Cara Memperbaiki Printer Canon Rusak Mati Total

Sebenarnya kerusakan pada printer canon yang mati total banyak sekali penyebabnya. Namun pada kesempatan kali ini, masputz.com akan share pengalaman pribadi saat memperbaiki merk Canon MP258. Perlu kita ketahui bahwa printer jenis ini bisa juga digunakan untuk scan kertas, foto copy, namun hanya sebatas ukuran maksimal A4 saja. Harga dari printer ini juga lumayan murah dibanding dengan merk lain dengan fitur yang sama. Namun sekarang printer canon tipe MP250/ 258, sepertinya sudah jarang ditemui di toko, karena sekarang sudah ada tipe-tipe terbaru dari merk tersebut. 

Kebetulan kemarin pas lagi nulis dan ngecek blog, ada teman saya membawa sebuah printer Canon MP258. Katanya printer mati total atau tidak bisa nyala lagi, padahal beberapa hari sebelumnya printer normal-normal saja. Begitu printer saya cek ternyata masalah ada pada power supplynya. Hal ini dapat dibuktikan ketika saya mengecek tegangan output yang tidak ada sama sekali dari ketiga kaki yang ada pada socket PSU printer tersebut. Cara mengecek tegangannya juga cukup mudah, yakni dengan menggunakan sebuah multimeter skala DC. Kemudian tempelkan probe hitam pada pin tengah, sedangkan pin merah dipinggir. Maka salah satunya harus ada tegangan sekitar 17 VDC. Kalau pada box PSU tertera 24 Volt. 
Baca juga : Coba cara ini, jika printer mengalami paper jam.
Cara Memperbaiki Printer Canon Rusak Mati Total
 
Selanjutnya saya ganti saja dengan power supply bekas, karena mau perbaiki rangkaian didalamnya keburu mau dipakai. Jadi langsung di barter saja sama PSU canon yang sama. Namun boleh juga diganti dengan tipe lain, asal sama merk canonnya. Biasanya kalau diganti tipe lain kedudukannya saja yang kurang pas. Oleh sebab itu berikut adalah screenshotnya

Cara mengganti PSU pada printer canon 258

  • Balik printer dan temukan box power supply, letaknya pas di colokan kabel steker AC.
  • Renggangkan pengait box power supply pakai obeng, bersamaan dengan itu tarik box PSU dari ujung yang sama.

mencopot psu printer

  • Selanjutnya copot kabel socket dari printer ke PSU.

mencopot socket psu

  • Berikutnya pasang Power supply yang masih bagus.

memasang psu printer
Untuk pemasangan jelas lebih mudah, karena cukup menghubungkan kabel socket kemudian ditekan saja sampai PSU mengait ke printer. Jika sudah demikian selanjutnya adalah menghubungkan kabel steker AC ke PSU kemudian hubungkan ke arus listrik.

Dari pengalaman saya kemarin akhirnya printer canon bisa nyala kembali dan untungnya masih normal saat digunakan. Jadi tidak perlu ada perbaikan lainnya, seperti eror atau kerusakan dibagian mekanik. Selain kerusakan PSU, mati total pada printer bisa juga disebabkan oleh kabel steker yang putus, atau kit rangkaian didalamnya. Selanjutnya silahkan baca juga penyebab hasil cetakan printer canon rusak.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Printer Canon Rusak Mati Total"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.