Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak dan Cepat Habis

Memperbaiki baterai laptop yang rusak sebenarnya bisa saja kita lakukan. Hanya saja kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa jenis kerusakannya. Apakah rusak mati total atau hanya problem ringan saja. Contohnya seperti tidak bisa dicas ( Plugged in not charging), Gampang low bat/ ngedrop, tidak terdeteksi sama sekali, minta diganti (consider replacing) dan sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada dua pilihan yakni dengan di lem biru (lempar beli baru) dan di servis. Mungkin cara pertama bisa dengan mudah dilakukan jika budget mencukupi. Harganya sekitar 600 ribu lebih untuk yang original. Sedangkan yang aspal bisa dibawahnya. Buat kalangan bawah (seperti saya) harga tersebut bisa dibilang cukup mahal oleh sebab itu jika tidak memungkinkan kita bisa memilih opsi yang kedua yaitu dengan memperbaikinya.

Umumnya jenis baterai laptop adalah Lithium ion, didalam sebuah box baterai biasanya terdapat enam sel. Masing-masing cel baterai tersebut biasanya memiliki tegangan 3,6 Volt DC, dengan kapasitas 700 mAh atau lebih. Sehingga total kapasitas baterai bisa mencapai 4000 mAh bahkan lebih. Sebelum membahas mengenai cara memperbaiki baterai laptop yang rusak, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya pada postingan sebelumnya tentang penyebab baterai laptop cepat habis.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak dan Cepat Habis

Cara Memperbaiki Baterai Laptop

Baterai Laptop Tidak Mengisi/ Tidak Bisa dicharge

Memperbaiki baterai laptop yang tidak bisa dicas biasanya ditandai dengan tulisan di info baterai laptop plugged in not charging. Kerusakan semacam ini bisa kita coba dengan melakukan cara berikut ini:
  • Hidupkan laptop tanpa memasang baterai.
  • Buka windows exlporer
  • klik kanan my computer (win7 kebawah) atau this PC (win8 keatas)
  • pilih properties lalu pilih device manager - battery - klik kanan uninstall Microsoft ACPI Compilant control method battery
  • Selanjutnya cabut baterai laptop 
  • Di device manager klik kanan scan for hardware change
  • Matikan laptop dan cabut chargernya
  • Pasang baterai dan pasang charger pada laptop lalu aktifkan kembali.
Jika masih gagal coba ulangi langkah dari awal, namun setelah dimatikan jangan dihidupkan dulu, tetapi charger hingga beberapa jam (sampai penuh) baru dihidupkan. Cara ini terkadang bisa juga diterapkan jika baterai laptop tidak terdeteksi.

Baterai Laptop Drop/ Low Bat

Hal ini biasanya ditandai dengan baterai cepat habis meski dari keadaan penuh 100%, bahkan jika parah ada juga yang beberapa menit saja langsung mati ketika charger dicabut dari laptop. Untuk memperbaiki kerusakan baterai cepat low langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Copot baterai dari laptop
  • Masukkan baterai kedalam kantung plastik/ box plastik
  • Ikat hingga tidak tidak ada udara yang masuk, jika pakai box plastik tutup sampai rapat.
  • Masukkan ke dalam freezer lemari es selama seharian.
  • Sesudah itu ambil baterai dari kulkas, buka dan diamkan sekitar 1 - 2 jam.
  • Pasang kembali baterai laptop, kemudian charge dalam posisi laptop mati 6 - 10 jam.
  • Mudah-mudahan berhasil.

Memperbaiki Baterai Laptop Rusak Total

Baterai laptop yang rusak total biasanya ditandai dengan tidak terdeteksinya baterai pada laptop, ketika cas dicabut laptop langsung mati. Untuk memperbaikinya tentu harus dibongkar baterainya. Setelah itu cek satu persatu cel baterai dengan multimeter. Untuk caranya bisa anda baca mengenai cara mengukur tegangan baterai dengan mudah.

Baterai Laptop Rusak
Baterai laptop memang tidak tidak memakai baut pada casingnya. Maka untuk membongkarnya adalah dengan mencongkelnya hingga terlihat isi cel baterai didalamnya. Yang perlu diganti adalah cel baterainya saja, sementara circuit board battery masih tetap dipakai. Untuk hasil yang bagus sebaiknya diganti saja 6 cell baterai tersebut dengan ukuran dan kapasitas yang sama.

Cara yang terakhir ini belum tentu bisa 100% berhasil. Kadang kala setelah diganti cel baterai baru justru baterai tidak terdeteksi, oleh sebab itu setelah pergantian lakukan cara pertama diatas, yakni saat memperbaiki baterai laptop tidak bisa dicharge.

Itulah sedikit tips dalam memperbaiki baterai laptop yang rusak. Untuk perawatannya, silahkan baca mengenai 20 cara agar laptop tetap awet dan tahan lama.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

10 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Baterai Laptop Rusak dan Cepat Habis"

  1. kalo consider replacing ini cara prbaikanny yg no 2 jga bkan ya kak? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Kalau itu beda, caranya hidupkan laptop tnpa dicolok listrik sampai batera habis dan laptop mati ndiri. Dalam keadaan mati charger sampe penuh..baru bisa dihdupkan

    ReplyDelete
  3. laptopku hp 8440p tdk bisa charging,0% plug in tp g mau charge jadi kabel daya nancep terus. pakai cara pertama,stlh uninstall langsung diminta restart tapi sama aja

    ReplyDelete
  4. Kemungkinan baterai memang harus diganti gan

    ReplyDelete
  5. infonya akan saya coba ya....terima kasih

    ReplyDelete
  6. Kenapa baterai laptop saya cepat lowbat tapi juga cepat full ...
    Terus kalau dipakai buat ngetik lebih lama tahannya, tapi pas buka youtube paling cuma beberapa menit sudah lowbat ....

    ReplyDelete
  7. Berarti baterai mungkin dah lemah Mbak

    ReplyDelete
  8. kok laptop saya gak bisa di charge trus juga baterainya cepat habis kadang baterainya juga baru 60% aja udah mati sendiri itu gimana ya solusinya?

    ReplyDelete
  9. Berarti baterai udah low bat, biasanya cel baterai sudah ada yang soak dan harus diganti

    ReplyDelete
  10. Mas,kalau punyaku di cas tu masuk lancar2 aja berkurangnya juga nggak cepet2 amat sih masih normal bisa dipake lama tp sbelm 10% dah mati dan gak ada notif pdahl idah aku atur di pngturan .

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.