16:9 atau HD sehingga layar lebih melebar kesamping. Berbeda dengan laptop jadul yang masih menggunakan rasio 4:3 sehingga tampak lebih kotak. layar LCD ini sangat rentan mengalami kerusakan, baik karena sengaja ataupun tidak. Oleh karena itu berikut ini masputz.com akan share mengenai Cara mengganti Layar LCD Laptop yang rusak.

1. Cara Mengganti Layar LCD

Bongkar Casing

Biasanya ada baut yang ditutup pada bagian pojok dan dibawah layar, pada beberapa jenis laptop, Setelah itu ada baut penyangga di kiri dan kanan Layar biasanya ada 2 dikiri dan 2 dikanan, Selain itu ada juga yang harus dengan membongkar total casing. Untuk itu jika belum pernah membongkar sebaiknya cari info terlebih dahulu

Copot Layar LCD

Saat mencopot layar harus hati-hati jangan sampai merusak socket atau kabel penghubung. Karena biasanya ada pengunci kabelnya.

Pasang LCD yang masih bagus atau baru

Cara nya tinggal menyesuaikan kedudukan dan kabel penghubung ke posisinya dan dibaut kembali, pada langkah ini jangan sampai LCD tertekan oleh tangan atau terkena benda tumpul.

Dari  beberapa hal diatas perlu juga kita ketahui mengenai Jenis dan Penyebab kerusakan tersebut dan berikut ulasannya.

2. Jenis dan Penyebab LCD rusak

LCD Bergaris - garis vertikal atau Horizontal

Hal ini bisa disebabkan karena tertindih atau karena adanya kotoran yang menempel pada socket. Untuk itu sebelum diganti sebaiknya cek bagian socket.

LCD Blank Putih

Berarti lampu masih berfungsi namun informasi tidak muncul dilayar, Hal ini bisa saja sama seperti diatas, namun ada juga karena kabel layar yang putus, dan sebagainya

LCD Blank Hitam

Bisa jadi sama seperti diatas, tapi yang ini lebih parah. karena lampu LCD sudah mati dan tidak dapat berfungsi sama sekali.

LCD Pecah atau Retak

Kalau yang ini anda pasti sudah bisa menjawabnya, entah karena terjatuh, tertimpa sesuatu, dan sebagainya

Pada tips ini belum tentu akan sama pada tiap jenis laptop, maka dari itu pastikan laptop yang akan diganti LCDnya kondisinya sama seperti diatas, mohon koreksinya dan terimakasih sudah berkunjung, lihat juga cara mengganti keyboard laptop yang rusak

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengganti Layar LCD Laptop yang Rusak"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.